Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Jahe atau dalam bahasa ilmiah disebut Zingiber officinale merupakan salah satu tanaman obat paling banyak ditemui. Di Indonesia sendiri, jahe biasanya ditanam di pekarangan rumah atau kebun di sekitar permukiman. Sejak zaman dahulu, leluhur kita telah menggunakan jahe sebagai bahan pengobatan berbagai penyakit.
Secara umum, terdapat tiga jenis jahe. Yakni jahe emprit, jahe gajah, dan jahe merah. Sesuai namanya, jahe merah sendiri berwarna merah dan sering digunakan sebagai media pengobatan. Berbeda dengan jahe emprit dan jahe gajah, yang lebih sering digunakan untuk bumbu dapur.
Selain itu, jahe merah juga memiliki kandungan minyak atsiri yang lebih besar, dibandingkan jenis lain. Dari segi rasa, jahe merah juga cenderung lebih pedas.
Lalu, apa manfaat jahe merah untuk kesehatan? Berikut informasinya.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti yang kita ketahui, jantung merupakan salah satu organ paling vital pada tubuh manusia. Perlu diketahui, pada umumnya penyakit jantung disebabkan kandungan kolesterol dan trigliserida yang tinggi. Jahe merah sendiri dapat membantu mengurangi kandungan trigliserida dan kolesterol dalam tubuh, sekaligus membuat kesehatan jantung tetap terjaga.

2. Menjaga Berat Badan Agar Tetap Stabil

Salah satu masalah kesehatan yang paling sering ditemui adalah kelebihan berat badan. Hal ini bisa disebabkan kurangnya olahraga, atau pola makan yang tidak teratur. Jahe dapat membantu melebarkan pembuluh darah, dan menimbulkan keringat pada tubuh.
Selain menjaga berat badan agar tetap ideal, keringat pada tubuh juga bisa membantu mengeluarkan racun (detox). Jahe juga bisa menjadi penguat metabolisme tubuh, dan membuat rasa kenyang lebih lama.

3. Menghaluskan Kulit

Selain tubuh ideal, para wanita umumnya mengingkan kulit yang halus dan awet muda. Jahe sendiri memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Hal ini bisa membantu menghaluskan kulit, sekaligus mencegah penuaan dini. Di Tiongkok, jahe telah dikenal sebagai agen anti penuaan dini.

4. Meredakan Nyeri Otot/Sendi

Sudah menjadi rahasia umum bahwa jahe dapat mengobati nyeri pada otot atau persendian. Itulah mengapa jahe sering digunakan sebagai minyak urut. Jahe memiliki kandungan gingerol, gingerdione, dan beberapa kandungan lain yang bisa membantu meredakan peradangan. Khusus untuk jahe merah, kandungan oleoresinya lebih tinggi dari jahe biasa. Oleoresin sendiri berfungsi sebagai antiperadangan, baik pada otot maupun sendi.

5. Mengatasi Berbagai Masalah Pencernaan

Manfaat jahe merah selanjutnya adalah bisa membantu mengatasi berbagai masalah pada sistem pencernaan. Selain mengatasi masalah pencernaan, jahe juga dapat membantu melancarkan pencernaan pada tubuh manusia. Jahe mengandung minyak yang bisa melindungi pencernaan dari berbagai bakteri seperti Escherichia Coli, Salmonela, dan beberapa bakteri jahat lainya.

6. Mengatasi Asam Urat

Asam urat merupakan kondisi dimana pada sendi terjadi penumpukan asam urat. Umumnya, asam urat terjadi pada orang berusia dewasa. Gejala dari asam urat sendiri berupa nyeri pada sendi seperti pergelangan tangan, atau kaki. Jahe merah sendiri dapat mengurangi peradangan pada sendi, sekaligus melancarkan sirkulasi darah. Hal ini bisa membantu mengatasi asam urat.

7. Meredakan Batuk

Manfaat jahe merah yang terakhir adalah dapat membantu melegakan batuk. Jahe mengandung 'flavonoids' yang bisa meredakan peradangan pada tenggorokan. Peradangan ini biasanya menjadi salah satu penyebab dari batuk.
Selain meredakan peradangan, jahe juga bisa memberi efek hangat.
Untuk mendapatkan manfaatnya, anda bisa mengkonsumsi jahe merah dalam bentuk minuman hangat, atau dijadikan campuran pada makanan tertentu. Namun perlu diingat, bagi beberapa orang dengan kondisi atau penyakit tertentu, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter terkait.

Demikian postingan mengenai Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan, semoga bermanfaat.

0 Response to "Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Silakan berkomentar di kesehatanp1.blogspot.com Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar yang melanggar peraturan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel