Cara Mengatasi Darah Rendah (Menaikkan Volume Darah)

Darah rendah

Sering merasa pusing dan lelah padahal tidak sedang melakukan aktivitas berlebihan, bisa jadi tanda bahwa Anda memiliki tekanan darah rendah. Bagi beberapa orang, tekanan darah yang rendah dapat menyebabkan pingsan Kapan seseorang
dinyatakan memiliki tekanan darah rendah?
Dan jongkok lalu berdiri kepala jadi pussing dan penglihatan tidak terlalu jelas. Itulah ciri"utama darah rendah.
Ni dia tips"supaya darah normal kembali.



A. Perbanyak cairan


Cairan dapat meningkatkan volume darah  dan mencegah terjadinya dehidrasi, yang mana kedua hal ini sangat penting untuk penanganan darah rendah. Perbanyaklah minum air putih karena air putih bisa meningkatkan volume  darah  . pastikan Anda minum minimal 8 gelas air putih setiap hari. 

Selain dari air putih, Anda juga bisa memenuhi asupan cairan dengan mengonsumsi banyak makanan yang mengandung air dari sayur-sayuran dan buah-buahan. Semangka dan bayam merupakan salah satu buah dan sayur yang mengandung banyak air. 

Lebih banyak cairan akan meningkatkan volume darah, dan peningkatan jumlah darah akan meningkatkan tekanan di dalam pembuluh darah arteri. Alhasil, Anda jadi tak lagi mengalami darah rendah.

B.hindari Terlalu Lama Berdiri

Seperti yang sudah disinggung di atas, salah satu penyebab darah rendah adalah karena Anda terlalu lama berdiri, Terlalu lama berdiri akan mengakibatkan pengurang volume darah Anda.Dalam istilah medis, kondisi ini disebut dengan hipotensi ortostatik.

Pada kondisi ini, orang tersebut ketika berdiri setidaknya 2 menit/3mnit dapat mengalami penurunan tekanan darah sistol sebanyak 20 mmHg dan diastol 10 mmHg dibandingkan dengan tekanan darah mereka saat duduk atau berbaring. Sehingga, orang yang memiliki tekanan darah rendah dengan kondisi ini harus mengurangi aktivitas berdiri.atur saja dalam melakukan beraktifitas
Kurangi berdiri terlalu lama.

Ketika Anda berdiri, gaya gravitasi akan menyebabkan darah mengalir jatuh ke bagian tubuh bagian bawah, yaitu perut dan kaki. Nah, hal inilah yang menyebabkan penurunan tekanan darah, karena sirkulasi darah yang kembali ke jantung menjadi berkurang.

Jika sudah begini, cara mengatasi darah rendah yang terbaik, adalah dengan berusaha untuk tidak berdiri terlalu lama. Dengan begitu, tekanan darah Anda tidak menjadi semakin rendah. Anda juga bisa menggerak-gerakkan jari kaki, menaikkan kaki, dan menggoyang-goyangkan otot tungkai bawah setidaknya selama 1mnit   guna meningkatkan aliran darah kembali ke jantung.

Tak hanya itu, berbagai hal tersebut juga membantu mempertahankan tekanan darah supaya tetap stabil ketika Anda melakukan aktivitas sehari-hari.berolah ragalah yang cukup.

C.Lakukan Diet Yang Seimbang

Gizi seimbang adalah yang mengandung protein, karbohidrat kompleks, buah-buahan segar, makalah buah"han yang mengandung cairan.karena cairan sangat bisa meningkatkan volume darah dan sayuran. Mereka yang menjalani diet rendah kalori lebih rentan terhadap tekanan darah rendah. Demikian juga mereka yang berat tubuhnya kurang karena sistem nadi mereka yang labil. Tekanan nadi tidak cukup untuk memasok seluruh organ dengan oksigen dan nutrisi. Lagipula, sering kali mereka yang melakukan diet ketat, tidak memperhatikan pasokan gizi yang cukup dan seimbang sehingga tubuh kekurangan zat gizi. Maka akan terjadi turunya darah pada tubuh Anda.


D.Garam.



Kalau obat darah rendah yang satu ini sepertinya sudah tidak asing lagi ya. Sudah menjadi rahasia umum jika sodium yang terkandung dalam garam dapat meningkatkan tekanan darah ideal. Oleh karenanya untuk yang menderita hipertensi batasi asupan garam pada makanan. Sebaliknya, untuk penderita hipotensi tingkatkan asupan garam dalam makanan sehari-hari, tapi jangan berlebihan juga. Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa garam dapat memiliki efek tidak baik terhadap kesehatan jantung jika dikonsumsi berlebihan
Atur cara memakai takarang garemya. Jangan asal. 

Untuk merasakan khasiat garam sebagai peningkat tekanan darah caranya cukup mudah, cukup campurkan satu  sendok teh garam ke dalam segelas air dan minumlah. Jika Anda kurang suka meminum air larutan garam, tambahkan saja lebih banyak garam ke dalam masakan atau makanan Anda.
Dalam makanan sayur"ran, telor dll.




E. Kopi


Mengonsumsi kopi, coklat panas atau minuman berkafein lainnya juga dapat meningkatkan tekanan darah Anda untuk sementara. Minumlah secangkir kopi di pagi hari atau bersamaan dengan sarapan atau makan siang,buatlah kopi perbanyak kopi  terutama ketika Anda sedang mengalami hipotensi ortostatik. Maka dijamin, tekanan darah Anda yang tadinya rendah akan meningkat. Selain itu juga, kopi memiliki banyak  manfaatnya lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh, selama tidak berlebihan dalam mengonsumsinya.

F.Kurangi Gula Dan Alkohol

memiliki efek meningkatkan tekanan darah anda secara drastis. Bagi yang memiliki darah rendah, peningkatan tens yang terlalu mendadak bisa mengakibatkan efek samping yang cukup berbahaya, seperti pusing akut, berkunang-kunang, bahkan pingsan. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk
mengonsumsi terlalu banyak alkohol dan gula dalam waktu singkat. Alkohol tidak bagus untuk tekanan darah kita karena mengikat  darah dalm tubuh. Selain itu, gula dan alkohol juga memiliki banyak efek negatif bagi tubuh anda. Gula bisa menyebabkan diabetes yang bisa berakibat berbagai komplikasi. Alkohol juga memiliki dampak perusakan pada sistem syaraf apabila dikonsumsi terlalu banyak secara terus menerus.
Berhati"lah dalam memakan makanan yang sangat kalian sukai.

Lebih baik mencegah dari pada mengobati..

0 Response to "Cara Mengatasi Darah Rendah (Menaikkan Volume Darah) "

Post a Comment

Silakan berkomentar di kesehatanp1.blogspot.com Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar yang melanggar peraturan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel