Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide Menarik Untuk Pengembangan Pendidikan di Indonesia

Ide Menarik untuk Pengembangan Pendidikan di Indonesia


Ide Menarik untuk Pengembangan Pendidikan di Indonesia -Pernahkah Anda merasa bosan atau lelah saat belajar? Atau kamu merasa tidak ingin belajar karena waktu dan situasi yang tidak mendukung?Jika Anda pernah merasakan kondisi seperti ini,cobalah mulai bangun semangat Anda untuk belajar kembali. Mengapa?Lantas, apa saja ide menarik untuk Pengembangan Pendidikan di Indonesia dari sini?Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Program SM3T (Sarjana Pendidikan di Daerah Terluar, Terdepan, dan Tertinggal)

Program SM3T merupakan program pengajaran di bidang khusus yang dilaksanakan atas kerjasama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Persyaratan untuk mengikuti program ini antara lain:

  • Harus memiliki gelar Sarjana Pendidikan dari universitas yang paling sedikit terakreditasi B

  • Berusia 27 tahun pada bulan Desember tahun pendaftaran

  • Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama program

  • Dan memiliki belum pernah mengikuti program SM3T sebelumnya.

Program Guru Garis Depan (GGD)

Program Guru Garis Depan (GGD) merupakan program pendidikan yang dimulai pertama kali pada tahun 2014. GGD bertujuan untuk mengirimkan tenaga pendidik yang berkualitas ke berbagai pelosok tanah air yang masih kekurangan tenaga pendidik. 

Untuk mengikuti program ini,Anda harus memiliki sertifikat pendidik atau gelar "Gr" (guru profesional). Tugas yang diberikan kepada mereka juga tidak tanggung-tanggung, yaitu mewujudkan generasi emas Indonesia tahun 2045. Wah, benar-benar pahlawan tanpa tanda jasa ya.

Komunitas Jendela

Window Community adalah komunitas yang bergerak di bidang pendidikan anak dan remaja.Komunitas ini didirikan oleh sekelompok anak muda asal Yogyakarta pada tanggal 12 Maret 2011.Tidak hanya fokus pada sisi akademik,komunitas ini juga fokus pada sisi non akademik lho. Kehadirannya diharapkan mampu membuka wawasan anak-anak Indonesia, melatih kemandirian dalam belajar, dan membentuk kemampuan kepemimpinan. 

Jika ingin membantu namun belum bisa berpartisipasi langsung dalam kegiatan belajar mengajar, jangan bersedih. Karena Anda bisa membantu dengan cara lain, bisa berupa ide, uang, buku, alat musik, atau yang lainnya.

Indonesia Mengajar (IM)

Berawal dari anggapan bahwa kualitas guru SD menempati posisi yang lebih rendah dibandingkan dengan jenjang lainnya, IM memfokuskan pendidikannya pada sekolah dasar, karena sekolah dasar merupakan tahap awal yang penting untuk menentukan perkembangan seseorang. 

IM ini terbentuk dari organisasi pelosok Indonesia, kegiatan yang satu ini berani memajukan pendidikan Indonesia. Kegiatan IM dilakukan minimal 1 tahun untuk setiap wilayah. Selain itu, IM juga membuka program baru yaitu Indonesia Menyala yang lebih fokus pada pendistribusian buku di daerah-daerah khusus.

Akademi Berbagi

Didirikan oleh Ainun Chomsun, Sharing Academy lahir karena sulitnya mencari tempat belajar dengan mudah dan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Ketujuh komponen tersebut merupakan penentu kualitas seseorang.

Kualitas Pendidikan di Tengah Pandemi

Menjaga kualitas pendidikan menjadi tantangan nyata di tengah pandemi corona atau covid-19 yang sedang berlangsung. Interaksi langsung di kelas antara guru dan siswa harus dibatasi atau bahkan dihilangkan sama sekali untuk mencegah penyebaran virus. Akibat pandemi, kegiatan belajar mengajar harus dilakukan dengan cara online.

Apalagi belakangan ini seiring dengan berlangsungnya proses pembelajaran jarak jauh, sejumlah sekolah, mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, dan sederajat di sejumlah daerah di Indonesia dilaporkan mengalami kesulitan, baik kesulitan teknis maupun non teknis.

Perlu diketahui bahwa tidak semua guru dan siswa khususnya di daerah terpencil memiliki perangkat yang memenuhi syarat kelayakan pelaksanaan kegiatan online. Fasilitas jaringan internet yang menjamin konektivitas tidak merata di seluruh tanah air. Itu tentu menjadi tantangan tersendiri. 

Oleh karena itu, kekhawatiran terhadap penurunan kualitas pendidikan, sekali lagi tidak boleh diabaikan. Semua pemangku kepentingan pendidikan nasional harus turun tangan untuk mencari solusi dan mengantisipasi potensi masalah. Proses pembelajaran jarak jauh yang selama ini diterapkan di perguruan tinggi terbuka dapat menjadi model awal dari roadmap tersebut. 

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa tentunya bukanlah pekerjaan yang mudah. Namun, Anda tetap harus berusaha dengan semangat dan selalu optimis. Cara meningkatkannya adalah sebagai berikut.

Menggunakan Metode Pembelajaran yang Tepat dan Bervariasi

Cara meningkatkan motivasi belajar siswa dapat dilakukan dengan melakukan diversifikasi metode pembelajaran. Jika siswa mulai bosan dengan materi yang disajikan, Anda dapat mengganti metode lain, misalnya diskusi kelompok, tanya jawab, demonstrasi, dan sebagainya.

Menjadikan Siswa Pembelajar yang Aktif

Cara selanjutnya adalah membuat siswa menjadi aktif di kelas. Bagi siswa yang berani menjawab, akan mendapatkan reward yang terbaik.

Memanfaatkan Media Secara Optimal

Anda dapat menggunakan media sebagai salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Contohnya dengan menampilkan visualisasi pembelajaran yang sedang berlangsung. Melalui visualisasi, siswa dapat lebih mudah memahami suatu materi. Jika mereka paham, pasti mereka mulai semangat saat belajar nanti.

Menciptakan Kompetisi

Melalui kompetisi, mereka akan membuktikan satu sama lain bahwa mereka adalah yang terbaik. Untuk menjadi siswa terbaik di sekolah, Anda harus rajin belajar agar mendapatkan peringkat teratas. Kondisi ini akan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Contoh motivasi siswa untuk belajar melalui kompetisi adalah membuat kecerdasan di kelas. 

Bagi kelompok pemenang tentunya akan mendapatkan hadiah dan poin tambahan. Sementara itu, grup yang kalah hanya akan mendapat tambahan poin. Tetapi kompetisi ini banyak mengajarkan hal positif dan ini juga mampu menarik semangat siswa. Semua pasti bersaing ingin mendapatkan nilai yang terbaik, tetapi tidak semua anak mampu belajar dengan bersungguh-sungguh.

Melakukan Evaluasi Secara Berkala

Evaluasi merupakan salah satu cara bagi guru untuk mengukur kompetensi siswanya. Melalui evaluasi, Anda dapat mengukur efektivitas pembelajaran yang telah dilakukan. Jika hasil evaluasi selalu menunjukkan hasil yang baik, maka dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa memiliki motivasi belajar yang cukup besar. Contohnya dengan membuat penilaian yang berkaitan dengan kegiatan siswa, seperti tugas dan kuis.

Sampaikan Motivasi Secara Langsung

Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi siswa adalah dengan memotivasi mereka. Pada poin-poin sebelumnya, motivasi yang Anda berikan adalah motivasi tidak langsung. Nah, ternyata kamu juga bisa memberikan motivasi langsung kepada siswa, yaitu dengan menceritakan kisah sukses ayah atau ibumu atau tokoh lainnya. Ketika mereka mendengar tentang kesuksesan orang lain, mereka sering termotivasi untuk mengikuti jejak mereka. Alhasil, mereka bisa lebih aktif dalam belajar.

Pahami Tujuannya

Apa tujuan kamu belajar? Itu adalah pertanyaan yang sering kita dengar dari seorang guru. Jika sudah menemukan jawabannya maka sangat mudah buat Anda meningkatkan motivasi. Karena pihak yang menjadi dasar kuliah adalah Anda dengan tujuan untuk kebaikan Anda sendiri.

Demikian ulasan artikel yang kami buat tentang Pengembangan Pendidikan, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Ide Menarik Untuk Pengembangan Pendidikan di Indonesia"

Iklan Bawah Artikel