Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil

Seorang ibu rumah tangga pada umumnya memiliki tanggung jawab untuk mengurus keluarga, terlebih lagi jika sudah memiliki momongan dan anak. Namun, sebagai Ibu Rumah Tangga juga harus siap menyikapi kondisi perekonomian keluarga yang sulit. Menjalankan usaha rumahan merupakan diantara solusi terbaik yang dapat dilakukan daripada berdiam diri tidak melakukan apapun.


Jika modal menjadi hambatan untuk menjalankan bisnis, tak perlu merasa kuatir karena masih ada banyak peluang usaha Ibu Rumah Tangga dengan modal kecil yang menjanjikan keuntungan besar yang dapat dilihat di artikel ini. Selain itu juga tak menyita banyak waktu. Jadi, tidak akan menggangu tanggung jawab sebagai ibu rumah tangga.

1. Penulis artikel/content writter 

Peluang usaha rumahan yang satu ini cukup menjanjikan di masa sekarang dan yang akan datang mengingat pertumbuhan dunia digital kian pesat. Kemudahan dalam mencari konten yang bersifat inspirasi dan informatif sangat dibutuhkan oleh masyarakat sekarang.

Tentunya banyak pemilik situs lama atau baru muncul kemarin sedang berlomba - lomba menciptakan konten artikel yang berkualitas. Inilah kesempatan emas yang dapat diambil sebagai ibu rumah tangga yakni menjadi seorang penulis artikel online.

Hanya saja, bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga yang satu ini membutuhkan seperangkat laptop/laptop mini dan koneksi jaringan internet yang akan dipergunakan untuk menjalin komunikasi dengan Customer, Rp 50.000,- per bulan sudah cukup untuk membeli paket data.

Yang tak kalah pentingnya yakni tulisan yang dibuat harus unik, nyaman di baca dan dapat menulis berdasarkan kata kunci yang dipesan oleh Customer. Tak perlu kuatir datangnya pelanggan dari mana, tawarkan saja jasa penulis artikel tersebut ke beberapa situs ternama, situs freelance, atau ke banyak forum diskusi Blogger.

2. Usaha makanan ringan

Jangan salah, usaha rumahan bagi ibu rumah tangga ini juga dapat mendatangkan keuntungan besar jika dijalani dengan penuh ketekunan. Hanya saja kurang begitu cocok jika dilakukan bagi seorang ibu rumah tangga yang baru saja memiliki momongan di usia belia. Karena kemungkinan akan menghabiskan sedikit banyak waktu.

Namun masih bisa di siasati. Bunda di rumah tak perlu mengolah bahan mentah menjadi bahan jadi dari awal. Bunda cukup membeli produk bahan setengah jadi, kemudian dikemas semenarik mungkin dan menjualnya kepada teman, keluarga, media sosial ataupun marketplace.

Sebagai contoh, bunda dapat membeli keripik pisang atau makaroni secara grosiran. Selanjutnya keripik pisang dan makaroni tersebut dapat diberikan beraneka ragam bumbu perasa dan dikemas semenarik mungkin untuk memikat hati pembeli. 

Modal awal yang dibutuhkan kira - kira 1 juta rupiah, mulai dari pembelian bahan setengah jadi, menyiapkan kemasan label dan sebagainya.

3. Youtuber mom's

Tahu ga sih bunda, diluar sana ada banyak sekali pasangan muda yang mencari referensi bagaimana cara mengasuh anak, memandikan dan merawat bayi dan sebagainya. Hal ini bisa jadi kesempatan emas jika bunda memiliki pengalaman sebagai seorang Ibu. 

Bunda dapat menyampaikan beragam macam tips yang dikemas dalam konten video semenarik mungkin, kemudian di upload ke channel youtube pribadi.Tidak bermaksud mengekploitasikan anak, namun hal ini sifatnya memberikan edukasi bagi mereka yang sedang mencari informasi. Tentu saja ini bersifat pendidikan kepada siapa saja terutama kepada pasangan muda.

Bukan itu saja, jika bunda memiliki suara yang bagus maka tak ada salahnya membuat konten cover lagu juga bisa.

Modal yang dibutuhkan hanyalah smartphone untuk membuat video dan laptop untuk mengedit video. Tak perlu membutuhkan kealian khusus dalam editing video, jika konten yang dibuat syarat akan makna maka akan ada banyak orang yang menonton video yang bunda buat nantinya.

Hanya saja hasilnya tak dapat dirasakan secara langsung jika ingin menjadi youtuber mom's. Bunda harus memenuhi persyaratan untuk menjadi mitra youtube. Jika sungguh-sungguh, waktu 6-7 bulan sudah terlihat hasilnya sedikit demi sedikit.

4. Jasa menjahit pakaian

Selanjutnya, peluang usaha ibu rumah tangga berupa jasa menjahit pakaian juga masih terbuka lebar. Jika bunda memiliki keahlian dibidang menjahit, maka tak ada salahnya mencoba melakukannya. Dipastikan ada banyak orang yang membutuhkan jasa tersebut.

