Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perlunya Mengurangi Penggunaan Sampah Plastik

Plastik telah menjadi sabahat manusia hampir setiap hari menggunakan plastik untuk  dimanfaatkan sampai saat ini. Sampah plastik adalah jenis sampah yang perlu didaur ulang agar bisa bermanfaat kembali karena plastik sebagai material yang sulit diurai secara alami dan sangat membutuhkan waktu tahun untuk bisa terurai dengan baik.


Sudah tidak heran jika Indonesia menjadi negara penyumbang sampah plastik kedua setelah China, sampai saat ini plastik menjadi salah satu limbah yang sulit untuk didaur ulang atau pun terurai dalam tanah karena plastik memiliki kandungan kimia polyethylene yang berbahaya bagi lingkungan. Polyethylene  merupakan jenis plastik yang akan terpecah menjadi partikel kecil dalam tanah sedangkan partikel kecil ini sangat berbahaya untuk lingkungan sebab partikel ini lebih beracun.

Bahkan akibat banyaknya pengguna plastik  mengakibatkan laut di Indonesia yang tercemar oleh limbah pastik maka untuk melindungi lingkungan dari  kerusakan yang parah akibat sampah plastik  alangak baiknya jika kita memulai untuk mengurangi penggunaan plastik dari rumah tetapi jika memang  terpaksa menggunakan bahan plastik, dapat didaur ulang secara baik dan benar atau dapat di urai secara alami jika tidak dilakukan sampah ini akan menumpuk menumpuk dimana-mana


Kerusakan yang terjadi di lingkungan  di dominasi oleh sampah- sampah terutama sampah plastik  yang tidak sepenuhnya dapat diolah. untuk mencegah meningkatnya kerusakan lingkungan  perlu adanya kesadaran dari masyarakat dengan pengurangan penggunaan plastik dalam kehidupan sehari hari sangat bermanfaat untuk lingkungan dan  berdampak positif. Jika anda mengurangi sampah plastik secara tidak langsung anda sudah membantu menyelamatkan lingkungan. Ada banyak cara meminimalisir penggunaan plastik jauh lebih sederhana yang dapat mengubah hidup dan lingkungan kit alebih aman


  • Pastikan Belanja  Kemasan Kertas

Jika sering berbelanja makanan yang siap saji atau cemilan, sebaiknya pilihla toko  yang memberikan kemasan kertas, ini salah saru cara mengurangi sampah plastik untuk membantu mengurangi sampah plastik


  • Membawa Tas Belanja 

Kantong plastik belanja juga menjadi salah satu kontributor terbesar dari sampah plastik yang tersebar Mulai sekarang biasakanlah  menggunakan kantong ramah lingkungan. pastikan  belanja menggunakan tas kain yang bisa digunakan kembali, di beberapa daerah ataukota saat ini sudah menerapkan kebijakan mini market dan supermarket tidak boleh menggunakan kantong plastik yang dapat mencemari lingkungan. Dengan menggunakan tas belanja sendiri yang berbahan dasar kain. Selain Anda bisa membersihkannya sendiri, tas berbahan kain tentunya lebih kuat dan dapat digunakan untuk berulang kali.


  • Hindari penggunaan sedotan Plastik
Sedotan berbahan plastik mulai dilarang secara perlahan sehingga kesadaran akan pentingnya melestarikan lingkungan hidup semakin meningkat. Kini, banyak perusahaan multinasional yang  sudah bayak  mengganti sedotan plastik dengan sedotan kertas yang bisa didaur ulang bahkan sudah ada restoran  menggunakan sedotan logam dan kaca yang bisa dicuci dan digunakan kembali,  maka dari itu sebelum membeli pastikan dulu sedotan yang di pakai berbahan apa.


  • Daur Ulang Kemasan Plastik
Jika kemasan plastik tidak bisa kita hindari setidaknya Gunakan kreativitas  untuk mengolah sampah plastik tersebut menjadi barang fungsional misalnya dengan menggunakan kembali wadah yang telah digunakan sehingga kamu bisa terus berkreasi dan berinovasi menemukan ide-ide baru untuk membuat produk yang menarik dari sampah atau barang bekas.

  • Gunakan Botol Minun dan kotak makan sendiri
Mulai biasakan diri untuk membawa botol minum dan wadah makanan yang dapat dicuci dan dipakai lagi. karena jika kita menggunakan kemasan plastik dari botol air mineral yang kita minum atau kemasan makanan, tanpa disadari kita sudah  menyumbangkan sedikit banyak sampah plastik. dengan membawa botol dan kotak makan sendiri  tentu dapat mengurangi produksi sampah  plastik.

Posting Komentar untuk "Perlunya Mengurangi Penggunaan Sampah Plastik"

Iklan Bawah Artikel