Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memulai Bisnis Online Agar Dapat Bersaing

Cara Agar Bisnis Online Dapat Bersaing Dengan Bisnis Lainya

Memulai bisnis online dan dapat bersaing, bukanlah hal yang mudah saat ini, diperlukan cara-cara baru untuk membangun strategi agar dapat bersaing dengan bisnis yanh lain.

Hal ini disebabkan dengan hadirnya ecommerce-ecommerce raksasa seperti Lazada, Blibli, Bhineka dan lainnya bisnis lainya

Cara agar bisnis online anda dapat bersaing dengan sempurna


Terlepas dari ukuran bisnis Anda maka itu semua sangat penting untuk memahami kekuatan dan kelemahan pesaing terdekat Anda secara online.

Terutama karena hasil penelitian menunjukkan bahwa 45% pengguna internet di Indonesia menggunakan internet untuk melakukan pembelian , kehadiran online bisnis lebih berharga daripada sebelumnya karna di zaman yang sudah moderen yang seperti ini.

Kalau Anda belum tahu siapa pesaing bisnis lokal Anda di sekitar maupun di jauhan sana, Anda dapat melakukan pencarian untuk produk atau layanan Anda sendiri di daerah Anda untuk melihat bisnis apa yang muncul di hasil pencarian di sekitar anda.memeriksa daftar lokal, atau bahkan bertanya kepada teman dan keluarga jika mereka tahu bisnis terdekat lainnya yang serupa dengan bisnis Anda.

Kemudian, setelah Anda menentukan siapa pesaing utama Anda, berikut adalah beberapa tempat yang dapat Anda periksa untuk mengukur efektivitasnya secara online.

Situs web

Situs web pesaing Anda adalah tempat yang baik untuk memulai ketika menilai keberadaan web mereka.yang jangkaunganya sudah menyebar luas

hal ini pasti akan memberi tahu Anda banyak hal tentang mereka, seperti beberapa kata kunci dan frasa yang mereka gunakan untuk mengoptimalkan salinan situs web mereka untuk pencarian, proposisi nilai utama mereka atau pesan utama, produk atau layanan unggulan mereka, dan target pasar mereka yang sudah di terapkan setiap harinya.

Ini tidak hanya membantu Anda memahami lebih banyak tentang persaingan bisnis Anda dan apa yang membedakan Anda, tetapi juga dapat membantu Anda membandingkan upaya pemasaran online Anda.


  • Apakah mudah untuk mengidentifikasi apa yang mereka lakukan dalam beberapa detik pertama?
  • Produk atau layanan apa yang mereka tawarkan?
  • Bagaimana mereka mirip dengan Anda, dan bagaimana mereka berbeda?
  • Apakah mereka mempromosikan diri mereka lebih efektif daripada Anda?
  • Apakah produk mereka lebih istimewa di banding produk anda.Anda harus tau hal itu semua.


Memahami faktor-faktor kunci ini dapat membantu Anda mengembangkan rencana pemasaran yang akan membantu Anda membawa pelanggan ke bisnis Anda, bukan mereka.

Mesin pencari

Mengukur penempatan pesaing Anda di mesin pencari tidak selalu mudah, terutama karena algoritme terus berubah.

Namun, ini dapat membantu strategi iklan penelusuran Anda sendiri untuk melihat hasil dari taktik pencarian organik dan berbayar pesaing Anda.

Perlu diingat, yang terbaik adalah melakukan pencarian di browser pribadi sehingga mesin pencari tidak akan memperhitungkan riwayat penjelajahan Anda dan Anda akan melihat hasil yang lebih umum.

Berikut adalah beberapa hal yang harus dicari:


Ruang Rak

Cari nama bisnis pesaing secara daring untuk melihat seberapa banyak "ruang penyimpanan" - atau tautan pada halaman hasil pencarian - milik mereka, dan jenis konten apa yang ditampilkan, seperti situs web, blog, video, ulasan, dan bahkan iklan teks. Ingat daftar lokal, situs media sosial, dan situs konten mana yang ditampilkan dan bandingkan dengan yang muncul saat Anda mencari nama bisnis Anda sendiri.


