Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Manfaat Hidrosfer Bagi Kehidupan Didunia

kamu harus tau info unik manfaat hidrosfer,tapi sebelum itu kamu haru tau apa itu hidrosfer
Hidrosfer sendiri berasal dari kata hidros yakni air serta sphere yakni selimut yang artinya hidrosfer adalah lapisan air yang menyelimuti bumi.  



Hidrosfer mengalami proses siklus hidrologi yang merupakan daur ulang air secara berurutan yang terjadi secar terus-menerus salah satu faktor utama dari siklus hidrologi adalah pemanasan sinar matahari. Pemanasan sinar matahari akan menyebabkan air di seluruh permukaan bumi akan menguap dan pada titik ketinggian tertentu dan temperatur semakin turun makan uap air mengalami kondensasi dan berubah menjadi titik air yang biasa disebut dengan hujan. Siklus nya terdiri atas tiga yakni siklus pendek, sedang dan tinggi.
Hidrosfer merupakan lapisan air yang menyelimuti bumi terdiri atas perairan di lautan dan perairan di daratan sama pentingnya dengan manfaatlapisan atmosfer, perlu diketahui bahwa perairan di daratan merupakan semua air yang melintasi daratan meliputi air permukaan dan air tanah. Air permukaan yakni danau dan sungai. Air yang ada di bumi merupakan sumber daya alam yang tidak akan pernah habis dan merupakan unsur yang sangat penting di bumi. Berbagai proses pembentukan bumi dipengaruhi oleh air dan penting juga manfaat air laut bagi kehidupan manusia. Air dengan rumus kimia H2O merupakan senyawa gabungan antara satu atom oksigen dan dua atom hidrogen. Lebih dari 70% permukan bumi tertutup oleh lapisan air dan memiliki tiga wujud yakni padat, cair dan gas. Air ialah salah satu sumber daya alam yang dapat diperbaharui.
10 manfaat hidrosfer bagi kehidupan didunia

yuk kita cari tau manfaat hidrosfer bagi kehidupan dunia 

1.  Pembangkit Listrik


Salah satu manfaat danau bagi kehidupan manusia ialah dapat digunakan untuk pemanfaatan Pembangkit Listrik tenaga air (PLTA) menjadi salah satu sumber utama pembangkit listrik. Saat ini kita telah dibiasakan untuk menggunakan semua peralatan rumah tangga dengan listrik, sangat sulit jika menghadapi persoalan jika tidak mendapat pasokan listrik yang mencukupi dan kembali ke zaman dimana menggunakan lilin, petromax ataupun diesel dari tenaga matahari.


2. Tempat Mata Pencaharian Masyarakat

Hidrosfer sebagai tempat hidup para binatang laut menjadi mata pencaharian utama bagi para nelayan yang menjadikan hal ini  sebagai pekerjaan utama. Salah satunya manfaat sungai penting pula menjaga ekosistem hidrosfer juga akan membantu kehidupan manusia yang tentunya sangat bergantung dengan alam.

3. Transportasi


Perpindahan dari satu tempat ke  tempat lain dnegan menggunakan kendaraan disebut dengan transportasi. Saat ini transportasi dapat memanfaatkan darat laut dan udara. Indonesia yang sebagian besar pulau dipisahkan oleh perairan sangat memanfaatkannya sebagai sarana transportasi masal bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan.


4. Hidrosfer sebagai tempat Wisata


Sudah banyak perairan yang dijadikan sebagai tempat wisata oleh masyarakat, hal ini dikarenakan keindahan alam yang memukau mata dan mampu membius para pendatang untuk bisa menghabiskan waktu dengan alam dengan berbagai kegiatan seperti diving dan melihat pemandangan bawah laut yang menakjubkan dengan berbagai jenis ikan dan karang.


5. Membantu Mengatur Iklim


Hidrosfer sangat mempengaruhi terjadinya pergeseran musim yang terjadi di bumi. Lembaga yang dapat melihat pergeseran cuaca ialah BMKG dimana mampu memprediksi berbagai kemungkinan yang terjadi dari gejala hidrosfer.


6. Pertahanan dan Keamanan Negara


Indonesia dikelilingi dengan samudera dan lautan, yang dapat menjadi salah satu pertahanan dan keamanan pertama bagi negara. Menjadi gerbang yang harus dilalui dahulu bagi negara lain yang ingin menyerang.


7. Pengendali Gejala Alam


Gejala alam seperti banjir, longsor dan lain2 dapat di atasi dengan usaha kita dalam memperbaiki berbagai kerusakan seperti efek rumah kaca dll. Dengan menjadi keseimbangan kita mampu juga menjadi kehidupan di bumi dengan baik dan menghindari berbagai kejadian buruk yang akan terjadi.


8. Sumber Bahan Tambang Minyak Bumi


Tidak dipungkiri bahwa bahan tambang minyak bumi juga terdapat di lautan, dan ini tentuny amenjadi salah satu faktor pentingnya hidrosfer .


9. Keberlangsungan Kehidupan Bumi


Segala yang ada dibumi membutuhkan air baik itu manusia, binatang, tumbuhan dll menjadi faktor utama untuk mendukung keberlangsungan kehidupan di bumi.


10. Kebutuhan Dasar Manusia



Air menjadi kebutuhan pokok manusi untuk menjalankan kehidupan. sehingga perlu menajga keseimbangan hidrosfer di bumi.
Hidrosfer memiliki peran yang besar bagi berlangsungnya kehidupan di bumi. Akan tetapi hal ini tidak sejalan dengan usaha untuk tetap menjaganya, berbagai gejala alam yang merusak tatanan hidrosfer kini telah terjadi dan sangat merugikan, akibat adanya pemanasan global telah banyak terjadi gejala hidrosfer yang dapat mengakibatkan bencana untuk kehidupan bumi diantaranya ialah pencairan es di kutub dan berakibat pada berkurang nya daratan di kutub dan sangat membahayakan bagi hewan yang memiliki habitat di kutub yang menjadi salah satu dampak mereka kehilangan habitat aslinya,  yang kedua kenaikan permukaan air laut yang dapat menyebabkan tenggelam nya pulau-pulau kecil hal ini sudah banyak di prediksi oleh para ahli geologi, gejala selanjutnya adalah perubahan kadar garam dan suhu air laut, dampak gejala hidroser juga ialah hujan asam yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan biotik dan abiotik. Paling sering terjadi saat ini ialah banjir yang mampu berdampak pada kerusakan lahan terutama area persawahan dan yang terakhir adalah penurunan muka air tanah yang berdampak pada pengecilan debit mata air. Berbagai gejala hidrosfer diatas sebagian besar diakibatkan oleh ulah manusia sendiri. Maka dari itu kita harus tetap menjaga kelestarian alam dan tidak menggunakan air secara berlebihan meskipun air adalah sumber daya yang dapat diperbaharui. Karena terdapat saudara kita juga yang mengalami kesulitan untuk emndapat sumber air bersih. Semoga bermanfaat.

sekian info dari saya dan jangan lupa komentar nya yah

Posting Komentar untuk "10 Manfaat Hidrosfer Bagi Kehidupan Didunia"

Iklan Bawah Artikel