Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Manfaat Mengejutkan Anggur Merah Bagi Kesehatan Ala

Sudah tahu buah anggur?
jadi seperti ini manfaat buah anggur bagi kesehatan kata

Buah anggur merah sejak dulu didaulat sebagai buah para raja. Pada zaman Yunani Kuno, buah bundar yang rasanya manis ini memang sering dihidangkan untuk kaum bangsawan dan raja-raja. Nah kalau dikenal sebagai buah mewah, zaman sekarang buah ini sudah bisa dibeli di pasar dengan harga yang terbilang murah. Ada tidak, sih, manfaat anggur merah buat kesehatan? Tentunya!

Manfaat anggur merah bagi kesehatan
Secara umum, kandungan nutrisi anggur merah sangat mirip dengan anggur hitam. Perbedaan yang paling mencolok antara kedua jenis buah anggur ini hanyalah rasanya. Buah anggur anggur merah juga diketahui mengandung kalori yang lebih sedikit daripada anggur hijau.

Selain itu, manfaat anggur merah bagi kesehatan juga lebih besar dari yang berwarna hijau. Ini karena semakin pekat warna buah-buahannya, kandungan fitonutrien dan antioksidannya semakin besar.


Rutin makan buah satu ini ternyata baik untuk menjaga kecantikan serta kesehatan Anda secara menyeluruh. Berikut adalah beragam manfaat anggur merah yang sayang untuk dilewatkan.

1. Mencegah kanker



pasien kanker sulit tidur
Kanker merupakan salah satu penyakit penyebab kematian terbanyak di dunia. Berbagai studi berhasil menemukan bahwa kandungan resveratrol, yaitu sejenis antioksidan dalam buah ini dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Kandungan resveratrol dalam buah ini dapat memperlambat pertumbuhan sel tumor dan kanker. Terutama yang bertumbuh di payudara, lambung, hati, dan getah bening. Tak berhenti di situ, resveratol dalam buah ini juga baik untuk menghalau radiasi berbahaya seperti sinar ultraviolet A (UVA) dan B (UVB) dari sengatan matahari. Paparan radiasi tersebut berisiko menyebabkan kanker kulit.

Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lanjutan dengan cangkupan yang lebih luas untuk memastikan manfaat anggur merah satu ini.

2. Melawan penuaan dini



bahagia senang senyum wanita sehat
Selain resveratol, buah ini juga kaya akan kandungan antioksidan lainnya seperti quaercetin dan rutin. Ketiga antioksidan ini berfungsi untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh.

Seperti yang diketahui, radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel, protein, DNA, serta gangguan keseimbangan dalam tubuh. Kerusakan sel inilah yang bisa menyebabkan penuaan dini. Gejalanya antara lain kulit keriput, rambut beruban, atau tulang keropos.

3. Menjaga kesehatan otak



makanan perkembangan otak anak
Manfaat anggur merah juga bisa dirasakan oleh otak Anda. Resveratrol dalam buah mampu memperlancar peredaran darah menuju otak. Darah dibutuhkan otak sebagai sumber oksigen dan zat gizi agar bisa berfungsi dengan baik.

Selain itu, sebuah penelitian di Jerman membuktikan bahwa revestratrol bisa membantu memperkuat daya ingat manusia.

4. Meredakan gejala alergi dan peradangan



peradangan adalah mekanisme pertahanan tubuh
Buah ini juga bisa membantu melawan peradangan di dalam tubuh. Anggur memiliki sifat antiradang dan antihistamin. Peradangan sendiri merupakan respon tubuh terhadap suatu bahaya, seperti stres, infeksi bakteri dan virus, serta bahan kimia beracun.

Mengonsumsi buah ini mungkin bisa membantu meringankan gejala peradangan, entah itu karena terkena penyakit arthritis, radang gusi, radang usus, radang kulit, atau radang pada jantung (miokarditis).

Tak hanya itu, sifat antihistamin dalam buah ini juga bisa membantu meringankan gejala alergi.

5. Menurunkan kadar kolesterol



dada sakit saat hamil
Anggur berwarna merah bisa jadi cara alami menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida tinggi berkat kandungan resveratrol dan saponin di dalamnya.

Kedua zat tersebut bisa menangkap kelebihan kolesterol dalam tubuh sebelum diserap ke dalam darah. Dengan begitu, kadar kolesterol Anda pun tetap seimbang. Nah, kadar kolesterol seimbang bisa menjauhkan Anda dari penyakit seperti obesitas dan penyakit jantung.

Satu penelitian pada hewan menemukan bahwa resveratrol tidak hanya membantu menekan kolesterol saja, tapi juga mengurangi kadar trigliserida dalam darah.

6. Menjaga kesehatan mata



merawat kulit sekitar mata
Selain wortel, anggur merah ternyata juga baik untuk mata Anda. Buah ini mengandung lutein dan zeaxanthin, yaitu dua karotenoid dengan sifat antioksidan yang penting bagi kesehatan mata Anda. Kedua antioksidan ini dapat membantu menyaring gelombang cahaya biru yang berbahaya dari gadget dan membantu melindungi sel-sel mata Anda.

Penelitian menemukan bahwa lutein dan zeaxnthin dapat membantu mengurangi risiko penyakit mata kronis seperti katarak dan degenerasi makula pada lansia. Penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk memastikan manfaat anggur merah satu ini.

7. Mengendalikan gula darah



cara cek gula darah di rumah
Jika Anda ingin mengontrol kadar gula dalam darah, tambahkan buah ini dalam menu diet Anda sehari-hari. Penelitian telah menemukan bahwa senyawa ini dapat mengurangi kadar gula darah serta meningkatkan sensitivitas insulin bagi orang dengan diabetes. Manfaat anggur merah satu ini lagi-lagi berkat kandungan resveratol di dalamnya.

Jika Anda bertanya-tanya tentang kandungan gula dalam buah ini, jangan khawatir. Faktanya, anggur termasuk salah satu buah yang memiliki indeks glikemik rendah. Makanan dengan indeks glikemik rendah tidak akan menyebabkan gula darah melonjak secara tiba-tiba.

Meski begitu, Anda tetap harus memerhatikan porsi ketika mengonsumsi buah ini. Pastikan Anda mengonsumi buah ini secukupnya, yaitu tidak terlalu banyak maupun terlalu sedikit. Para ahli juga menganjurkan orang dengan diabetes untuk mengonsumsi buah ini secara langsung dalam keadaan segar ketimbang dibuat jus.

8. Membantu menurukan berat badan



alasan menurunkan berat badan
Jika sedang berusaha mendapatkan berat badan ideal, Anda bisa sedia anggur merah sebagai camilan diet yang enak. Per 100 gram porsinya buah lezat satu ini ternyata hanya mengandung 69 kalori. Terlebih anggur merah juga tinggi antioksidan resveratrol yang melawan efek radikal bebas dalam tubuh.

Meski begitu, pastikan Anda mengonsumi buah ini secukupnya. Lebih baik lagi jika Anda mengimbangi asupan nutrisi dari berbagai jenis buah lainnya.

Seperti itu para pembaca, sedikit ulasan tentang buah anggur.
Semoga bermanfaat ya...

Posting Komentar untuk "8 Manfaat Mengejutkan Anggur Merah Bagi Kesehatan Ala"

Iklan Bawah Artikel