Iklan PPC

Untuk melihat apa yang mungkin dilakukan pesaing Anda dalam iklan pencarian berbayar, mulailah dengan mengidentifikasi daftar 5-10 kata kunci lokal teratas dan mencarinya di mesin pencari teratas seperti Google dan Bing. Jika pesaing Anda juga menawar nama bisnis mereka sendiri dalam iklan pencarian, kemungkinan iklan pencarian berbayar mereka akan ditampilkan di bagian yang disponsori dari hasil pencarian ketika Anda mencari nama mereka juga. Penawaran pada nama bisnis Anda adalah cara yang hemat biaya untuk membuat merek Anda muncul di halaman hasil mesin pencari dengan cepat.


Kinerja Organik

Lihat juga daftar organik saat Anda mencari kata kunci lokal tersebut, serta kata kunci yang Anda optimalkan untuk situs Anda sendiri. Di mana pesaing Anda muncul dibandingkan dengan Anda? Jenis konten apa yang ditampilkan - apakah itu hanya situs mereka, atau apakah konten lain dan situs sosial muncul juga?


Ulasan & Daftar Lokal

Catat reputasi bisbis online pesaing Anda dengan melihat ulasan mereka secara online tentang topik . Anda dapat memeriksa situs ulasan seperti Google Bisnisku, Yelp, Citysearch, atau situs industri-spesifik dan melihat bagaimana peringkat mereka dibandingkan dengan Anda dan jika situs tersebut dioptimalkan untuk pencarian.

Selain itu juga anda harus , lakukan pencarian untuk istilah reputasi pesaing Anda bisnis online anda, seperti "Ulasan Nama Bisnis" di mesin pencari dan lihat apa yang muncul. Apakah pesaing terbesar Anda memiliki lebih banyak ulasan daripada Anda? Apakah reputasi mereka secara keseluruhan positif atau negatif?

Apa pun itu, Anda mungkin ingin mulai berfokus pada reputasi daring Anda , sehingga ketika seorang konsumen meneliti Anda dan pesaing, reputasi Anda yang bersinar dapat berbicara untuk Anda secara daring.

Situs Media Sosial

Tempat lain yang Anda ingin mengaudit pesaing Anda secara daring adalah di media sosial.

Mulailah dengan mencari halaman Facebook, profil Twitter, dan halaman Instagram mereka. Apakah halaman-halaman ini dibuat dan dioptimalkan?

Jika demikian, jenis foto profil apa dan informasi "tentang" yang mereka gunakan untuk mewakili merek mereka? Selain itu, lihat berapa banyak penggemar yang mereka miliki, seberapa sering mereka memposting di setiap jejaring sosial, dan jenis konten apa yang mereka bagikan .

Penting untuk mengetahui jenis pesan yang dibagikan dan seberapa sering Anda dapat menentukan apa yang paling efektif untuk jenis bisnis Anda. Anda juga dapat menggunakan informasi ini untuk membuat pesan unik untuk penggemar sosial Anda yang akan membedakan Anda dari pesaing bisnis Anda.

Situs Konten

Situs konten seperti blog perusahaan atau saluran YouTube juga merupakan cara utama bisnis dapat meningkatkan SEO dan keterlibatan online.

Lihat yang mana dari situs-situs ini yang telah dibuat pesaing Anda dan yang mereka gunakan untuk keuntungan mereka.

Jenis-jenis blog atau gambar, infografis, atau video apa yang mereka bagikan?Apakah mereka semua menggunakan deskripsi lebgkap dan akurat yang relevan dan tag kaya kata kunci?anda harus pahami itu semua.

Karena jenis konten ini dapat berkinerja baik di mesin pencari dan memberikan backlink ke situs web bisnis, melihat situs mana yang cocok untuk pesaing Anda dapat membantu Anda menentukan jenis situs yang Anda inginkan juga hadir.

Sekarang setelah Anda memiliki gagasan yang baik tentang keberadaan web pesaing Anda, Anda dapat mempertimbangkan informasi ini untuk membangun strategi online Anda sendiri.

Taktik apa yang bekerja dengan baik untuk mereka yang dapat Anda coba di pemasaran Anda sendiri? Apa yang Anda lakukan lebih efisien daripada pesaing Anda yang dapat Anda fokuskan untuk memberikan dorongan kehadiran online Anda?

Posting Komentar untuk "Cara Memulai Bisnis Online Agar Dapat Bersaing"

Iklan Bawah Artikel