Cara Membahagiakan Diri Sendiri

Cara Membahagiakan Diri Sendiri
Cara Membahagiakan Diri Sendiri
Emang kebanyakan di dunia ini tidak bangga pada diri nya sendiri ? Apasih kak cara agar kita itu mampu atau bisa membanggakan diri sendiri tanpa malu ? Kak aku sering banget dihina dan dijatuhkan oleh orang lain karena mereka tidak senang dengan keberadaan diri saya, itu gimana sih caranya agar saya tetap bisa dan selalu membanggakan diri ku sendiri ? TENANG GUYS ! Semua itu akan terjawab di artikel ini. Nah jadi yang perlu kalian lakukan simak dan baca artikel ini sampai habis ya untuk mengetahui semua jawaban dari pertanyaan kalian itu. So, yuk dibaca !Kadang memang lebih mudah untuk bisa mencintai orang lain daripada mencintai diri sendiri. Banyak hal yang bisa membuat kita merasa tidak suka dengan kondisi kita saat ini. Misalnya perut yang membuncit, tampak makin tua, karier mentok, tak punya uang, hingga hal-hal lainnya yang membuat hidup terasa gagal.
Padahal, memiliki hubungan yang baik dengan diri sendiri sama pentingnya dengan menjalin hubungan dengan orang lain. Bahkan mungkin jauh lebih penting lagi. Jadi, mulailah belajar mencintai diri sendiri. Mencintai diri sendiri di sini bukan berarti menjadi orang yang narsisistik. Mencintai diri sendiri apa adanya berarti dapat menerima segala kelebihan tanpa merasa tinggi hati, namun di sisi lain juga berlapang dada untuk merangkul semua kekurangan tanpa ditutupi. Sederhananya, mencintai diri sendiri haruslah sepenuh hati dan tanpa syarat.
Mencintai diri sendiri setulus hati membebaskan kita dari beban sosial. Dengan mencintai diri sendiri, kita belajar untuk memahami diri dan terus bersyukur dengan apa yang sudah kita miliki. Kita tidak dituntut untuk fokus pada masalah orang lain. Kita juga tidak akan disibukkan untuk membandingkan diri dengan kehidupan orang lain, sehingga akan punya lebih banyak waktu untuk mengurus diri sendiri menjadi lebih baik lagi.Pada akhirnya ketika sudah merasa nyaman dengan diri sendiri, orang-orang di sekitar kita pun ikut merasakan hal yang sama. Mereka akan nyaman berada di dekat kita, karena kita memancarkan energi positif dari dalam diri. Menurut Stephanie Kang, seorang psikolog dari PsychCentral, menjalin hubungan dengan diri sendiri adalah hal yang paling penting di muka bumi ini.
Sederhananya, memiliki hubungan yang baik dengan diri sendiri akan membantu kita menjalin hubungan yang harmonis dengan orang lain, sekaligus menjadi langkah awal kesuksesan dalam hidup. Tidak usah muluk-muluk untuk belajar mencintai diri sendiri. Namun memang, untuk memulainya kita harus lebih dulu mengenal siapa kita sebenarnya secara mendalam — seperti apa sikap, karakteristik, kebutuhan, keinginan, hingga apa yang kita suka dan tidak suka.
Menjadi bahagia adalah hak Anda. Tak perlu menunggu perasaan menyenangkan ini didatangkan oleh pihak lain. Anda bisa menciptakan rasa bahagia untuk diri sendiri. Hilangkan energi negatif dari dalam diri dengan menjalani sembilan strategi.
Anda bisa membahagiakan diri sendiri dengan strategi yang disarikan SELF dari buku The Nine Rooms of Happiness: Loving Yourself, Finding Your Purpose and Getting Over Life's Imperfections, karangan Lucy Danziger and Catherine Birndorf, MD.
  1. Filter Diri
Boleh jadi masa kecil atau masa remaja Anda begitu membahagiakan. Kehangatan keluarga ataupun berbagai hubungan atau peristiwa di masa lalu membuat Anda merindu masa lalu. Jika perlu Anda kembali ke masa-masa itu, karena cenderung tak menyukai keadaan saat ini.  Keinginan seperti ini wajar saja muncul. Freud menyebutnya screen memories yakni bahwa kita cenderung melakukan filter atas hidup kita melalui berbagai memori di masa lalu. Berhentilah memikirkan masa lalu. Hiduplah untuk masa sekarang. Hidup Anda adalah saat ini bukan masa lalu, camkan itu agar Anda lebih bahagia.
  1. Refleksi Diri
Berkacalah, lihat diri Anda lebih dalam. Kenali seperti apa Anda saat ini. Minta juga pendapat orang-orang terpercaya di kehidupan Anda, tentang diri Anda. Apa yang mereka pikirkan dan rasakan, Refleksi diri mengajarkan Anda untuk mengikuti intuisi, dan bahkan mengasahnya. Kenali diri Anda dengan jujur. Kuncinya, ambil pesan positif dari diri Anda dan dari opini orang lain tentang Anda.
