Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Bisnis Makanan Sehat di Tengah Pandemi

Peluang Bisnis Makanan Sehat di Tengah Pandemi


Peluang Bisnis Makanan Sehat di Tengah Pandemi - Makanan sehat sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat yang membutuhkan asupan sehat untuk tubuhnya,namun penjual makanan sehat tidak banyak, sehingga banyak orang kesulitan untuk membeli makanan sehat. 

Mungkin sebagian sudah ada di kota besar tapi belum menyebar ke kota kecil atau daerah yang jauh dari kota. Oleh karena itu,penjual makanan sehat harus meningkat agar mudah ditemukan.Anda bisa menjual Makanan Sehat bagi yang membutuhkan asupan makanan sehat, Anda bisa menjual dengan sistem catering juga. 

Sekarang, sistem katering ini juga banyak dibutuhkan, karena banyak orang tidak punya waktu untuk memasak makanan sendiri.Sebelumnya anda sudah mengetahui mengapa makanan sehat merupakan bisnis yang menguntungkan, selain itu ada juga cara memulai bisnis dan contoh makanan sehat yang bisa anda jual. Mari kita lihat langsung di bawah ini!

Semakin banyak orang yang peduli dengan kesehatan

Semakin banyak orang yang semakin peduli dengan kesehatannya dengan memilih makanan yang mereka makan karena makanan yang biasa mereka makan belum tentu sehat untuk tubuh mereka. 

Untuk itu mereka lebih memilih untuk mengkonsumsi makanan yang sehat agar kesehatan tubuhnya tetap terjaga. Semakin bertambahnya usia, semakin mudah orang sakit, sehingga sangat penting untuk memperhatikan kesehatan tubuh.

Makanan Sehat yang Bisa Anda Sajikan

Makanan organik

Anda bisa menjual makanan organik yang menggunakan bahan organik dalam pembuatannya. Arti organik itu sendiri adalah sayuran, buah, dan biji-bijian yang ditanam tanpa pestisida, yang juga berlaku untuk daging, unggas, telur, dan produk susu yang diproduksi tanpa penggunaan antibiotik atau hormon pertumbuhan. Hal ini membuat makanan organik lebih sehat daripada makanan konvensional karena bahannya tidak memiliki bahan kimia.

Salad buah

Salad buah memiliki kenikmatan tersendiri karena memadukan buah segar dengan saus yang creamy dan disajikan dingin. Anda bisa menjual salad buah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin menyantap makanan sehat. 

Namun jangan lupa, batasi penggunaan susu, telur, mayonaise, gula yang menjadi bahan pembuatan salad buah. Bahan-bahan tersebut menjadi tidak sehat jika digunakan secara berlebihan, jadi gunakanlah sesuai takaran agar salad buah tetap sehat.

Salad sayur

Selain salad buah, ada juga salad sayuran yang tak kalah disukai banyak orang. Anda bisa mengombinasikan sayuran segar seperti:

  • Mentimun

  • Selada

  • Tomat

  • Wortel

  • Buncis, dll

Lalu mencampur bahan di atas dengan saus yang lezat. Jangan lupa untuk mengontrol penggunaan mayones, susu, dan telur agar tidak berlebihan, karena bahan-bahan tersebut menjadi tidak sehat jika melebihi dosis yang dianjurkan.

Nasi Kotak Sehat

Anda harus mengisi sekotak nasi sehat dengan makanan bergizi yang terdiri dari nasi, lauk pauk, sayur, dan buah-buahan. Anda bisa menggunakan beras organik atau beras merah yang lebih sehat daripada beras putih biasa. Kemudian lauk pauk dengan protein hewani atau nabati yang cukup. 

Berikan sayur dan buah segar untuk memenuhi multivitamin dan mineral untuk kesehatan. Selain bahan, Anda juga harus mengontrol penggunaan garam, gula, MSG, dan sebagainya. Jangan terlalu banyak menggunakannya, karena sangat berpengaruh terhadap kesehatan.

Buah-buahan

Buah-buahan bisa menjadi salah satu makanan penunjang kesehatan yang wajib masuk dalam daftar makanan sehat yang ingin Anda jual, karena banyaknya manfaat yang terkandung dalam buah. Ada antioksidan, multivitamin, serat, folat, kalium dalam buah-buahan, dan banyak nutrisi lainnya di dalam buah. Sehingga buah-buahan dapat mencegah obesitas, menurunkan kadar kolesterol, mengurangi risiko penyakit, mencegah masalah pencernaan, dan masih banyak manfaat lainnya.

Camilan Sehat

Jajan atau jajanan tidak boleh absen, karena jajan merupakan kegiatan yang disukai banyak orang. Namun banyak sekali orang yang mengemil jajanan yang tidak sehat, sehingga kegiatan ini menjadi sarang penyakit. Nah, ternyata ada jajanan sehat yang bisa kamu jual, seperti:

  • Granola

  • Oatmeal 

  • Yogurt

  • Almond

 Jajanan di atas jauh lebih sehat daripada jajanan seperti martabak, gorengan, dan sebagainya.

Banyak Fans Meski Mahal

Mereka juga rela membayar mahal untuk membeli atau membuat makanan sehat karena bahan yang dibutuhkan juga mahal. Misalnya, dibutuhkan bahan-bahan organik untuk membuat makanan yang sehat, dimana harga bahan-bahannya lebih tinggi dari bahan-bahan non-organik. Meskipun makanan sehat memiliki harga yang tinggi, membayar lebih untuk makanan sehat lebih berharga daripada membayar biaya pengobatan jika Anda sakit.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Makanan Sehat?

Mencari Bahan Makanan Sehat Berkualitas

Pertama, Anda harus mencari bahan makanan yang sehat dan berkualitas untuk makanan sehat yang Anda buat. Anda dapat mencarinya di supermarket langganan Anda atau mencarinya di pasar online. Gunakan bahan organik yang ditujukan untuk makanan yang lebih sehat daripada menggunakan bahan non-organik.

Siapkan Rencana Keuangan dan Modal

Susunlah rencana sesuai dengan keuangan yang Anda miliki, karena skala saat memulai bisnis perlu disesuaikan dengan modal yang Anda miliki. Hitung modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha makanan sehat, lalu hitung modal yang Anda miliki sudah cukup atau belum. Jika sudah cukup, maka segeralah memulai bisnis Anda. Jika dirasa kurang, kamu bisa sedikit menurunkan kualitas bahan yang dibutuhkan, atau mengumpulkan lebih banyak modal yang masih kurang.

Tentukan Harga Jual

Hitung biaya bahan, biaya tenaga kerja, dan biaya lain yang perlu Anda keluarkan untuk membuat satu porsi makanan, maka Anda bisa menentukan harga jual yang sesuai. Anda juga perlu menentukan margin agar bisa menentukan keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari penjualan tersebut, namun tentunya dengan angka yang masuk akal. Sebelumnya Anda bisa melihat harga yang ditawarkan pesaing Anda, jangan sampai harga yang Anda tawarkan jauh lebih tinggi atau lebih rendah.

Memperhatikan Kepentingan Masyarakat

Anda harus memperhatikan minat masyarakat dan target pasar, sehingga Anda dapat dengan mudah menentukan segmentasi pasar untuk memasarkan makanan sehat yang ingin Anda jual. Misalnya, di daerah Anda terdapat kantor besar yang dipenuhi oleh orang-orang kelas menengah ke atas.

Sehingga Anda dapat menggunakan bahan berkualitas tinggi dan menjualnya dengan harga lebih tinggi. Di sisi lain, Anda dapat sedikit menurunkan kualitas bahan jika minat masyarakat terhadap makanan sehat tidak besar, sehingga Anda dapat menjualnya dengan harga lebih murah dan mendapatkan pasar yang lebih luas.

Bagaimana Cara Tepat untuk Promosi Bisnis Makanan Sehat?

Promosi

Ajak keluarga dan kerabat Anda untuk mencoba makanan sehat yang Anda jual, siapa tahu beberapa di antaranya sebagai makanan Anda dan ingin berlangganan. Minta mereka untuk memposting di media sosial komentar mereka tentang makanan sehat Anda, jika itu positif maka orang-orang di media sosial dapat mempertimbangkan untuk membeli juga. Jangan lupa buat akun media sosial yang menarik dan manfaatkan fitur iklan yang disediakan.

Anda Dapat Menggunakan Anteraja Sebagai Layanan Pengiriman Anda

Tentunya Anda membutuhkan pengiriman yang cepat untuk barang belanjaan Anda, bukan? Jangan ragu untuk menggunakan Anteraja sebagai layanan pengiriman Anda. Karena Anda bisa menggunakan layanan Next Day yang menjamin barang Anda akan sampai keesokan harinya! Demikian artikel tentang peluang bisnis makanan sehat di tengah pandemi.

Posting Komentar untuk "Peluang Bisnis Makanan Sehat di Tengah Pandemi"

Iklan Bawah Artikel