Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Cara Menawar Mobil Bekas yang Baik dalam Jual Beli Terbaru 2020

Tips Cara Menawar Mobil Bekas yang Baik dalam Jual Beli Terbaru 2020

Dalam jual beli mobil bekas, tentu kita sering menghadapi proses tawar-menawar baik dengan sang penjual maupun calon pembeli mobil bekas kita. Sebagai seorang penjual, kita harus menawarkan sebaik mungkin agar sang pembeli bisa tertarik untuk membeli dan akhirnya terjadilah proses Deal. Sedangkan sebagai seorang pembeli, kita harus mengetahui banyak hal penting seperti harga pasaran, kondisi mobil, dan lain sebagainya agar kita benar-benar bisa menentukan apakah mobil ini cocok dan sesuai dengan yang kita butuhkan atau tidak.

Jangan sampai setelah melakukan negosiasi panjang akhirnya berujung tidak jadi membeli karena hal itu akan merugikan penjual. Atau justru sebaliknya, sudah deal membeli tetapi setelah dimiliki ternyata tidak sesuai dengan keinginan hati.

Dari sini lah kamu memerlukan keahlian dan keterampilan khusus agar bisa dan mengetahui cara terbaik untuk menawar mobil bekas dalam proses jual beli. Hal ini bertujuan tentunya agar kamu bisa mendapatkan mobil bekas sesuai dengan keinginan hati dan puas dengan transaksi jual belinya. Untuk itu, berikut kami berikan beberapa tips penting sebelum dan saat melakukan transaksi jual beli mobil bekas bagi pembeli yang menawarkan.

Tips Menawar (Negosiasi) Mobil Bekas yang Baik Agar Dapat Harga Murah & Sesuai


1. Ketahui harga pasaran


Hal terpenting yang harus kamu ketahui adalah cari info seputar harga pasaran dari mobil bekas yang ingin kamu beli. Semisal untuk Toyota Avanza dan Xenia bekas 2019-2020, kamu bisa mendapatkannya dalam rentang harga 150 hingga 200 juta Rupiah.

Tidak cukup sampai situ saja, kamu juga harus perhatikan tahun dan letak mobil bekas yang ingin kamu beli. Semakin tua mobil tersebut, biasanya semakin murah juga harganya karena munculnya mobil keluaran tahun lebih muda. Selain itu juga biasanya tiap Provinsi juga memiliki harga yang berbeda, bahkan bisa berbeda hingga 5 juta Rupiah.

Lakukan riset harga pasaran dengan mencari mobil bekas yang sama di tempat jual beli online seperti OLX. Hal ini penting untuk dilakukan agar kamu bisa lebih mudah untuk menawar nantinya.

2. Cek kondisi mobil bekas


Kami kurang menyarankan untuk membeli mobil bekas secara online dan barang dikirim juga secara online, karena kamu tidak mengeceknya secara langsung, tetapi hanya melalui foto saja. Kamu harus mengecek kondisi mobil bekas secara langsung agar bisa melihat detail lecet atau kerusakannya, karena tidak jarang penjual tidak mencantumkan foto kerusakannya demi kenyamanan pembeli.

Kamu juga harus melihat hal hal lainnya seperti kondisi pajak, jenis kerusakan, berapa banyak lecet dan baret, kondisi mesin, transmisi, dan lain sebagainya. Kemudian, lakukan negosiasi dengan si penjual.

3. Lakukan test drive


Kemudian yang ketiga cobalah ajak si penjual untuk melakukan tes mengemudi bareng alias test drive. Hal ini sangat penting kamu lakukan karena kenyamanan dalam mengemudi adalah hal yang paling penting dari penampilannya. Selain itu apabila kamu kurang nyaman saat mengemudikannya, bukan tidak mungkin akan meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan.

Lakukan test drive dengan mengemudikannya sekitar 100 meter atau lebih sedikit, putar-putar dan kendalikan setir mobil, cek lampu sein dan dashboard, posisi spion, dan masih banyak lagi hal lainnya yang mendukung kenyamananmu dalam berkendara.

4. Tentukan pilihanmu


Langkah terakhir adalah tentukan pilihanmu, apakah deal ingin membelinya atau tidak. Bila deal, pastikan ketiga aspek di atas sudah memenuhi dan cocok denganmu, jangan sampai kamu membelinya hanya sekedar keinginan saja bukan kebutuhan dan melalaikan aspek kenyamanan dan keamanan berkendara. Bila tidak jadi membelinya, kamu bisa mencari mobil bekas lain yang sesuai dengan keinginan hati.

Sekian tips dan trik terbaik buatmu supaya bisa mengetahui cara menawar mobil bekas yang baik dalam jual beli mobil bekas 2020, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Tips Cara Menawar Mobil Bekas yang Baik dalam Jual Beli Terbaru 2020"

Iklan Bawah Artikel