Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khasiat Buah Kurma

Di Indonesia buah kurma sudah tidak asing lagi,  kebanyakan orang Indonesia mungkin sudah akrab dengan buah kurma. Buah dengan rasa manis legit ini sangat dicari-cari terutama saat bulan puasa, buah ini banyak di jual.


Kurma Merpakan jenis buah yang bisa tumbuh kapan saja sepanjang tahun. Namun umumnya, buah ini sering dipanen pada musim gugur atau awal musim dingin di negara asalnya. Alasannya, karena di musim dingin buah ini berada dalam kondisi paling segar. 

Buah kurma dapat dikatakan  buah tertua di dunia yang paling banyak dibudidayakan di timur tengah, misalnya Arab Saudi. vBuaah ini memiliki cita rasa yang manis dan dagingnya yang lembut membuat kurma menjadi salah satu hidangan makanan penutup atau menu berbuka yang favorit di berbagai kalangan.


Tidak hanya sebagai hidangan makanan saja, buah kurma juga di percaya dapat  menyembuhkan atau pengobatan beberapa penyakit apapun, karena buah ini memiliki golongan vitamin yang terdapat dalamnya yaitu mengandung  vitamin B1, ribiflavin atau vitamin B2, biotin, asam folat atau folacin, asam ascorbat atau vitamin C, pro-vitamin A(bta coratene), nicotinamide, retinol equivalent, asam pantotenat dan vitamin B6. Dalam 100 gram kurma kering terkandung vitamin A 90 IU, tiamin 93 mg, riboflavin 114 mg, niasin 2 mg dan kalium 667 mg. kurma juga mengandung zat gizi lainnya diantaranya adala protein 20% dan lemak 3%


Sejak  dahulu, buah kurma sudah dikenal memiliki banyak manfaat. Dengan mengkonsumsi kurma secara rutin dapat  membantu menjaga tubuh dari gangguan kesehatan. kurma yang memiki  zat besi kandungan protein, karbohidrat dan dapat membantu proses sintesis hemoglobin.

Buah Kurma tidak hanya bisa di makan saja tetapi memiliki   khasiat  untuk kesehatan berkat kandungan gizinya yang cukup melimpah, ada begitu besar manfaat buah kurma yang sayang untuk dilewatkan, yaitu:


Dapat Meningkatkan Kesuburan

Dengan makan kurma tiap hari sebelum melahirkan, itu bisa mengurangi waktu persalinan.Tak cuma bisa melancarkan persalinan normal, kurma memiliki manfaat  yang banyak disukai pasangan suami istri yaitu dapat meningkatkan kesuburan baik pada wanita maupun pria, dikarenakan kurma memiliki kandungan asam amino dan sengnya. Dengan biji dan serbuk sari kurma pun memiliki senyawa yang bekerja seperti hormon-hormon reproduksi pria dan wanita.


Mendukung sistem pencernaan

Buah satu uni memiliki banyak serat dan karbohidrat kompleks. Dengan kandungan serat yang cukup tinggi, buah kurma sehingga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan membantu mengatasi serta mencegah sembelit. Serat dalam kurma dapat mencegah konstipasi dan bikin gerakan usus besar lebih teratur, khususnya dalam membentuk feses. buah kurma juga dapat membantu menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik  di dalam usus, sehingga kesehatan saluran cerna bisa tetap terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit.


Dapat Mencegah kelelahan

Saat  tubuh akan mudah merasa lelah. Dengan memakan buah kurma di pagi hari dapat membantu tubuh untuk merasa siap dan tidak mudah merasa lelah. Karena buah ini mengandung banyak nutrisi yang dapat membantu meredakan rasa lelah seperti zat besi dan potassium.


Mengontrol gula darah

Kurma di percaya dapat mengontrol gula darah meski rasanya manis dan mengandung gula yang cukup tinggi, buah kurma ternyata cukup aman dikonsumsi bagi penderita diabetes.  karena buah ini memiliki indeks glikemik yang tergolong rendah, sehingga tidak membuat kadar gula darah cepat melonjak.

Ketika memakan kurma, nutrisi yang terkandung di dalamnya akan berperan mengurangi kadar gula dan lemak. Kurma pun kaya nutrisi, serat, dan antioksidan sehingga dapat menstabilkan Gula Darah dan Pengganti Gula yang Lebih Sehat. Bahkan, berkat kandungan antioksidan dan beragam nutrisi di dalamnya kurma dapat juga mencegah terjadinya resistensi insulin.


Mencegah kesehatan tulang

kurma dikenal kaya akan fosfor dan kalsium yang dapat menunjang kesehatan tulang dan gigi. Kurma juga  mengandung sejumlah mineral yang baik untuk kesehatan tulang. Mineral yang terdapat di dalam kurma meliputi fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium sehingga  dapat mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis.



Kurma  ini sangat identik dengan bulan suci ramadan. Sebab mengonsumsi kurma saat sahur dan berbuka puasa merupakan salah satu sunnah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Tetapi dengan mengetahui khasiat buah kurma tisak ada slahnya jika anda mengkonsumsi Buah kurma di  hari biasa tidak hanya di bulan suci Ramdhan dengan mgnkonsumdi buah ini anda akan  mendapatkan manfaat kesehatannya.

Posting Komentar untuk "Khasiat Buah Kurma"

Iklan Bawah Artikel