Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Tepat Mengatasi Breakout Pada Wajah

Cara Tepat Mengatasi Breakout Pada Wajah


Cara Tepat Mengatasi Jerawat Pada Wajah - Bagaimana cara mengatasi breakout di wajah saat menggunakan skincare baru?Jika muncul jerawat di kulit wajah saat mengganti produk perawatan kulit,berarti ada ketidaksesuaian dengan reaksi kulit di wajah.

Ini sangat umum dalam dunia perawatan kulit,jadi Anda tidak perlu khawatir jika Anda memiliki jerawat di wajah. Setidaknya ada beberapa cara Mengatasi Breakout di wajah yang bisa Anda coba agar cepat mereda dan kembali sehat seperti semula.

Cara Mengatasi Wajah Breakout

Hindari Menyentuh Wajah

Perlu kalian ketahui sahabat muslim,bahwa menyentuh wajah secara terus menerus dapat memindahkan bakteri dari tangan ke wajah sehingga memperburuk kondisi kulit.Sering menyentuh wajah juga membuat kelenjar sebaceous bekerja secara berlebihan. 

Hal ini akan menyebabkan produksi minyak berlebih yang tentunya akan memperburuk kondisi jerawat.Oleh karena itu,Anda perlu memastikan tangan Anda bersih sebelum menyentuh wajah. Selain itu, kamu juga perlu membersihkan wajah secara rutin di pagi dan sore hari, ya.

Kenali Penyebab Jerawat Anda Lebih Jelas

Gejala breakout dan purging memang memiliki kesamaan di awal, yaitu sama-sama jerawat di wajah. Jadi jangan terburu-buru untuk membuang dan mengganti produk skincare baru lagi. Karena hanya akan membuang pengeluaran yang tidak perlu. 

Purging adalah proses regenerasi sel kulit mati menjadi sel kulit baru disertai jerawat. Hal ini terjadi karena kulit wajah akan bereaksi saat mengeluarkan kotoran dan minyak yang terlempar ke permukaan sehingga bisa timbul jerawat.

Fase purging secara umum bisa terjadi antara 4 hingga 6 minggu dan setelah itu akan disertai dengan hilangnya jerawat di wajah. Setelah berhasil melewati fase purging, biasanya kondisi kulit wajah akan jauh lebih baik.

Sedangkan jika setelah lebih dari 6 minggu kondisi kulit wajah masih berjerawat dan belum ada tanda-tanda pemulihan, maka bisa dipastikan itu adalah kondisi breakout. Baru pada tahap ini Anda dapat menghentikan produk perawatan kulit yang Anda gunakan sekarang dan dapat menggantinya dengan produk baru.

Minum Lebih Banyak Air

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memenuhi kebutuhan air untuk tubuh. Mungkin Anda sudah sering mendengar tentang minum air putih yang bisa membuat kulit lebih sehat dan kenyal. Tapi pertanyaannya adalah, apakah Anda pernah membuktikan diri Anda berguna?

Terkadang kebutuhan air putih sebanyak 8 gelas dalam sehari terabaikan. Beberapa orang bahkan lebih suka mengonsumsi minuman tidak sehat seperti soda. Padahal efek positif air putih bisa berperan besar dalam membuat kecantikan kulit. Anjuran minum air putih yang cukup setiap hari bertujuan agar berbagai sistem dalam tubuh berjalan lancar.

Minum air dapat membantu tubuh Anda mengeluarkan semua racun dengan lebih efisien dan membuat kulit Anda terlihat segar dan bercahaya. Selain itu, air yang Anda minum juga dapat membantu melembabkan kulit Anda secara alami.

Hal ini karena air dapat memberikan nutrisi yang baik untuk sel-sel kulit Anda. Tak kalah menarik, air juga mampu menjaga elastisitas dan kelenturan alami kulit Anda secara keseluruhan. Dengan begitu, kondisi wajah breakout yang Anda alami akan sedikit teratasi.

Apa Manfaat Memakai Sunblock Untuk Perlindungan UV?

Jangan biarkan kulit di tubuh Anda terkena sinar UV matahari, meski sesaat. Selalu gunakan sunblock agar kulit bisa mendapatkan lapisan perlindungan ekstra agar tidak terkena radiasi sinar matahari yang bisa menyebabkan kerusakan kulit.

