Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingya Menjaga Kesehatan Tubuh Selama Bulan Ramadhan

Bulan suci Ramadhan telah tiba. umat islam di dunia menjlankan puasa untuk meningkatkan keimanan, Berpuasa bukan hanya sekadar menahan diri dari makan dan minum, tetapi juga merupakan cara untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta menjadi lebih dekat dengan Tuhan. Puasa yang benar adalah yang memenuhi kaidah agama dan kesehatan.  Namun, menjalankan puasa Ramadhan yang baik dan benar tidaklah mudah. Banyak orang yang merasa kesulitan dalam menjalankan puasa, terutama bagi mereka yang memiliki masalah dalam menjaga pola kesehatan.



dalam berpuasa mempersiapkan mental dan fisik juga penting. Selama lebih dari 12 jam menjalankan puasa, pastinya tubuh tidak menerima asupan baik makanan maupun minuman. Sehingga tidak jarang, tubuh terasa kurang berenergi, sehingga sulit berkonsentrasi, dan mengantuk. Padahal walaupun berpuasa sejumlah aktivitas yang harus tetap dijalankan dengan baik dan pekerjaan yang harus di selesaikan dengan tepat waktu. 


Meskipun sedang berpuasa, bukan sebuah alasan untuk bermaalas malasan, dalam berpuasa aktivitas fisik masih sangatlah penting untuk dijalnkan seperti biasanay untuk menjaga kebugaran tubuh dan aktivitas fisik juga dapat membantu tubuh tetap bertenaga. Maka dari itu  pentingnya  menjaga kondisi tubuh agar tetap prima dan siap beraktivitas selama berpuasa. 

Pentingya menjaga kesehatan tubuh selama bulan Ramadhan sangat perlu di perhatikan. Hal ini agar dalam menjalankan puasa tetap sehat dapat terhindar dari berbagai macam penyakit saat berpuasa dan  dapat beribadah dengan nyaman. berikut beberapa tips sederhana untuk menjaga kesehatan dalam berpuasa ;

Perhatikan Pola makan pada saat  sahur, makan sahur merupakan peran yang sangat penting untuk menjaga stamina tubuh selama menjalankan ibadah puasa dan aktivitas ketika di siang hari. Untuk itu, perhatikan pola makan pada saat sauhur, perbanyak konsumsi makanan yang tinggi serat seperti buah dan sayur, serta hindari makanan yang tinggi minyak karena akan menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan kantuk di siang hari. bila perlu tambahkan unutk mengonsumsi vitamin  setiap hari.  Konsumsi Makanan Bergizi yang Seimbang pada saat berpuasa sebaiknya adalah 40 persen saat sahur yang terdiri dari 30 persen makan besar dan 10 persen makan kecil; 

Tidak hanya pola mkaan saat sahur yang di perhatikan, pada saat berbuka jug atidak kalah pentingnya untuk di perhatikan, karena sering kali ketika tiba saat berbuka, seseorang akan langsung mengkonsumsi makanan yang banyak dan kurang sehat, pada saat berbuka hendaknya mengkonsumsi yang manis terdahulu seperti kurma dan mengonsumsi makanan secukupnya secara bertahap, dimulai dengan mengkonsumsi air putih, jangan langsung mengkonsumsi makanan yang banyak sekaligus karena akan menyebabkan perut menjadi sesak.


Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh, Secara umum, tubuh manusia membutuhkan asupan air setidaknya 2 liter sehari, atau setara dengan 8 gelas air putih. Jika tubuh kekurangan asupan cairan maka  bisa berdampak pada kondisi tubuh, salah satunya memicu dehidrasi. Namun, bagaimana cara untuk menjaga asupan cairan tubuh saat berpuasa sedangkan asupan cairan tubuh tetap harus di penuhi, maka dari itu mulai biasakan untuk berbuka puasa dengan air putih baru dilanjut dengan makanan lainnya. Saat berbuka puasa, pastikan untuk minum setidaknya dua gelas air putih atau lebih secara berkala, sesuai dengan kebutuhan. Minum air putih saat berbuka puasa bisa membantu mengganti cairan tubuh yang hilang setelah seharian beraktivitas di tengah puasa.


Walaupun tidur itu ibadah pada saat berpuasa, tetapi mencoba untuk tidak terlalu banyak tidur selama bulan Ramadhan lebih baik, Meskipun kita memiliki lebih banyak waktu luang selama puasa, kita juga harus tetap produktif dan menjalankan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.


Lakukan olahraga ringan, karena aktivitas fisik ringan juga dianjurkan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama puasa, waktu yang tepat untuk berolahraga biasanya sebelum berbuka puasa, setelah berbuka puasa, atau setelah sahur. 


Demikian sekilas tips sederhana, untuk menjaga agar tubuh tetap segar saat berpuasa. Semoga dapat menambah puasa kita menjadi semakin sempurna dan sesuai dengan tuntunan Rasulullah.

Posting Komentar untuk "Pentingya Menjaga Kesehatan Tubuh Selama Bulan Ramadhan"

Iklan Bawah Artikel