Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bunga Cantik Menyimpan Sejuta Manfaat

Bunga telang, bunga ini sebagian orang masi belum mengetahui, karena bunga ini masi termasuk langkah di setiap daerah, adapunyang mengetahui bunga ini hanya untuk tanaman hias yang cantik begitu indah karena bentuknya yang menyerupai kupu-kupu.  Di Indonesia tiap daerqah memiliki beragam nama untuk penyebutan bunga telang. seperti di daerah Sumatera disebut bunga biru, bunga kelentit, bunga telang; sedangkan di Jawa disebut kembang teleng atau menteleng. Di Betawi/Jakarta disebut dengan teleng. Sedangkan di daerah Sulawesi disebut bunga talang, taman lareng, dan di Maluku disebut bisi, atau seyamagulele.



Bunga telang merupakan tanaman perdu yang dapat tumbuh dan hidup bertahun-tahun, daunnya majemuk mirip daun kacang-kacangan pada umumnya, bunganya tunggal seperti kupu-kupu yang keluar dari ketiak daun, warna bungannya biru terang dengan warna putih kekuningan di bagian tengah, tetapi ada juga bunga yang berwarna putih. Bunga telang juga memiliki polong dengan biji yang berbentuk seperti ginjal pipih. Karena tanaman ini dikenal sebagai tanaman hias, maka tidak sedikit orang mengetahui manfaat bunga ini, padahal bunga telang selain mampu menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan, bunga telang kerap dipakai sebagai pewarna makanan alami.

Tidak akan ada yang menyangka bahwa bunga yang sering dijadikan tananam hias ini ternyata memiliki khasiat untuk kesehatan. Untuk mendapatkan sejumlah manfaat bunga telang untuk kesehatan, sebelum memutuskan untuk mengonsumsi bunga telang sebaiknya ketahui dulu beberapa manfaat yang di dapat:


Bunga telang dapat dijadikan sebagai pewarna makanan alami yang dapat di makan dan diminum, di negara tetangga, Ekstrak bunganya digunakan untuk mewarnai nasi kerabu dan di negara di Thailand digunakan sebagai pewarna minuman tetapi di indonesia bunga ini masi belum banyak digunakan, hanya  beberapa tempat di Indonesia bunga telang digunakan sebagai pewarna alami untuk nasi, kue, es lilin, cendol dan pewarna minuman.


Manfaat berikutnya bunga telang dapat meringankan Gejala Depresi hanya  karena di dalam bunga telang terkandung asam palmitat, yaitu senyawa yang mirip dengan asam linolenat  yang dapat mengontrol kadar kolesterol dalam darah sehingga manfaatnya dapat  melindungi sistem saraf pusat dari kerusakan. asam palmitat tersebut memiliki sifat antioksidan yang berperan sebagai antidepresan alami.


Dengan mengkonsumsi  bunga telang  dapat menjaga kesehatan otak karena dalam bunga ini terkandung asam palmitat, yaitu senyawa yang mirip dengan asam linolenat. Asam linoleat sendiri adalah asam lemak omega-3 esensial, yang bisa mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Manfaatnya melindungi sistem saraf pusat dari kerusakan.


Manfaat bunga telang selanjutnya untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh. Ini terjadi berkat kandungan antioksidan yang berperan dalam meningkatkan kinerja insulin.


Dengan membuat teh dari bunga telang dan meminunya seacara benar di percaya  dapat menurunkan Kolesterol Tinggi,  Jika kolesterol dapat dikontrol, maka kesehatan organ jantung pun dapat terjaga dengan baik.


Manfaat bunga ini juga dapat mengurangi resiko hipertensi dan penyakit jantung, bunga ini memiliki senyawa antosianin yang dapat membantu mengurangi kekakuan arteri karena semakin kaku arteri, maka semakin sulit darah mengalir sehingga mengakibatkan tekanan darah tinggi. Ini juga meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung.


Manfaat bunga telang yang selanjutnya dapat meningkatkan sistem saraf. Bunga telang bermanfaat untuk meningkatkan kinerja sistem sebab bunga telang terdiri dari beberapa senyawa yang bagus dan  memiliki aktivitas nootropik, ansiolitik, antidepresan, antikonvulsan dan antistres sehingga  bunga ini juga bagus untuk saraf otak.

Posting Komentar untuk "Bunga Cantik Menyimpan Sejuta Manfaat"

Iklan Bawah Artikel