Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Pohon Bagi Kehidupan Manusia

Manfaat Pohon Bagi manusia

Pohon didefinisikan sebagai tumbuhan berkayu yang memiliki satu batang dan beberapa cabang menyebar setelah tinggi tertentu yang membentuk sebuah tajuk (crow).

Batang pohon biasanya memiliki diameter 
Minimum 10 cm pada titik setinggi dada. Daunya bisa meranggas(deciduous) atau hijau sepanjang tahun(evergreen).
Pohon muda dengan diameter batang dari 10 cm di sebut sapling. Sebagian besar jenis
Pohon merupakan pohon berbunga. 
Mereka menyebar ke seluruh dunia. 
Dengan keanekaragaman tertinggi di hutan hujan kawasan tropis.

Baca juga ini
Cara Mereset: HP OPPO


Mayoritas jenis pohon besar
Masuk dalam keluarga
Dipterocarpacear
(meranti),Fagaceae
(pasang) dan lauraceae(medang). 


Pohon di manfaatkan untuk sebagai
Keperluan manusia,
Termasuk menyediakan kayu untuk bahan bangunan. Perabotan. Kertas dan obat-obatan,mereka juga berperan besar dalam Menjaga keseimbangan (Eko sistem) dengan mencegah degradasitanah dan erosi, 
Menyerap karbondioksida serta mengelola iklim global. 

Inilah beberapa jenis pohon yang bermanfaat untuk manusi 


A.Abiu,
Sasangkangan


Poutria termasuk dalam anggota
Suku sapotaceae (sawo) yang terdiri atas 
240 jenis. Marga ini berasal Asia tropis,kepulauan pasifik sampai Amerika selatan. Salah satu jenis yang sering di temukan si sekitar kita adalah sasangkangan (pauteria macrantha). 
Kayunga dapat di gunakan untuk
Prabotan dalam ruangan, seperti ukiran, bahan pembuatan lemari, bingaki foto dan peralatan rumah tangga. Buahnya juga dapat di makan. 

B.Akasia Hitam


Acacia dikenal dengan sebutkan Akasia. 
Marga ini terdiri atas 1.380 jenis yang berasal dari daerah beriklim tropis dan subtropis. Dengan keanekaragaman tertinggi terdapat di Australia dan kepulauan Pasifik. Salah satu jenis yang paling banyak di temukan di sekitar kita adalah Akasia Hitam. 
Pohon ini banyak di gunakan untuk program rehabilitasi dengan baik pada kondisi tanah yang miskin unsur hara dan kering. Selain itu, Akasia Hitam juga merupakan penghasil kayu bakar,bahan baku pembuatan arang dan bubur kertas, serta perabotan rumah tangga. 


C.Akasia Magium 

Acasia termasuk anggota suku legumenosae(polog-polongan). Salah satu jenis yang paling banyak di tanam dalam skala besar adalah Akasia Magium. Di Indonesia, jenis ini banyak di jadikan sebagai pohon peneduh Taman atau jalan.,karena cepet tumbuh dan mudah di pelihara. Kini, Aksia Magium menjadi and Alan industri kehutanan indonesia(HTI) untuk bahan bubur kertas(pulp). 

D. Akasia Pilang


Akasia pulang termasuk jenis yang sering
Di jumpai di sekitar kita. Jenis ini biasanya di tanam untuk agroforestri dan di manfaatkan sebagai pakan ternak, karena Daunya mengandung protein yang cukup tinggi. AkasiaPilang juga dapat di manfaat sebagai Pohon penyubur tanah, karena akar"nya mampu menambah nitrogen. Kulit kayu ya dapat di oleh menjadi bahan baku minuman. 

E. Alpukat 


Marga persela terdiri atas sekitar 200 jenis. 
Sebagian besar jenis-jenis ya berasal dari mexsiko dan Guatemala melalui Amerika Tengah. Salah satu jenis yang paling banyak di tanam adalah alpukat. (Persia Americana) pohon ini banyak di tanam di halaman terbuka, sebagai pohon peneduh atau sebagai hiasan Taman yang bermanfaat. Buahnya mirip buah pir, bulat memandang berdaging tebal. 
Enak dan menyehatkan. 


F.Angsana,Sonokembang


Marga pterocarpus terdiri atas 46 jenis. 
Salah satu jenis yang banyak ditanam sebagai pohon peneduh jalan atau Taman adalah Angsan, karena pohon ini cepat dan memiliki dahan dan ranting yang relatif kuat. Bila pucuknya tidak di pangkas ketika muda, Angsana bisa tumbuh sampai 40m.

G.Ara Apmpelas


Ara Apmpelas banyak tumbuhan liar di tegalan atau pinggir Sungai. Ara ini merupakan pohon kecil, berdaging, dan berbiji banyak hingga di sukai burung yang menjadi penyebarannya. Keunikan jenis ini adalah Daunya yang kasar dan bisa sebagai ampelas.

H.Ara Suci, Bodi Ancak


Salah satu jenis ficus yang sangat di kenal dan banyak di temukan adalah pohon 
Bodhi atau Ara Suci. Namun pohon Bodhi  di berikan karena jenis ini dianggap sebagai pohon Suci sebagai sang umat budha ga utama bertapa untuk mencapai pencernaan abadi. Di Bali, Pohon ini sangat di sucikan sebagian dari kelengkapan upakara(upacara) keagamaan, sehingga banyak di Tanam di lingkungan Pura. 

Posting Komentar untuk "Manfaat Pohon Bagi Kehidupan Manusia "

Iklan Bawah Artikel