Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dampak Bahaya Internet Untuk Kesehatan Diri kita

Kenapa hal itu bisa terjadi di Internet?



* Semua orang dari kita hanya bisa menahan hasrat untuk melakukannya di dunia nyata, yang apabila dilakukan mungkin bisa membuahkan hasil terbaik kita.
* Di dunia maya banyak orang pengguna online menghilangkan identitas aslinya, sehingga mereka dengan bebas mengeluarkan isi hati dan kejengkelannya tanpa khawatir reputasinya menjadi jelek ketahuan temen dekat.


* Karena ungkapan perasaan dalam bentuk tulisan sering terlihat datar dan tidak menggambarkan emosinya, seperti halnya nada suara tinggi dan bahasa tubuh lainnya di saat tatap muka langsung, sehingga orang cenderung menggunakan kata-kata sangat tajam, terasa kasar dan keras untuk mewakili sebuah perasaan tertentu.
Internet ialah ( interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket satu sama lain (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna diseluruh Dunia.
1. Gangguan kepribadian berupa emosi yang sebentar-sebentar marah di saat online – mengamuk karena mudah tersinggung oleh orang lain (Online Intermittent Explosive Disorder/OIED)
Orang yang mengidap gangguan seperti diatas tampak normal pada awalnya. Beberapa hari atau jam sebelumnya mereka bisa saja melakukan pembicaraan-pembicaraan lucu atau komentar-komentar hangat. Akan tetapi beberapa saat kemudian berubah menjadi orang permarah dan mengumpat disebabkan sesuatu yang menyinggung perasaannya dirinya.

2. Toleransi rendah terhadap jika dia dikalahkan dalam forum (Low Forum Frustration Tolerance/LFFT)

Digambarkan sebagai seseorang yang mencari-cari kepuasan segera atau penghindaran dari rasa sakit dengan segera. Pada awalnya mirip dengan perilaku anak tujuh tahunan yang menginginkan sebuah mainan, dan akan berteriak dengan menghentak-hentakan tangan dan kakinya agar segera mendapatkan apa diinginkannya.

Bagi orang yang suka menulis dan melakukan posting, sering kali merasa bahwa postingnya sangat sempurna. menulis hampir setiap waktu mengecek masuknya pada komentar yang baru diberikan oleh pembacanya. Jika ia mendapat komentar-komentar miring penuh kritik, maka dengan cepat ia akan meluncurkan jawaban yang akan mematahkan tanggapan itu.
 

Misalkan tidak ada komentar kepada dia akan mengirimkan komentarnya sendiri – mungkin dengan nama lain – untuk meramaikan tulisannya mereka satu sama lain.


Kenapa hal itu bisa terjadi di Internet?


Kegiatan yang diatas membuat diri kita menjadi tidak sabaran, karena ingin segera cepat melihat respon dengan dari pihak lain. Ketidaksabarannya membuat kita tidak mudah toleransi terhadap serangan yang menimbulkan ketersinggungan.

3. Munchausen di Internet – tukang cerita untuk membangkitkan rasa kasihan (Munchausen Syndrom)

Suatu kondisi di mana seseorang dengan sengaja membuat kebohongan, menirukan, menambah buruk suatu keadaan, atau mempengaruhi diri sendiri agar sakit dengan tujuan diperlakukan seperti orang sakit.

Kenapa hal itu bisa terjadi di internet?


Mudah sekalih melakukan kebohongan dalam kehidupan nyata, dan sepuluh kali lebih mudah melakukannya di dunia nyata, karena tidak ada seorang pun bisa memeriksa kebenaran fakta-faktanya

4. Gangguan kepribadian ini bisa memaksa orang lain pada saat online (Online Obsessive-Compulsive Personality Disorder/OOCPD)

Contoh gangguan kepribadian jenis ini bisa dijelaskan dengan contoh kegilaan akan tata bahasa buruk. Ketika orang menemukan suatu kesalahan tata bahasa atau penulisan kata yang keliru dari orang lain dalam sebuah posting atau komentar, maka dia langsung menyerang dan dengan keras memprotesnya.

Kenapa hal demikian bisa terjadi di internet?


Dalam kenyataannya penderita OCPD setiap menitnya merasakan ketakutan yang tidak logis dan aneh terhadap dunia lebih berantakan, lebih kotor dan lebih kacau dibanding seharusnya yang dia pikirkan; sehingga secara cepat anda dapat masalah dan akan mengalami kerusakan sampai ada seseorang yang memperbaikinya secara cepat.

Di Internet, setelah membaca setiap komentar-komentar orang lain, orang normal akan berpikir secara logis. Tata bahasa yang keliru, pilihan kata yang tidak tepat, atau bahasa gaul yang membingungkan, mendesak anda untuk mengoreksinya. Tidak sulit merasakan keinginan untuk melatih diri menggunakan bahasa yang benar


5. Low Cyber Self-Esteem atau dimaksut penghargaan pada diri sendiri yang sangat rendah (Seperti seseorang yang dibenci orang lain, tapi tidak ada yang meninggalkannya jejak)

Di dalam kehidupan nyata ini disebut merendahkan diri sendiri atau perilaku pencarian perhatian.
 

Kalau sudah sampai kepada tingkat cukup ekstrem dan membahanyakan, hal itu dapat berubah menjadi Online Erotic Humiliation atau pelecehan seksual secara online dunia maya, di mana pelecehan menjadi sebuah tindakan nyata. Saat anda menglihat seseorang agar melakukan sebuah kejahatan tindakan seksual, mungkin anda melihat bisa - bisa saja
.

Posting Komentar untuk "Dampak Bahaya Internet Untuk Kesehatan Diri kita"

Iklan Bawah Artikel