Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kehamilan 7 Bulan? Apa Sih Yang Harus Diketahui


Kesehatanp1.blogspot.com

Perkembangan janin


Janin sudah berkembang dan semakin matang di usia kandungan sejak usia 28-40 minggu. Bila bayi harus dilahirkan secara prematur, bayi dapat bertahan hidup setelah usia kehamilan 7 bulan karena paru-paru sudah siap untuk bekerja. Bayi dapat merespons terhadap rangsangan berupa cahaya dan suara dengan cara mengubah posisi atau bergerak. Jadi ibu bisa bermain dengan janin dengan menggunakan senter yang diarahkan kepada perut ibu. Telingapun sudah dapat berfungsi dengan baik dan mengenali suara ibu, sehingga seringlah mengajak janin berbicara, bernyanyi atau bersenandung sebagai bentuk komunikasi dengan janin sejak usia kehamilan 7 bulan.
Rambut bayi mulai tumbuh, begitupun dengan alis dan bulu matanya. Matanya yang sebelumnya masih tertutup sudah dapat terbuka. Lemak mulai tersimpan di tubuh bayi pada akhir usia kehamilan 7 bulan, sehingga bayi akan memiliki tinggi tubuh sekitar 36 cm dan berat badan sekitar 900-1800g.


Perubahan pada ibu hamil


Pada usia kehamilan 7 bulan, tentunya ibu sudah merasakan perubahan yang signifikan seperti bentuk tubuh yang mulai membesar dengan berat badan yang bertambah. Simak juga artikel kenaikan berat badan ideal ibu hamil. Mungkin ibu juga mengalami kaki bengkak (edema) yang mulai terlihat dan semoga tips mengatasi kaki bengkak berikut juga dapat membantu ibu yang mengalami hal serupa.

Ibu hamil akan merasakan gerakan bayi dengan lebih jelas dan kadang terjadi di malam hari saat ibu hendak tidur yang mengakibatkan susah tidur. Selain itu gejala lain yang normal terjadi pada ibu di usia kehamilan 7 bulan adalah mudah lelah, nafas pendek, heartburn (nyeri di ulu hati). Bila keluhan yang dirasakan sangat mengganggu dan bertambah serius, segeralah hubungi dokter anda.


Beberapa tips bagi ibu hamil


  • Mulai dari usia kehamilan 7 bulan, ibu akan mulai konsultasi dengan dokter kandungan atau bidan setiap 2 minggu sekali untuk memonitor perkembangan janin dan ibu. Siapkan pertanyaan dengan mencatat di memo atau di handphone agar ibu ingat untuk menanyakannya kepada dokter atau bidan seputar kehamilan.

  • Seiring dengan bertambah besarnya perut ibu hamil, posisi tidur pun juga lebih baik menghadap ke sebelah kiri karena dapat memperlancar aliran darah.

  • Makanlah dengan teratur dan sehat. Simak juga artikel makanan sehat bagi ibu hamil 7 bulan. Untuk menghindari heartburn, ibu dapat makan dalam porsi sedikit namun  sering. Hindarilah makan dalam jumlah yang terlalu banyak dan dalam posisi berbaring segera setelah makan. Walaupun ibu sedang hamil, bukan berarti porsi makan menjadi dua kali lipat. Melainkan asupan nutrisi harus lebih sehat dan seimbang yang dibutuhkan oleh bayi dan ibu hamil.

  • Ibu sudah dapat mulai mempersiapkan keperluan bayi yang penting seperti baju, popok, ranjang bayi dan sebagainya.

  • Umumnya nesting instinct ibu sudah mulai dirasakan sejak usia kehamilan 7 bulan, di mana ibu mulai membereskan rumah dan segala perlengkapan untuk mempersiapkan kedatangan bayi. Namun perlu diingat bila ibu mulai merasa pusing dan lelah ketika bekerja, segeralah beristirahat sejenak.

  • Luangkan waktu untuk relaks seperti pergi ke salon untuk creambath, manicure atau pedicure atau berlibur dapat menjadi cara yang nyaman untukrefreshingbagi ibu hamil.

  • Melakukan senam hamil atau olahraga lain seperti berjalan, berenang dan prenatal yoga agar badan tetap bugar hingga waktu persalinan.

Posting Komentar untuk "Kehamilan 7 Bulan? Apa Sih Yang Harus Diketahui"

Iklan Bawah Artikel