Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya asupan Gizi Dalam Berpuasa

 Berpuasa bukan berarti menjadi sebuah alasan untuk bermalas-malasan dan tidak mauw beraktivitas.walaupun berpuasa  tubuh harus bergerak untuk menjaga metabolisme tubuh.


Bulan Ramadan merupakan bulan suci bagi Umat Islam di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di Indonesia. Pada bulan ramadan, umat Muslim akan berlomba-lomba untuk melaksanakan ibadah dan melakukan setiap amalan baik  dan berpuasa.


Puasa pada bulan ramadhan dapat mengubah pola makan sehingga dapat berdampak pada berat badan dan dalam melakuan ibadah puasa di bulan ramadhan sangat bayak kebaikan yang di dapatkan, dalam berpuasa juga dapat membuat tubuh terbiasa untuk tidak memiliki jadwal mengkonsumsi makanan dan dapat mengubah gaya hidup menjadi lebih baik tetapi dengan cara pola makan di atur.

Berpuasa bukan hanya  menahan lapar dan haus kurang lebih 12 jam, perlu juga memastikan tubuh tetap sehat agar terhindar dari penyakit, virus, dan patogen lainnya dan tubuh hanya akan mendapatkan asupan makan dan minum ketika sahur dan berbuka


Saat bulan puasa, sangat perlu untuk mengatur pola makan dengan baik agar tubuh tetap sehat dan mampu melakukan aktivitas di siang hari, dan saat berpuasa tetapo dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan mengonsumsi makanan bergizi Selain itu, mengatur jam istirahat dengan baik dan selalu melaksanakan makan sahur juga sangat penting dalam menjalan puasa Ramadhan. Hal ini akan membuat kamu lebih nyaman dalam menjalankan ibadah puasa.


Untuk menjaga kesehatan agar Anda tetap sehat dan fit saat puasa, asupan makanan saat sahur dan berbuka serta kebiasaan yang dilakukan selama puasa sangat penting untuk diperhatikan. Unutk itu jangan pernah lewatkan sahur karena sahur dapat menambah asupan energi selama seharian sampai tiba waktu berbuka. Di saat tubuh tidak mendapatkan asupan makanan yang tepat seperti biasanya maka akan mengangu kesehatan dalam berpuasa, cobalah sebaik mungkin unutk tetap menjaga asupan gizi unutk tubuh anda karena kesehatan merupakah hal terpenting saat bulan puasa,dengan menjalankan berbagai tips berpuasa berikut :


  • Dalam saur atau berbuka alangkah baiknya untuk menkinsumsi sayuran dan buah-buahan yang tinggi kadar airnya untuk mengatasi kekurangan cairan,vitamin dan mineral akibat berpuasa dan dapat menjaga daya tahan tubuh sehingga bikin kita lebih sehat selama  puasa., buah dan sayur umumnya mengandung serat yang tinggi dan bisa bikin kita merasa kenyang dengan kalori yang lebih sedikit. Selain itu,  
  • Tantangan terbesar kita adalah untuk menahan rasa haus apalagi di saat cuaca panas. maka dari itu jangan sampai tubuh kita mengalami dehidrasi, Dehidrasi ringan dapat menyebabkan kelelahan, mulut kering, haus, dan sakit kepala. Untuk itu pastikan tetap minum cukup cairan pada saat berbuka puasa hingga sahur untuk mencukupi cairan tubuh dengan cara minum air putih terlebih  sekitar 4-5 gelas dari mulai berbuka dan pastikan untuk mengindari minuman yang terlalu dingin karena bisa membuat perut cepat kenyang, sehingga kamu bisa kehilangan selera untuk mengonsumsi makanan yang bergizi. 
  • Pilihla makanan yang sehat, biasaya rasa lapar dapat menggoda kita untuk memanjakan atau makan makanan cepat saji yang nyaman dan nikmat tapi makan itu sangat tidak sehat untuk di konsumsi dalam keadaan kita menjalani puasa,unutk menjaga kesehatan dlam berpuasa pastikan kita mengkonsumsi makanan yang sehat  yang mengandung semua nutrisi, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral danu sahakan mengonsumsi ini saat sahur dan buka.
  • Saat berbuka puasa kita memang diharuskan untuk mendahuluinya dengan yang manis. Alangkah baiknya jika untuk memulai berbuka dengan memakan Kurma terlebih dahulu karena kurma juga dapat  memenuhi asupan nutrisi selama puasa. Kurma mudah dicerna dan dapat mengurangi rasa lapar sehingga mencegah kamu makan berlebihan saat berbuka.  Buah ini juga kaya akan gula dan energi, serta dapat mencegah konstipasi.

Posting Komentar untuk "Pentingnya asupan Gizi Dalam Berpuasa"

Iklan Bawah Artikel