Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biaya Modal Untuk Memulai Bisnis Usaha Apotek

Biaya Modal Untuk Memulai Bisnis Usaha Apotek


Biaya Modal Untuk Memulai Bisnis Usaha Apotek - Bisnis Apotek merupakan salah satu peluang bisnis yang selalu dicari oleh masyarakat karena setiap orang pasti pernah merasakan sakit dan membutuhkan obat. Ada berbagai jenis penyakit yang sering menyerang masyarakat, seperti batuk, pilek, demam, sariawan, dll, yang tentunya harus segera ditangani.

Resep dari dokter biasanya menjadi acuan seseorang untuk membeli obat diapotik sehingga tentunya omzet yang didapat dari bisnis apotek ini sangat menggiurkan. Namun agar Bisnis Apotek Anda berkembang, Anda harus menyiapkan strategi untuk merebut pangsa pasar yang dibidik.

Bisnis ApotekDi Desa

Salah satu cara membuka usaha Apotek yang laris dan dapat menguntungkan merupakan dengan mendirikan apotek di daerah berkembang yang belum ada pesaing. Ini biasanya ditemukan di daerah pedesaan atau di kota-kota tempat penduduk memiliki perumahan. 

Aspek yang dapat mendukung keberhasilan usaha Apotek adalah latar belakang pendidikan seperti apoteker dan asisten apotek. Jika seseorang sudah memiliki gelar apoteker dan asisten apoteker apotek, ia dapat dengan mudah membuka usaha apotek. Seperti yang dilakukan Wina, pendiri Apotek Griya Farma.

Seorang apoteker dan asisten apotek ia akan dengan mudah dapat memulai bisnis Apotek dari segi manajemen, kedokteran, dan kewirausahaan. Karena di sekolah mereka diajarkan ilmu-ilmu tersebut plus praktek di lapangan dengan bekerja di apotek dari awal sampai akhir. 

Layaknya adik penulis lulusan asisten apotek di Bandung, ia sangat paham bagaimana membuka apotek, seluk beluk permodalan apotek dari awal hingga pembukaan serta masalah pembuatan dan perizinan usaha apotek rakyat mini.

Jadi secara teori, seorang asisten apotek, dan apoteker dapat mampu mendirikan usaha apotek dari awal hingga operasional. Yang mereka butuhkan adalah niat baik dan keberanian membuka usaha apotek mini dan masyarakat dengan segala resiko kerugian. 

Namun setiap usaha Apotekdapat dijalankan dengan resiko kerugian nol persen dan tanpa kerugian dikemudian hari caranya adalah dengan menjalankan usaha Apotekdi daerah yang tidak ada pesaing. Namun pangsa pasarnya sangat besar. Seperti di daerah pedesaan terpencil.

Prospek Usaha Apotek

Penulis telah melihat perkembangan prospek bisnis dari tahun 1980 hingga sekarang. Di antara banyak apotek, ada yang bangkrut dan ada toko obat yang masih meraup untung besar hingga hari ini. Adapun apotek yang masih eksis karena memiliki pelanggan setia yang banyak di antaranya disebabkan oleh harga yang lebih murah dibanding kompetitor.

Cara Membuka Usaha Apotek Mini

Lokasi Apotek

Dalam pemilihan lokasi usaha apotek harus terletak di tempat yang strategis yang mudah dijangkau dan dapat dilihat oleh masyarakat. Anda tinggal membuka usaha apotek yang letaknya tidak strategis asalkan sistem penjualannya dilakukan dengan cara travelling atau penjualan kanvas ke toko obat, apotek, warung, dokter, klinik dll. Lokasi strategis usaha apotek memudahkan langsung penjualan. Keduanya sama-sama menguntungkan.

Survei Pesaing

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam membuka usaha gerai apotek selanjutnya adalah kompetitor yang ada. Anda perlu melakukan survei terhadap pesaing di daerah Anda. Semakin banyak pesaing semakin sulit mengembangkan bisnis apotek Anda. Dan semakin lemahnya persaingan usaha Apotekmaka semakin mudah untuk berkembang dan menguntungkan usaha farmasi.

Rincian Modal Usaha Apotek dari Awal hingga Pembukaan

Aspek penting dalam mendirikan apotek adalah kemauan modal usaha. Untuk lebih jelasnya berikut rincian modal awal usaha apotek dari awal buka sampai dengan:

Perizinan

Sebelum mendirikan gerai apotek hingga siap beroperasi, hal pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah mengurus izin usaha apotek atau SIA yang disebut SITU. Berdasarkan data di lapangan, membuat perizinan apotek sangat mudah. Biaya pembuatan izin apotek SITU berkisar Rp. 1 juta, dimana biaya pembuatan SITU berbeda-beda tergantung daerahnya.

