Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mudah Menghilangkan Mata Ikan Tanpa Operasi

Tips Mudah Menghilangkan Mata Ikan Tanpa Operasi


Tips Mudah Menghilangkan Mata Ikan Tanpa Operasi - Mata ikan adalah lapisan kulit yang mengeras dan tebal karena respons kulit terhadap gesekan dan tekanan yang disebabkan oleh sepatu atau alas kaki lainnya. Mata Ikan ini jika disentuh menyebabkan sedikit rasa sakit. Biasanya mata ikan ini berkembang di telapak kaki dan jarang di jari. 

Penyebab Mata Ikan

1.Ukuran sepatu terlalu sempit atau longgar

2.Tidak memakai kaus kaki

3.Berjalan atau berlari terlalu lama

4.Kondisi medis tertentu. 

Ada Beberapa Penyebab Mata Ikan Karena Kondisi Medis

  • Tulang yang menonjol dan terbentuk di persendian bagian bawah jempol kaki. Hal ini dapat menyebabkan jempol kaki terdorong ke arah jari kaki lainnya (bunion).

  • Kerusakan kelenjar keringat.

  • Ada kutil di kaki.

  • Ada luka.

Cara menghilangkan mata ikan di kaki. Berikut beberapa cara menghilangkan mata ikan di kaki dengan cepat, menggunakan bahan-bahan alami.

Nanas

Selain digunakan sebagai salad, selai, atau makanan olahan lainnya, nanas dapat digunakan sebagai obat mata ikan alami yang efektif. Kandungan enzim bromelain yang ada pada nanas dapat melembutkan mata ikan. Nanas juga dapat meredakan rasa sakit dan mempercepat penyembuhan.

Cara alami mengobati mata ikan hampir sama dengan cara di atas, pertama tempelkan nanas yang sudah diiris tipis lalu balut menggunakan kain kasa. Setelah dibiarkan semalaman, buka dan bersihkan. Lakukan ini setiap malam dan lihat hasilnya dalam seminggu atau lebih.

Cuka sari apel

Gunakan cuka sari apel untuk melembutkan dan menghilangkan mata ikan di kaki. Manfaat cuka sari apel dapat mengelupas sel kulit mati dan melembutkan mata ikan. 

Pertama gosok mata ikan dengan batu apung setelah kaki yang terkena mata ikan direndam dalam larutan cuka sari apel selama 25 menit. Bungkus mata ikan dengan perban yang telah dibasahi dengan cuka sari apel. Setelah seminggu Anda akan melihat perbedaannya.

Lemon

Air lemon yang memiliki rasa asam juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan mata ikan. Caranya adalah dengan mengoleskan air jeruk lemon atau gosokkan menggunakan irisan lemon pada mata ikan dan biarkan semalaman. Lakukan ini setidaknya tiga kali sehari untuk melunakkan mata ikan agar mudah digosok dengan batu apung.

Bawang putih

Menggunakan bawang putih bisa dibilang salah satu cara terbaik. Cara menggunakannya dengan memotong bawang putih segar lalu mengoleskannya pada mata ikan. Selain menggosok, Anda juga bisa menggunakan perban yang diisi dengan bawang putih yang dihancurkan.

Batu apung

Batu apung juga merupakan salah satu yang terbaik untuk menghilangkan mata ikan di kaki. Ini karena batu apung sangat cocok untuk mengangkat kulit mati.

Sebelum menggunakan batu apung, terlebih dahulu rendam kaki mata ikan dalam air hangat selama lima sampai tujuh menit. Kemudian gosok perlahan dengan batu apung selama tiga menit. Lakukan cara alami mengobati mata ikan ini setiap hari sampai benar-benar sembuh.

Bagaimana Cara Menyembuhkan Mata Ikan Dengan Oatmeal?

Oatmeal

Ini mungkin asing bagi Anda, tetapi oatmeal juga merupakan bahan pengelupasan dan memiliki sifat menenangkan. Bagaimana caranya? Pertama, rebus 1/2 cangkir oatmeal dalam air selama sekitar lima menit. 

Setelah mendidih, saring untuk mendapatkan air rebusan oatmeal dan oleskan pada kulit yang terkena. Biarkan selama 10 hingga 15 menit sebelum membilasnya. Lakukan cara ini dua kali sehari sampai sembuh.

Pepaya

Pepaya dikenal memiliki sifat pengelupasan, berkat enzim papain yang ditemukan dalam pepaya. Tentu saja sangat cocok untuk menghilangkan mata ikan di kaki. 

Caranya, oleskan setengah sendok teh jus pepaya mentah ke mata ikan dengan bantuan kapas. Biarkan semalaman dan bilas keesokan harinya. Lakukan pengobatan alami ini secara rutin setiap malam sampai mata ikan benar-benar hilang.