Waktu yang tepat untuk menggunakan sunblock adalah setiap pagi dan sore hari, atau Anda juga bisa mengoleskannya kembali jika sudah terasa aus. Juga, perlu diingat bahwa sunblock akan mudah luntur jika Anda mencuci kulit dengan air, jadi setelah mencuci Anda harus segera mengoleskannya kembali dengan sunblock.

Hindari Menggunakan Riasan Dengan Cara Layering

Menggunakan riasan dianggap sebagai cara terbaik untuk menyembunyikan jerawat. Namun, make-up juga bisa memperburuk jerawat Anda. Menggunakan riasan tebal justru dapat menyumbat pori-pori kulit dan memicu timbulnya jerawat. Karena itu, saat breakout datang, hindari penggunaan makeup seminimal mungkin.

Kompres Jerawat Dengan Es Batu

Anda bisa menggunakan es batu untuk membantu meredakan jerawat di wajah akibat breakout. Gunakan es batu yang dibungkus kain bersih dan oleskan dengan lembut ke kulit yang berjerawat. Pastikan air yang digunakan untuk membuat es batu bukanlah air kotor yang justru dapat memperburuk kondisi jerawat di wajah. 

Selain itu, pastikan kain yang digunakan untuk kompres wajah juga steril dari keberadaan kuman dan bakteri berbahaya. Jangan sampai akibat penggunaan kain dan air yang tidak bersih justru bisa menyebabkan jerawat semakin parah.

Menggunakan Perawatan Kulit Secara Bertahap

Cara pemakaian skincare pada kondisi kulit wajah normal dengan kondisi kulit saat berjerawat tentu tidak sama. Jangan langsung mengaplikasikan skincare dalam jumlah banyak saat berjerawat, tapi kurangi jumlahnya agar kulit wajahmu punya kesempatan untuk beradaptasi.

Selain itu, kurangi juga frekuensi penggunaan produk perawatan kulit Anda. Misalnya jika dalam kondisi normal Anda bisa menggunakannya setiap hari, maka dalam kondisi berjerawat Anda bisa menguranginya menjadi hanya 2 kali dalam seminggu. Setelah kondisi membaik, maka Anda bisa meningkatkannya menjadi 3 kali seminggu atau lebih secara bertahap.

Wajib Pakai Pelembab

Agar breakout tidak semakin parah, gunakan pelembab agar kulit wajah bisa mendapatkan perawatan ekstra. Dengan rutin memberikan pelembab setiap pagi dan malam setiap hari, kondisi kulit wajah tentu bisa membaik.

Apa Jenis Pelembab Yang Cocok Untuk Wajah Breakout?

Banyak sekali jenis pelembap yang beredar di pasaran, jadi pilihlah pelembap yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda agar tidak menimbulkan minyak berlebih saat beraktivitas. Gunakan pelembab yang mengandung water-based atau aloe vera untuk kulit wajah berminyak. Sebaliknya, untuk kulit wajah yang cenderung kering, Anda bisa menggunakan pelembab berbahan dasar minyak.

Perhatikan Penggunaan Produk Perawatan Rambut

Jika Anda sedang mengalami breakout, penting untuk memperhatikan produk rambut apa yang Anda gunakan. Seperti kondisioner, sampo, serum, atau hair spray yang mungkin bersentuhan dengan kulit Anda, terutama di bagian dahi. Ini juga salah satu penyebab munculnya jerawat. Jika Anda mengalami jerawat di area dahi, Anda perlu memperhatikan produk perawatan rambut Anda. 

Bersihkan sisa produk rambut agar tidak berdampak buruk pada kulit Anda. Sahabat muslim, itulah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi breakout. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan kebersihan dan produk apa saja yang dapat menyebabkan jerawat pada kulit Anda.

Pantang Makanan Tertentu

Saat wajah sedang berjerawat, sebaiknya hindari junk food agar jerawat tidak semakin parah. Makanan yang mengandung lemak tinggi biasanya akan menyebabkan penyumbatan pada pori-pori wajah yang dapat memperburuk jerawat. 

Selain junk food, saat wajah sedang berjerawat, sebaiknya juga hindari asupan makanan dari produk susu. Demikian artikel tentang cara tepat mengatasi breakout pada wajah semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

Posting Komentar untuk "Cara Tepat Mengatasi Breakout Pada Wajah"

Iklan Bawah Artikel