Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jarang Diketahui, Inilah Manfaat Madu Untuk Kesehatan

Ilustrasi Manfaat Madu


Madu merupakan cairan yang dihasilkan oleh lebah, dari nektar bunga. Rasanya yang manis, membuat hampir semua orang menyukai madu. Selain itu, madu juga sudah sejak lama dikenal bermanfaat untuk kesehatan.
Dalam 100 gram madu, terdapat energi sekitar 304 kcal. Madu juga kaya akan vitamin dan mineral, serta memiliki kandungan antiseptik alami.
Seperti yang saya tulis sebelumnya, bahwa sudah sejak zaman dahulu madu dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, madu juga bisa digunakan untuk kecantikan seperti menghilangkan jerawat.
Untuk anda yang penasaran tentang manfaat madu bagi kesehatan, berikut pembahasanya.

1. Sumber Energi Bagi Tubuh

Madu dapat dijadikan sebagai sumber energi bagi tubuh manusia. Hal ini dikarenakan, madu memiliki kandungan vitamin dan gizi yang lengkap. Madu murni biasanya mengandung 80% gula alami, 18% air, serta 2% protein. Selain itu, madu juga mudah diserap tubuh sehingga sangat cocok dijadikan menu sarapan.
Anda bisa mengkonsumsi madu secara langsung, atau mencampurnya dengan roti tawar.

2. Mencegah Kanker dan Serangan Jantung

Kanker dan serangan jantung merupakan salah satu penyakit berbahaya. Madu memiliki kandungan polifenol dan falvonoid yang bisa bermanfaat untuk mencegah kanker dan serangan jantung.
Madu juga memiliki kandungan antioksidan pinocembrin yang bisa menopang aktivitas enzim dalam tubuh manusia.




3. Mengobati Jerawat, Luka, dan BisulPada artikel sebelumnya, saya telah membahas mengenai cara menghilangkan jerawat secara alami. Dan madu merupakan salah satu bahan yang bisa menghilangkan jerawat pada area kulit. Hal ini dikarenakan, madu memiliki kandungan anti-jamur dan anti-bakteri. Selain menghilangkan jerawat, madu juga bermanfaat untuk menyembuhkan luka, bisul, dan sejenisnya.

4. Mengontrol Berat Badan

Memiliki berat badan ideal, adalah impian semua orang. Bahkan ada yang rela menghabiskan waktu dan tenaga untuk memperoleh berat badan yang pas. Seperti dengan mengkonsumsi suplemen tertentu, menjalani program diet, atau berolahraga.
Ternyata, madu juga bermanfaat untuk mengontrol berat badan. Sebuah studi yang dilakukan Universitas Wyoming menyatakan bahwa madu bisa mengaktifkan hormon penekan nafsu makan. Selain menjaga berat badan, madu juga bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Hal ini dikarenakan kandungan trigliserida pada madu relatif lebih kecil, jika dibandingkan dengan gula pasir.

5. Sumber Antioksidan

Selain sebagai sumber energi, madu juga bermanfaat sebagai sumber antioksidan dalam tubuh. Antioksidan sendiru merupakan zat yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas penyebab penyakit.

6. Obat Batuk dan Sakit Tenggorokan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa madu berkhasiat untuk mengobati batuk dan sakit tenggorokan. Kandungan pada madu sangat efektif mengurangi lendir di tenggorokan. Untuk mengobati batuk dengan madu, cukup konsumsi 1/2 sampai 2 sendok teh madu sebelum tidur.

7. Memperkuat Daya Ingat

Daya ingat merupakan kemampuan manusia untuk mengingat sesuatu. Pada umumnya, daya ingat seseorang akan menurun seiring bertambahnya usia. Kandungan antioksidan pada madu dapat membantu menyehatkan sel otak dan sistem syaraf. Madu juga bisa membantu otak untuk menyerap kalsium dengan lebih baik. Bahkan sebuah penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi 1 sendok makan madu setiap hari, bisa membuat daya ingat wanita lansia tetap tajam.
Sayangnya, saat ini banyak oknum penjual yang menjual madu palsu, atau madu yang telah dicampur pemanis buatan. Tentu, manfaat yang dijual dari madu ini tidak sama dengan madu murni. Bahkan madu palsu juga berpotensi mengganggu kesehatan.
Utuk itu, pastikan anda mengkonsumsi madu yang benar-benar asli.
Demikian informasi mengenai Manfaat Madu Untuk Kesehatan, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Jarang Diketahui, Inilah Manfaat Madu Untuk Kesehatan"

Iklan Bawah Artikel