Awali saja dari lingkungan rumah terdekat. Yang terpenting adalah memiliki mesin jahit digital terlebih dahulu. Harga di bawah 2 juta juga ada, bunda sudah mendapatkan mesin jahit portable yang baik. Jika terkendala modal pembelian kain tak usah dikuatirkan. 

Terapkan saja sistem order lakukan pembayaran terlebih dahulu barulah pesanan dikerjakan. Selain itu, bunda juga dapat membuka jasa lainnya seperti permak pakaian, mengecilkan dan membesarkan ukuran pakaian dan sebagainya.

5. Bisnis dropshipper

Dunia online memang memberikan banyak kemudahan yang dapat kita lakukan. Salah satu alternatif usaha ibu rumah tangga yang menjanjikan hingga saat ini dan di masa mendatang yakni dengan menjadi seorang dropshipper.

Pada intinya, dropshipper tak memerlukan penyediaan barang terlebih dahulu dengan membeli produk yang ingin dijual. Sehingga, ada yang mengatakan bisnis ini tanpa perlu modal sedikitpun. Walaupun tak begitu kenyataannya. Yang diperlukan hanyalah seperangkat smartphone atau laptop dan paket data internet.

Jadi, ketika ada orang lain yang memesan suatu produk ke bunda nantinya bunda tinggal meneruskan ke pemilik produk aslinya. Keuntungannya, atas nama pengirim produk dapat menggunakan nama kita sendiri atau toko milik kita sendiri. Ada banyak produk yang dapat dipilih, misalnya saja baju gamis, hijab dan sebagainya.

Adapun sistem kerjanya, bunda cukup mencari referensi produsen yang menjual produk tertentu. Jika memungkinkan carilah produsen tersebut tak jauh dari tempat tinggal atau masih dalam satu wilayah agar komunikasi dapat berjalan cepat. Kemudian, tanyakan kepada mereka apakah memberlakukan sistem drophip. Jika iya, maka lanjutkan.

6. Jasa titip oleh - oleh dan sebagainya

Belum banyak orang yang menjalankan bisnis rumahan yang satu ini. Hal itu dikarenakan ketidaktahuan akan melihat sebuah peluang yang sedang dibutuhkan oleh masyarakat kekinian saat ini. Banyak orang terkadang terlalu sibuk melakukan aktivitas sehingga tak memiliki banyak waktu untuk bepergian dalam jangka waktu lama.

Kondisi tersebut bisa jadi peluang usaha ibu rumah tangga yang punya anak kecil karena tak menghabiskan banyak waktu. Namun, untuk menjalankan bisnis ini dibutuhkan sebuah popularitas tinggi dan aktif di sosial media. Membangun tingkat kepercayaan adalah modal awal selain menyiapkan akun sosial media dengan jumlah follower ribuan.

Jika tidak begitu populer di sosial media, misalnya bunda dapat membeli akun instagram terlebih dahulu yang memiliki banyak follower kemudian merubah nama penggunanya. Kemudian tentukan jasa penitipan yang ingin ditawarkan seperti cake, oleh - oleh, tas, pakaian dan sebagainya. Kemudian, pelajari teknik marketing yang baik.

7. Menjual assesories dan survenir

Menjual beragam assesories dan souvenir adalah peluang usaha rumahan bagi ibu rumah tangga yang menjanjikan jika dijalani dengan penuh ketekunan. Ada banyak produk yang dapat ditawarkan, misalnya saja anting - anting, gelang, cincin, tas mini, kalung dan sebagainya.

Jika produk yang dijual bersifat unik, tentunya ada banyak calon pembeli dari kalangan anak - anak, remaja hingga orang tua. Namun, utamakan calon pembeli berada dikalangan wanita. Karena pada umumnya, wanita lebih mementingan sisi penampilan untuk gaya. 

Selain itu, bunda juga dapat menargetkan kalangan pasangan muda. Tentu saja mereka membutuhkan sourvenir unik untuk diberikan kepada para tamu undangan seperti kipas anyaman, gantungan kunci dan sebagainya.

Modal yang dibutuhkan ada dikisaran 500 ribu rupiah - 1,5 juta rupiah untuk membeli beragam pernak pernik sourvenir secara grosir. Untuk menarik daya beli, coba kombinasikan atau bungkus semenarik mungkin. Selanjutnya tawarkan saja kepada teman, kerabat, media sosial dan perjual belikan di marketplace.

Jika ingin mencari referensi tulisan artikel bisnis lainnya, kunjungi saja situs aogla media. Pada situs ini menyajikan beragam konten yang penuh dengan informasi, inspirasi dan motivasi. Jangan lupa juga untuk membaca artikel menarik lainnya di situs ini.

Itulah beberapa rekomendasi peluang usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang dapat dilakukan dengan modal kecil. Sesuaikan saja dengan kondisi bunda saat ini lebih cocok menjalankan bisnis dibidang apa, tentukan saja dari beberapa pilihan di atas. 

Posting Komentar untuk "7 Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil"

Iklan Bawah Artikel