Vitamin E

Vitamin E merupakan jenis vitamin yang larut dalam lemak dan memiliki antioksidan. Nah, vitamin ini bisa melembutkan mata ikan dan membantu menghilangkannya dengan cepat. Caranya, lubangi kapsul vitamin E menggunakan jarum. 

Oleskan dengan lembut pada kulit yang terkena. Untuk berendam, diamkan selama beberapa menit lalu tutup dengan kaus kaki. Anda bisa melakukan ini setiap malam sebelum tidur sampai mata ikan sembuh.

Minyak kelapa

Oleskan minyak kelapa pada mata ikan sambil dipijat beberapa saat hingga kulit terasa lembut, lalu gosok dengan batu apung. Coba cara ini tiga kali berturut-turut sampai mata ikan benar-benar hilang.

Minyak jarak

Manfaat minyak jarak atau castor oil dapat melembutkan mata ikan sehingga mudah dihilangkan. Ini adalah obat mata ikan alami terbaik dan tercepat. Caranya sangat mudah, Anda cukup mengoleskan minyak jarak pada mata ikan tiga kali sehari. Lakukan cara ini secara rutin sampai mata ikan benar-benar tidak meninggalkan bekas. Ingat, jangan mengoleskan minyak jarak pada kulit yang terluka.

Minyak terpentin

Minyak ini dapat menenangkan kulit dan mengurangi iritasi. Caranya juga cukup mudah, sebelum mengoleskan es batu pada mata ikan selama kurang lebih tiga menit. Kemudian bungkus kain yang sebelumnya direndam dalam minyak terpentin di sekitar kaki. Lakukan beberapa kali sehari untuk mengelupas mata ikan.

Kunyit

Satu lagi bumbu dapur yang bisa digunakan sebagai cara alami mengobati mata ikan adalah kunyit. Sifat antimikroba dan penyembuhan kunyit, bila dikombinasikan dengan madu, dapat menghilangkan mata ikan dalam beberapa hari. 

Bagaimana Cara Menggunakan Kunyit Untuk Menghilangkan Mata Ikan?

Pertama, buat campuran bubuk kunyit dengan madu hingga menjadi pasta, lalu oleskan pada mata ikan di kaki. Setelah kering, bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini dua kali sehari secara rutin dan Anda akan melihat hasilnya dalam beberapa hari.

Bawang Bombay

Bawang bombay merupakan bumbu masakan yang dapat mengobati mata ikan pada kaki. Metode ini telah terbukti mengurangi bekas luka pada kulit akibat mata ikan. Caranya, tempelkan irisan bawang bombay pada mata ikan lalu balut menggunakan kain kasa. Biarkan semalaman dan bilas keesokan harinya.

Aspirin

Penggunaan aspirin, jus lemon, dan air akan membantu menghilangkan masalah mata ikan pada kaki. Caranya adalah dengan mengoleskan campuran ketiga bahan tersebut pada mata ikan lalu bungkus dengan plastik dan handuk hangat di sekelilingnya. Diamkan selama 15 menit lalu gosok mata ikan dengan batu apung. Penggunaan obat alami mata ikan ini harus dilakukan 1 minggu sampai mata ikan hilang.

Garam Epsom

Garam epsom adalah bahan yang biasa digunakan sebagai exfoliant. Ini juga dapat menenangkan kulit dan mengurangi rasa sakit. Manfaat lainnya bahkan sebagai antibakteri. Jadi, garam Epsom cocok untuk mengobati mata ikan. 

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah merendam kaki yang terkena dalam air hangat yang ditambahkan garam Epsom selama 10 hingga 15 menit. Ini akan melembutkan kulit yang terkena mata ikan. Kemudian gosok dengan kapur untuk mengelupas kulit mati pada area tersebut. Anda dapat melakukan ini selama beberapa hari dalam seminggu.

Soda kue

Baking soda atau soda kue juga bisa mengelupas sel kulit mati di area pergelangan kaki. Bahan ini juga dapat mencegah infeksi. Campurkan soda kue dengan air terlebih dahulu hingga menjadi pasta, Anda juga bisa menambahkan air jeruk nipis. 

Kemudian oleskan campuran tersebut ke kulit yang terkena dan biarkan semalaman. Anda bisa melakukannya setiap malam selama lima hingga tujuh hari. Ingat, jangan dioleskan selain pada kulit yang terkena mata ikan, karena ramuan ini bisa mengeringkan kulit yang sehat. Demikian artikel tentang tips mudah menghilangkan mata ikan tanpa operasi semoga dapat bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Tips Mudah Menghilangkan Mata Ikan Tanpa Operasi"

Iklan Bawah Artikel