  1. Berani Berubah
Jika Anda tak menemukan bahagia dengan hubungan saat ini, atau berbagai hal seputar kehidupan Anda, pekerjaan atau apa pun juga. Buatlah perubahan pada diri sendiri atau isu yang ingin Anda ubah. Jika isu menyangkut hubungan yang tak menyenangkan, cari solusinya dari diri sendiri dan hubungan tersebut. Lakukan penyesuaian, tingkatkan toleransi, perbaiki hubungan atau tinggalkan hubungan jika terasa sudah semakin tak sehat. Yang bisa Anda lakukan adalah tindakan mengubah diri sendiri dan hubungan tersebut. Artinya, Anda tak bisa membuat orang lain (dalam hubungan tersebut) berubah mengikuti cara dan keinginan Anda. Kuncinya, kebahagiaan akan Anda rasakan dengan melakukan perubahan untuk diri sendiri bukan mengubah orang lain.
  1. Membangun Hubungan, bukan Menyatukan
Anda tentu sering mendengar, keberadaan Anda atau orang lain yang dikasihi, adalah saling melengkapi. Anda sebenarnya sudah lengkap, utuh sebagai seorang individu. Anda tak perlu dilengkapi oleh orang lain. Yang terjadi adalah, Anda dan orang lain yang menjalin hubungan, bisa kekasih, suami, sahabat, bertugas saling membangun hubungan. Tujuannya bukan saling melengkapi atau menyatukan perbedaan. Ibarat lingkaran, Anda dan orang lain adalah lingkaran utuh yang bertemu dan membentuk diagram ven. Anda dan suami misalnya, bukan menyatukan dua individu berbeda, namun saling membangun hubungan yang sifatnya tumpang tindih. Karakter Anda dan pasangan bisa saja saling bertabrakan, namun temukan kebahagiaan dari perbedaan ini dengan saling menghubungkan. Kuncinya, Anda dan orang lain yang membangun hubungan perlu saling menambal sulam, bukan saling melengkapi atau menyatukan. Apa pun masalah yang Anda hadapi, dengan menerapkan cara ini, Anda akan merasa lebih bahagia karena mampu menerima kondisi dan mengatasinya dengan energi positif dari dalam diri.
  1. Hentikan dan Kurangi Narsisme
Menjadikan diri sendiri sebagai pusat perhatian bisa diartikan negatif dan positif. Persepsi Anda terhadap diri sendiri tak sepenuhnya selalu benar. Terlalu percaya diri berlebihan dan berbangga dengan diri sendiri tak memudahkan Anda dalam menjalin hubungan, dengan siapa pun. Termasuk juga jika Anda terlalu keras terhadap diri sendiri. Dengan mengasihani diri, mengkritik diri sendiri atau hanya melihat kelemahan dalam diri. Emosi negatif yang berfokus pada diri sendiri ini juga tak lantas memudahkan hubungan dengan orang lain. Segeralah keluar dari perangkap narsisme negatif dan positif yang berlebihan, jika Anda benar-benar ingin merasakan kebahagiaan sebagai individu.
  1. Berdamai Dengan Diri Sendiri
Cobalah untuk memahami perbedaan, konflik atau berbagai ketidaknyamanan lain dalam berbagai relasi sosial dan lingkungan. Berdamailah dengan diri sendiri saat menghadapi masalah, konflik atau masa sulit. Toleransi adalah sikap yang bisa dipelajari. Latihlah sikap ini dan jangan pernah membiarkan konflik atau ketidaksepahaman berdampak buruk pada diri Anda. Buatlah diri Anda bahagia dengan mentoleransi masalah, menerimanya sebagai bagian perjalanan hidup yang harus Anda alami. Upayakan agar Anda tak menjadi lemah karena berbagai masalah.
  1. Tak Perlu Bersandiwara
Bersikaplah jujur tanpa perlu bersandiwara. Jika Anda tak bisa menghadiri undangan pernikahan sahabat Anda, katakan alasan sejujurnya. Tak perlu mengarang cerita karena merasa tak enak menyampaikan berita tak menyenangkan tersebut. Atau Anda tak perlu berpura-pura tak ada masalah dengan teman padahal Anda menyimpan amarah. Yang akhirnya membuat Anda kerap kali membatalkan janji atau merancang rencana palsu, untuk menghindar darinya. Sandiwara sangat mungkin terjadi kapan saja dan selalu ada celah untuk melakukannya dalam kehidupan Anda. Terutama ketika Anda dihadapkan pada situasi yang berhubungan dengan atasan, orang tua, kakak atau siapa pun yang lebih punya kuasa atas diri Anda.
  1. Buatlah Keputusan
Apa pun masalah yang Anda hadapi, buatlah keputusan untuk mengakhiri ketidakpastian dan menciptakan kebahagiaan. Anda berhak menunda keputusan yang juga adalah pilihan keputusan. Atau Anda bisa membuat pilihan untuk menyatakan sikap dan melanjutkan kembali perjalanan Anda. Selalu ada dua pilihan dalam hidup bukan? tentukanlah pilihan, menjalani apa yang ada sekarang ini atau berkembang dengan membuat keputusan yang membuat keadaan menjadi berbeda.
Nah itu guys saran dari The Nine Rooms of Happiness: Loving Yourself, Finding Your Purpose and Getting Over Life's Imperfections, karangan Lucy Danziger and Catherine Birndorf, MD. mengenai cara membahagiakan diri sendiri terlebih dahulu, dilakukan ya guys agar hasilnya itu maksimal dan terasa dalam diri kita sendiri.
Nah ada juga nih guys saran dari saya pribadi mengenai cara yang dilakukan agar hidup kita bahagia. So, langsung baca sampai habis ya.
  1. Ada kata bijak mengatakan: ”A Thousand Miles Of A Journey, Begin With One Step” yang artinya, sejauh apa pun keinginan kita untuk berjalan, selalu harus diawali dengan langkah pertama. Dalam hal ini, langkah pertama itu adalah: ”Mengubah berpikir”. Mengubah persepsi yang keliru selama ini, bahwa kebahagiaan tidak dapat dicari, tetapi diciptakan di dalam diri sendiri. Dengan mengubah persepsi, maka sikap mental pun berubah ,yang mana secara langsung ataupun tidak akan mempengaruhi perilaku kita.
  1. Silakan mengejar cita cita hidup, setinggi langit, namun tetap menyukuri apa yang sudah ada. Rasa syukur adalah benih kebahagiaan sejati. Tanpa rasa syukur, takkan pernah akan hadir kebahagiaan.
  1. Jangan pernah membandingkan sukses kita dengan orang lain, karena akan mengurangi rasa syukur dan sekaligus meredupkan kebahagiaan diri. Karena apa yang kita peroleh dari hasil kerja keras selama bertahun tahun, mungkin bagi orang lain, bisa diperoleh dalam waktu hanya dalam sehari.
  1. Always Be Yourself. Menjadikan tokoh masyarakat sebagai panutan, adalah sangat wajar. Karena dari contoh teladan yang diberikan oleh para pendahulu kita, akan mampu menginspirasi dan memotivasi diri, menjadi manusia yang tahu memaknai arti sebuah kebahagiaan. Namun, jangan pernah ingin menjadi diri orang lain, karena bila kita ingin menjadi diri orang lain, maka pada saat itu sadar ataupun tidak, kita sudah melecehkan atau mengerdilkan diri sendiri.
  1. Belajar dari pengalaman hidup sendiri dan belajar juga dari pengalaman hidup orang lain, agar kita semakin memahami arti dan makna sebuah kearifan hidup. Bahwa sesungguhnya bila kita bisa memberi sesuatu pada orang lain, maka disanalah nilai keindahan hidup, sudah menjadi milik kita. Yang pada hakikatnya menuntun langkah kita, untuk memahami bahwa: ”Keindahan hidup itu, tidak tergantung seberapa besar kebahagiaan yang kita miliki, tetapi seberapa banyaknya orang yang bisa kita bahagiakan di sepanjang perjalanan hidup kita.
  1. Langkah ini, akan menuntun kita, menjadi manusia yang tahu akan tujuan hidup yang hendak dicapai. Serta mampu memaknai, bahwa hidup itu ibarat sekeping mata uang, yang selalu memiliki dua sisi, yakni ada suka dan ada duka. Siapa pun kita yang mau tetap menjalani hidup, harus mau menerima kepingan hidup ini secara utuh. Kita tidak mungkin memilih hanya yang kita sukai.
  1. Setiap matahari terbit dan kita masih bisa bangun, adalah hari ulang tahun kita, yang patut diawali dengan rasa syukur, bahwa kita masih hidup. Saya selalu teringat pesan moral yang disampaikan oleh seorang pengamen di Alaska: ”Who Ever You Are Enjoy Your Life, Celebrate Your Life “
Nah itu guys saran dari saya dan menurut pendapat buku The Nine Rooms of Happiness: Loving Yourself, Finding Your Purpose and Getting Over Life's Imperfections, karangan Lucy Danziger and Catherine Birndorf, MD.
Semoga bermanfaat, dan jangan lupa lakukanlah saran yang diatas dimanapun kalian berada, agar kalian lebih bisa membahagiakan diri Anda sendiri tanpa harus malu kepada orang lain yang tak ada peran dan ikut andil dalam hidup Anda. Anda hanya perlu menghiraukan nya saja tanpa harus diambil ke dalam hati.

0 Response to "Cara Membahagiakan Diri Sendiri "

Post a Comment

Silakan berkomentar di kesehatanp1.blogspot.com Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar yang melanggar peraturan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel