Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kulit Apel Yang Dapat Melidungi Tubuh Dari Kanker

Buah apele

     Buah apel merupakan buah yang sangat umum dikonsumsi. Buah jenis ini paling banyak ditemukan di Kota Batu Malang karena di sanalah sentra perkebunan buah yang menjadi salah satu ikon gadget ternama ini. Jenis apel pada dasarnya bisa dibedakan dari warna kulit dan bentuknya. Kulit apel batu misalnya yang memiliki warna hijau cerah dan berbentuk bulat.
Selama ini, apel banyak dikonsumsi karena memiliki manfaat dan juga khasiat bagi tubuh. Namun ternyata, manfaat untuk kesehatan tak hanya bisa didapat dari daging buahnya saja, melainkan pula dari bagian kulitnya.

Kandungan Nutrisi Kulit Apel


Khasiat kulit apel tak lepas dari kandungan di dalamnya. Adapun kandungan dari kulit buah yang satu ini antara lain :
  • Vitamin
    Vitamin yang terkandung dalam kulit buah yang menyehatkan ini antara lain vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, vitamin K yang baik untuk penyembuhan luka, serta vitamin C yang baik untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Mineral
    Kulit buah yang satu ini juga kaya akan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh. Beberapa mineral penting tersebut antara lain, fosfor, kalsium dan potasium..
  • Serat
    2/3 dari serat total buah apel terkandung dalam kulitnya. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah jenis ini tanpa mengupasnya terlebih dahulu.
  • Antioksidan
    Antioksidan merupakan senyawa penting untuk menangkal radikal bebas. Adapun jenis antioksidan yang terkandung dalam buah jenis ini adalah flavonoid dan fenolik.
Lantas, apa saja manfaat kulit apel tersebut? ayok mari, disimak ulasan berikut ini yang telah ringkas kembali untuk para pembaca semua :

1. Mengatasi masalah pernapasan


Banyak yang belum tahu jika manfaat kulit apel dapat mengatasi gangguan pernafasan, terutama sesak nafas. Hal ini dikarenakan kandungan quercetin di dalamnya mampu menjaga kesehatan paru-paru serta memperbaiki kerusakan yang ada.

2. Menguatkan daya ingat


Selain dapat mengatasi masalah pernafasan, kandungan quercetin dalam kulit apel juga dapat meningkatkan konsentrasi. Jika dikonsumsi secara teratur, kandungan ini juga bisa membantu otak mempertahankan memorinya sehingga dapat pula mencegah kepikunan.

3. Menjaga kesehatan mata


Tak hanya daging buahnya saja yang mengandung vitamin A, kulit buahnya pun mengandung vitamin yang sama. Vitamin A yang ada di dalamnya inilah yang membuat kulit apel sangat baik untuk kesehatan mata, terutama untuk mencegah rabun dan katarak.

4. Mengatasi diabetes


Khasiat kulit apel lainnya adalah untuk mengatasi diabetes. Hal ini dikarenakan kandungan enzim di dalamnya mampu membantu tubuh memecah gula dengan lebih cepat sehingga kadar gula darah berangsur-angsur menjadi normal.

5. Mengatasi batu empedu


Batu empedu merupakan pengkristalan kolesterol di kantung empedu atau saluran empedu. Jika tak segera di atasi, penyakit ini akan sangat membahayakan nyawa Anda. Namun, Anda tak perlu terlalu khawatir karena kandungan dalam kulit apel mampu mencegah pengkristalan kolesterol yang merupakan penyebab utama batu empedu.

6. Menjaga kesehatan gigi


Kalsium yang ada pada kulit buah yang biasa dijadikan cuka ini juga sangat berguna untuk menjaga kesehatan gigi. Tak hanya itu, ketika mengunyah kulit apel, produksi air liur akan bertambah sehingga mampu melunturkan bau mulut serta bakteri di mulut.

7. Melindungi tubuh dari kanker


Khasiat kulit apel yang sangat menakjubkan lainnya adalah sebagai anti kanker. Kandungan antioksidan di dalamnya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Tak hanya itu, dalam kulit buah ini juga terkandung tritepenoid, yaitu senyawa yang sudah ama dipercaya sebagai anti kanker.

8. Menjaga kesehatan jantung


Kulit apel mengandung dua jenis serat, yaitu serat jenuh dan serat tak jenuh. Kedua jenis serat ini sangat baik untuk menurunkan kolesterol jahat sehingga mampu menjaga kesehatan jantung.

9. Menguatkan sistem kekebalan tubuh


Kandungan antioksidan dalam kulit apel sangat baik untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan akan membantu tubuh menangkal berbagai macam bakteri virus dan kuman sehingga mampu membuat tubuh lebih sehat.

10. Menjaga kesehatan kehamilan


Saat hamil, nutrisi ibu hamil harus dipenuhi dengan baik agar kondisi tubuh dan janin tetap kuat hingga proses persalinan tiba. Salah satu cara mudah untuk pemenuhan nutrisi selama hamil adalah dengan mengkonsumsi kulit apel. Kandungan xat besi, kalium dan seng di dalamnya sangat baik untuk ibu hamil dan perkembangan janin. Tak hanya itu, kandungan serat di dalamnya juga sangat baik untuk mencegah konstipasi atau sembelit yang sering dialami ibu hamil.

4 Manfaat Kulit Apel Lainnya :


11. Menguatkan tulang
12. Mencegah anemia
13. Menurunkan berat badan
14. Melancarkan sistem pencernaan
Untuk mendapatkan khasiat kulit apel di atas, Anda bisa mengkonsumsi buah apel beserta kulitnya. Namun, pastikan mencucinya terlebih dahulu untuk menghilangkan  pestisida yang mungkin menempel pada apel. Alternatif lainnya adalah dengan menjemur kulit apel, lalu mengolahnya menjadi teh yang menyegarkan. Ada dapat membaca manfaat kulit lainnya : Ini lah yang dapat admin ringkas sedikit semoga para pembaca semua dapat mencobanya dan mendapatkan manfaat dan khasiat nya, & semoga berhasil.  Salam Sehat

Posting Komentar untuk "Kulit Apel Yang Dapat Melidungi Tubuh Dari Kanker"

Iklan Bawah Artikel