Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan,Nanas Manis Alami

Nanas penyembuh penyakit

Buah nanas? apa yang kalian pikirkan pertama kali ketika mendengar kata buah nanas? Kuning? Berduri? atau lainnya?
Berikut adalah beberapa ulasan tentang manfaat buah nanas ala Doktersehat.com. 
Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan
Mengonsumsi nanas dalam porsi yang cukup dan rutin bisa membuat siapa saja mendapatkan beberapa manfaat buah nanas.

1. Melawan radikal bebas


Nanas yang memiliki rasa manis, asam, dan segar ini mengandung banyak sekali vitamin C. Seperti yang kita tahu, vitamin ini sangat baik untuk mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan banyak gangguan di kulit atau di organ bagian dalam.
Jika radikal bebas bisa dicegah untuk masuk, kemungkinan terjadi kerusakan organ atau terjadi mutasi pada sel bisa dihindari. Konsumsilah buah nanas secara rutin dalam bentuk jus yang dicampur dengan yoghurt atau dimakan langsung sebagai buah potong, Ingat Teman Sehat! dicuci bersih dengan air garam sebelum mengonsumsinya.

2. Menjaga kesehatan jantung


Ada dua kandungan dari nanas yang baik untuk kesehatan dari jantung. Pertama adalah potasium. Zat ini baik untuk menyeimbangkan kandungan air di dalam tubuh. Kandungan air di dalam tubuh biasanya kacau akibat banyak sodium atau garam yang dikonsumsi. Penyeimbangan air ini akan menurunkan risiko hipertensi.
Kandungan kedua yang baik untuk jantung adalah vitamin C. Zat ini mencegah terjadinya gangguan pada pembuluh darah seperti penebalan atau penyumbatan akibat kolesterol jahat.

3. Membantu menurunkan kadar lemak


Buah nanas mengandung cukup banyak gula alami yang baik untuk tubuh. Jika Anda lapar dan ingin ngemil sesuatu yang manis, tapi menyehatkan, nanas bisa dijadikan alternatif untuk membuat perut lebih kenyang. Selain itu, khasiat buah nanas juga memicu pembakaran lemak di dalam tubuh berjalan lebih lancar.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh


Nanas yang mengandung banyak sekali vitamin C juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan antioksidan akan memicu tubuh untuk selalu siaga terhadap berbagai serangan yang terjadi mulai dari serangan bakteri, jamur, hingga virus.
Nanas segar atau yang dibuat menjadi jus juga membuat pria dan wanita tidak mudah mengalami flu. Saat musim panas, tubuh akan selalu sehat karena daya tahan tubuh tidak bisa dihancurkan.

5. Membuat tulang lebih sehat


Mengonsumsi nanas dalam jumlah yang seimbang juga akan membuat tulang menjadi lebih sehat. Nanas mengandung senyawa mangan yang baik untuk tulang dan juga tendon dari otot yang mengelilinginya.

6. Menyehatkan mata


Selain vitamin C yang banyak manfaatnya, nanas juga mengandung vitamin A. Anda yang mengalami masalah pada penglihatan ketika sudah tua, konsumsilah nanas secara rutin dalam bentuk jus atau dimakan secara langsung.

7. Mencegah terbentuknya sel kanker


Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, khasiat buah nanas mencegah radikal bebas masuk. Radikal bebas ini bisa berupa asap rokok yang mengandung racun atau partikel berbahaya lainnya. Partikel tersebut biasanya memicu terjadinya abnormalitas pada sel sehingga kanker terbentuk.
Jika Anda merokok, coba kurangi aktivitas berisiko tersebut. Selanjutnya perbanyak makan nanas sebagai pengganti camilan atau untuk pengganti makanan penutup saat siang hari.

8. Melancarkan pencernaan


Makan nanas segar dalam segala bentuk secara teratur dapat melindungi Anda dari berbagai kondisi kesehatan, termasuk sembelit, diare, sindrom iritasi usus (IBS), aterosklerosis, dan pembekuan darah serta tekanan darah tinggi. Nanas kering tanpa pemanis, kaya serat, mendorong pengalihan makanan melalui saluran pencernaan pada tingkat normal dan menstimulasi pelepasan lambung dan cairan pencernaan untuk membantu makanan larut.
Manfaat buah nanas juga membantu dalam mengobati diare dan IBS. Selanjutnya, bromelain dalam nanas merangsang pencernaan protein, mengurangi peradangan usus sehingga bisa mengobati masalah pencernaan.

9. Mengobati arthritis


Khasiat buah nanas mampu mengurangi radang sendi dan otot, terutama yang berkaitan dengan radang sendi. Ini mengandung enzim proteolitik langka yang disebut bromelain, yang terutama membantu dalam pemecahan protein kompleks dan memiliki efek anti-inflamasi. Boleh saja mengonsumsi suplemen Bromelain atau enzim nanas, tetapi sebaiknya diminum di bawah pengawasan medis.

10. Mengontrol diabetes


Buah nanas mengandung banyak serat, adalah makanan yang bagus untuk penderita diabetes. Bagi mereka yang menderita diabetes tipe 1, ini akan membantu dalam menurunkan kadar glukosa darah tinggi. Pada penderita diabetes tipe 2, itu menghasilkan peningkatan gula darah, insulin, dan tingkat lipid. Namun, ada sejumlah gula yang hadir, jadi batasi asupan Anda untuk menghindari efek buruk.
Nah, beberapa manfaat buah nanas di atas semoga bermanfaat ya untuk kita semua...

Posting Komentar untuk "Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan,Nanas Manis Alami"

Iklan Bawah Artikel