Etalase Dan Almari Rp. 8 Juta

Belanja obat meliputi sirup lengkap, tablet, obat bebas, obat generik, antibiotik, dll. Harga Rp. 14 juta. Pembelian obat dapat dilakukan secara kredit dengan menggandeng channel PBF dengan jangka waktu pembayaran selama satu bulan. Atau Anda bisa membeli obat secara sistem tunai lengkap dengan membeli di apotek yang memiliki harga obat lebih murah.

  • Gaji karyawan Rp 1 juta

  • Biaya air dan listrik Rp. 500 ribu

  • Biaya telepon sebesar Rp. 100 ribu

  • Menyewa lokasi usaha Rp. 6 juta

Perkiraan modal untuk apotek sekitar Rp. 24.600.000. Selain itu, sediakan modal untuk biaya operasional bulanan apotek selama enam bulan pertama. Bisnis apotek akan berjalan lancar.

Pengembangan Gerai Apotek

Salah satu cara agar apotek laku keras adalah dengan memberikan harga jual obat yang lebih murah dibandingkan kompetitor. Ini merupakan nilai tambah tersendiri. Karena apotik sama dengan kompetitor disekitarnya, sama saja. 

Tidak ada perbedaan yang membuat apotek laris manis dibanding kompetitor. Setelah bisnis apotek dibuka, selanjutnya tugas teman adalah melakukan tips-tips mengembangkan apotek yang meliputi promosi, meningkatkan omset bulanan apotek, dan kemitraan waralaba.

Omset ApotekBulanan

Kedua pendapatan tersebut harus ditingkatkan atau dimaksimalkan agar keuntungan bulanan apotek mini rakyat bisa sangat tinggi.  Dengan membuka usaha apotek di lokasi strategis yang mudah dapat dijangkau banyak orang. 

Memiliki dokter yang berpraktek di apotek dan memiliki beberapa kanvas penjualan yang agresif dan dapat diandalkan dengan orientasi target dan sebagainya. Dan yang tidak boleh dilupakan adalah biaya promosi. 

Cara mempromosikan usaha apotek dapat dilakukan dengan cara seperti membuat brosur yang menarik dan mendistribusikannya ke daerah setempat, membuat kalender yang berisi iklan apotek dan membagikan secara gratis kepada masyarakat sekitar sebagai pangsa pasar.

Juga Sebagai pembuatan spanduk, baliho, neon box, beriklan di radio, koran lokal, leaflet, khitanan massal, melakukan bakti sosial, memasang pamflet, memasang iklan online di facebook dan blog dan olx dan sebagainya. Untuk meningkatkan laba bersih, bisnis apotek dapat dilakukan dengan berbagai cara. Seperti bekerjasama dengan instansi pemerintah, industri kecil dan besar, BUMN, dan lain sebagainya.

Bagaimana Cara Strategi Bisnis Apotek Agar Populer Dan Cepat Terkenal?

Pemilihan Lokasi Harus Strategis

Pemilihan tempat mendirikan usaha Apotekharus strategis karena usaha Apotekharus mudah ditemukan oleh konsumen karena obat merupakan barang yang penting. apabila dalam keadaan yang mendesak dan letak apotek yang kurang strategis serta sulit untuk dicari tempatnya maka akan menimbulkan sesuatu yang tidak diinginkan. Untuk itu bagi anda yang ingin memulai bisnis apotek usahakan dapat mencari tempat usaha yang strategis agar laris dan cepat terkenal.

Pengendalian Ketersediaan Obat

Obat harus selalu stand by dan selalu ada, dengan adanya kontrol ketersediaan obat akan membuat kepercayaan konsumen dan selalu membeli obat di tempat anda. Pengendalian ketersediaan obat juga dapat dilakukan setiap minggu secara rutin, semua ini dilakukan agar obat yang dipesan dan yang mulai habis tidak terpaut terlalu jauh.

Lakukan Permainan Harga 

Jangan selalu ingin mendapatkan keuntungan berlimpah dengan menaikkan harga setinggi mungkin. Ingatlah bahwa salah satu cara keluar dari bisnis bangkrut adalah dengan bermain-main dengan harga jual obat tersebut, begitu pula sebaliknya. Tidak apa-apa jika Anda hanya mendapat untung kecil dari penjualan tiap obat, tapi selalu berjalan dan mendapatkan omzet yang lancar setiap bulannya.

Berikan Promo Khusus

Tak ada salahnya jika sesekali Anda memberikan kejutan berupa promo spesial yang menarik agar konsumen selalu berlangganan apotek Anda. Nyatanya, kebanyakan orang sangat suka dengan yang namanya promo. Demikianlah ulasan tentang biaya modal untuk memulai bisnis usaha apotek semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Biaya Modal Untuk Memulai Bisnis Usaha Apotek "

Iklan Bawah Artikel