Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Begadang Agar Tetap Sehat dan Bugar

Tipst begadang tetap sehat


Beberapa kondisi mengharuskan seseorang terjaga semalaman. Baik itu belajar, mengerjakan tugas, atau tuntutan pekerjaan (lembur). Aktivitas seperti ini sering disebut dengan begadang.
Seperti yang kita ketahui, begadang merupakan kegiatan yang kurang baik bagi kesehatan. Begadang juga bisa menjadi pemicu dari berbagai macam penyakit.

Karena itu, sebisa mungkin hindari aktivitas begadang. Jika anda terpaksa harus terjaga semalaman, berikut beberapa Tips Begadang Agar Tetap Sehat dan Bugar.

1. Makan Makanan Bergizi


Saat begadang, pastikan anda mendapatkan asupan gizi yang cukup. Gizi tersebut bisa didapat dari makanan yang dikonsumsi. Saat begadang, hindari makanan cepat saji atau junk food. Sebaliknya, perbanyak mengkonsumsi makanan seperti buah dan sayur. Disarankan juga untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi protein, karena dapat memberikan tambahan energi saat begadang semalaman.

2. Aktif Bergerak


Tips begadang agar tetap sehat selanjutnya adalah dengan aktif bergerak. Dikutip dari sebuah sumber, jalan-jalan sekitar 10 menit dapat membantu meningkatkan energi untuk dua jam. Tentu hal ini akan sangat membantu, mengingat saat begadang kita membutuhkan energi ekstra.
Selain itu, saat anda aktif bergerak dan menggunakan energi fisik, maka tubuh akan mengirim sinyal ke otak dan mengingatkan agar tetap fokus.

Anda bisa berjalan santai selama beberapa menit, atau melakukan peregangan agar otot tidak kaku. Sempatkan waktu untuk aktif bergerak saat begadang.

3. Hindari Minuman Penambah Energi


Minuman penambah energi yang bersifat stimulan memang menjadi pilihan terbaik saat begadang. Minuman tersebut dapat menjadi pembangkit stamina, sekaligus mengurangi lelah. Namun, mengkonsumsi minuman penambah energi sangat tidak disarankan. Hal ini dikarenakan, malam hari adalah waktu dimana tubuh melakukan proses pengeluaran racun (detoksifikasi).
Mengkonsumsi minuman penambah energi dapat membebani kerja ginjal. Di beberapa kondisi, hal ini juga bisa memicu gangguan kesehatan.


4. Usahakan Begadang Di Ruangan Yang Terang


Kondisi ruangan juga dapat memberi pengaruh pada tubuh saat anda begadang. Ruangan dengan cahaya yang terang dapat memanipulasi tubuh agar mengira belum saatnya tidur. Karena itu, saat begadang usahakan agar berada di ruangan yang cukup cahaya. Jika memungkinkan, kondisikan agar mendapat cahaya yang terang. Hal ini dapat membantu anda agar tetap kuat begadang.

5. Vitamin


Jika diperlukan, tidak ada salahnya anda mengkonsumsi vitamin saat sedang begadang. Vitamin dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Anda bisa mengkonsumsi vitamin C atau vitamin D. Tetapi perlu diingat, bagi anda yang mengidap penyakit tertentu, atau sedang dalam masa pengobatan, pastikan untuk berkosultasi terlebih dahulu dengan dokter terkait.


6. Atur Suhu Ruangan


Selain cahaya, suhu ruangan juga bisa mempengaruhi aktivitas begadang anda. Suhu ruangan terbaik untuk tidur biasanya diantara 18-20° C. Saat begadang, cobalah untuk mengatur suhu diantara 23-25° C. Suhu yang tidak terlalu dingin atau terlalu panasz akan membuat tubuh tetap fokus dan waspada.


7. Tidur Sebelum Begadang


Tidur sebelum begadang menjadi salah satu solusi ampuh agar tetap terjaga semalaman. Anda bisa tidur selama 15-20 menit di siang hari, agar mendapatkan energi ekstra untuk begadang.

Aktivitas begadang memang sah saja untuk dilakukan, terlebih jika itu merupakan tuntutan pekerjaan atau tugas yang belum terselesaikan. Tetapi, pastikan agar selalu menjaga kesehatan, dan jangan jadikan begadang sebagai rutinitas harian.



Demikian postingan mengenai Tips Begadang Agar Tetap Sehat, mohon maaf jika terdapat kesalahan, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Tips Begadang Agar Tetap Sehat dan Bugar"

Iklan Bawah Artikel