Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tetap Waspada Seringnya Mimisan

Mimisan merupakan salah satu jenis perdarahan yang cukup sering terjadi. Biasanya mimisan tidak bersifat serius atau membahayakan. Namun, perdarahan hidung ini tentu sangat mengganggu dan tak nyaman. Mimisan perdarahan hidung yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah dalam hidung. Kerusakan pembuluh darah hidung ini bisa dipicu oleh berbagai hal, mulai dari mengorek upil terlalu keras, cedera hidung, kelembapan hidung yang kurang, hingga adanya masalah kesehatan tertentu, seperti polip hidung atau gangguan pembekuan darah.

Mimisan, yang terjadi baik itu pada anak-anak maupun orang dewasa tidak perlu begitu khwatir dan tidak memerlukan perawatan medis karena mimisan bisa di atasi  dengan cepat sembuh. Namun, jangan juga terllau di sepelekan tetap harus di tangani dan mencari perawatan medis jika memang mimisan terjadi berkepanjangan. Misalnya, berlangsung selama beberapa jam atau tidak ada reaksi yang membaik jika diberikan pengobatan rumahan. 

Mimisan merupakan perdarahan terjadi di area hidung yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah dalam hidung. Kerusakan pembuluh darah hidung ini bisa dipicu oleh berbagai hal, mulai dari mengorek upil terlalu keras, cedera hidung, kelembapan hidung yang kurang, hingga adanya masalah kesehatan tertentu, seperti polip hidung atau gangguan pembekuan darah.

Mimisan biasanya disebabkan oleh trauma lokal, tapi juga bisa terjadi akibat infeksi hidung atau sinus, menghirup udara kering dalam waktu lama. Mimisan yang terus-menerus terjadi juga bisa menjadi gejala leukimia. Orang dengan leukemia sering pula mengalami memar dan juga mudah berdarah.

Sebagian orang mungkin pernah mengalami mimisan bahkan ada yang berkali kali mengalami mimisan. Orang awam biasanya beranggapan bahwa mimisan disebabkan karena kepanasan. Tidak sedikit pula yang panik ataupun khawatir saat mimisan terutama jika terjadi pada anak ataupun lansia. walaupun mimisan ini merupakan hal yang sering terjadi di dalam kehidupan sehari-hari tetapi mimisan bukanlah suatu diagnosis penyakit, melainkan sebuah gejala yang menandakan adanya kelainan tertentu. mimisan terjadi dengan durasi dan penyebab yang berbeda-beda. Pada beberapa wanita, 


Jangan khawatir dulu, Anda bisa mengatasi mimisan secara mandiri di rumah. Selain menjepit hidung selama beberapa menit, ada berbagai jenis obat yang mudah ditemukan di rumah Anda, Dengan mengatasi mimisan perlunya mencari cara untuk mengatasi mimisan atau  perawatan yang dapat menghentikan mimisan, ada beberapa acara unutk  menghindari mimisan agar tidak membuatnya semakin parah maka Hindari membungkuk untuk waktu yang lama, selain itu Jangan berbaring selama mimisan, karena darah bisa mengalir ke tenggorokan. Jika darah tertelan, maka ini bisa mengganggu perut dan menyebabkan kamu muntah, dan jangan  meniup hidung dengan kuat karena dengan meniup hidung saat mimisan dapat membuat perdarahan lebih buruk atau menyebabkan perdarahan kembali terjadi padahal sudah berhenti.




Mimisan memiliki beberapa penyebab yang terbagi menjadi penyebab , Tindakan awal yang perlu dilakukan bila mimisan yaitu dengan duduk tegak dengan posisi kepala menunduk agar darah tidak masuk ke tenggorok. Gunakan ibu jari dan jari telunjuk untuk memencet bagian depan hidung selama 10 menit untuk menghentikan perdarahan, yang paling penting di perhatikan saat teradi mimisan sebaiknya menghindari mengorek-korek hidung a karena dapat menimbulkan luka baru yang mudah berdarah.


Mimisan yang sering terjadi bisa tampak menakutkan, namun sebaiknya tetap tenang. Lakukan penanganan yang tepat untuk mengatasi mimisan.

Posting Komentar untuk "Tetap Waspada Seringnya Mimisan"

Iklan Bawah Artikel