Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Untuk Berprestasi

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Untuk Berprestasi


Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Untuk Berprestasi - Manusia tentunya memiliki keinginan untuk belajar dan memperluas ilmu guna mencapai impian atau cita-citanya. Mimpi seperti kehidupan bagi sebagian orang.Maka tidak heran jika orang kemudian menuntut ilmu ke jenjang yang tinggi.Demi mendapatkan hasil yang maksimal,tak sedikit yang rela merogoh kocek lebih dalam untuk mendukung motivasinya.

Proses untuk mencapai tujuan bukanlah hal yang mudah.Butuh perjuangan dan usaha yang keras untuk mencapainya.Mulailah dari diri sendiri terlebih dahulu. Niat, usaha,dan doa harus selalu berjalan beriringan. Salah satu kesulitan dalam belajar adalah menemukan motivasi.Inilah beberapa cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa seperti dibawah ini.

Sesuaikan dengan Metode yang Anda Suka

Ada berbagai jenis pembelajaran yang disukai orang, setiap orang memiliki metodenya sendiri.Ada yang suka membaca, ada yang suka menonton,ada yang suka mendengarkan.Ilmu bisa didapat dari mana saja. Pilih metode apa yang paling Anda sukai. Dengan begitu, semangat belajar akan mulai tumbuh kembali.

Tetapkan Target untuk Diri Sendiri

Target penting untuk bisnis.Ingatlah selalu target apa yang akan Anda capai, misalnya jika Anda bisa berbahasa Korea dengan lancar,maka Anda akan bisa bekerja di kedutaan Korea Selatan. Mengingat target itulah yang membuat semangat belajar kembali menyala.

Bergabunglah dengan Tim Pembelajaran Online

Belajar bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Salah satunya adalah meningkatkan motivasi belajar melalui pembelajaran online. Anda dapat bertukar informasi dan pengetahuan dengan teman-teman. Melalui pembelajaran online,Anda tidak hanya dapat menambah ilmu, tetapi juga menambah teman.

Menggabungkan Metode Pembelajaran

Agar tidak bosan dan bosan,Anda bisa memadukan beberapa metode pembelajaran yang ada.Misalnya dengan belajar menggunakan peta, sambil menonton video di Youtube.Perasaan senang dan gembira akan membuat motivasi belajar tetap stabil.

Atur Jam Belajar

Kebiasaan akan selalu membuat Anda benar.Caranya adalah dengan mengatur waktu belajar yang tepat setiap hari.Anda akan mulai terbiasa dan konsisten dengan waktu. Rasa kantuk pun tidak akan mengurangi semangat belajar.

Beri Diri Anda Hadiah Kecil

Mulailah menghargai diri sendiri.Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan memberi diri Anda hadiah kecil.Penghargaan ini bisa Anda berikan jika mampu mencapai target yang ditentukan. Misalnya, jika Anda dapat menyelesaikan semua masalah dalam buku,Anda akan mendapatkan liburan sehari di pantai.

Istirahatlah

Jangan berpikir Anda harus belajar sepanjang waktu. Tidak ada salahnya istirahat sejenak agar otak segar kembali. Istirahat yang cukup juga merupakan ide yang baik untuk meningkatkan motivasi belajar.Selain tidur, Anda bisa mencoba melakukan mediasi atau olahraga ringan.

Hindari Gangguan Kecil

Gangguan sekecil apapun dapat mengganggu proses otak menerima pembelajaran. Cobalah untuk berkonsentrasi lebih dalam,fokuskan pikiran Anda, dan jauhi gangguan. Pilih tempat yang Anda sukai, bisa di tempat yang tenang atau di tempat lain yang bebas sesuai dengan metode belajar Anda.

Jangan Malu untuk Bertanya

Ketika Anda mengalami kesulitan dalam belajar, jangan pernah ragu untuk bertanya. Sebuah pertanyaan atau rasa ingin tahu akan menumbuhkan lebih banyak pengetahuan. Dengan jawaban yang sudah didapat, wawasan Anda akan lebih terbuka. Anda bisa bertanya kepada orang terdekat, orang tua, saudara, atau guru.

Bertemanlah Dengan Orang yang Suka Belajar

Bukan berarti Anda didorong untuk memilih teman. Namun untuk urusan semangat belajar, pilihlah teman yang memiliki semangat belajar yang tinggi. Lingkungan akan berdampak pada diri sendiri. Kalian bisa belajar bersama. Dengan dekat dengan orang-orang yang suka belajar, otomatis Anda akan termotivasi untuk belajar.

Hubungan Motivasi Belajar dengan Keberhasilan Akademik

Dengan mata telanjang, kita tentu bisa mengetahui siswa mana yang memiliki motivasi belajar dan mana yang tidak. Perbedaan tersebut terlihat di dalam kelas. Berbeda dengan siswa yang tidak memiliki motivasi belajar cenderung pasif dan tidak gesit. Namun seberapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap keberhasilan akademik siswa? Memiliki motivasi belajar berarti siswa memiliki keinginan atau kebutuhan dari dalam dirinya untuk belajar. 

Siswa merasakan adanya gerakan dalam dirinya untuk mengikuti kegiatan pembelajaran, tenaganya banyak dikeluarkan untuk mencapai tujuannya. Akibatnya, siswa berpotensi mencapai kondisi terbaik dalam menerima pendidikan berkualitas dan hasil akhirnya adalah kesuksesan akademik. Karena semua pekerjaan sekolah dilakukan dengan penuh tanggung jawab dan diselesaikan secara efektif dan efisien.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar

Apakah Anda sudah memahami bahwa motivasi sangat penting dalam pendidikan? Tetapi dapatkah siswa yang termotivasi membantu guru dalam berbagai tugas? Jawabannya tentu sangat membantu guru. Lalu, apa manfaatnya bagi guru? Berikut rinciannya:

  • Jadikan pekerjaan Anda lebih mudah dan tugas lain dapat diselesaikan dalam waktu yang lebih singkat

  • Suasana kelas menjadi lebih kondusif dan meminimalkan gangguan

  • Guru dapat menerapkan metode pengajaran yang pedagogis dan mampu mengarahkan siswa untuk berhasil

  • Proses belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan dan tentunya akan membuat suasana hati Anda lebih bahagia

Tidak mudah menumbuhkan motivasi belajar siswa, namun selalu ada cara mudah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Sebelum masuk ke bagian ini, ketahui dulu beberapa faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa.

Keterlibatan Orang Tua

 Orang tua memegang peranan penting dalam prestasi akademik anak. Termasuk dalam motivasi belajar dengan perannya untuk meningkatkan minat anak.  Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak sejak dini dapat dilakukan dengan mengajak anak membaca. Hal ini dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Masalah Keluarga

 Tidak semua anak hidup dalam keluarga yang sempurna. Terkadang ada juga anak yang harus menghadapi perceraian orang tua atau tinggal bersama orang tua tunggal. Inkonsistensi dalam keluarga atau situasi rumah yang kondusif seringkali mempengaruhi motivasi belajar anak.

Jika siswa Anda menghadapi masalah ini, maka cara untuk meningkatkan motivasi siswa adalah dengan menjadi teman mereka dan menawarkan untuk membantu mereka dengan masalah yang mereka hadapi. Jadikan Anda sebagai motivasi bagi siswa Anda.

Hubungan dengan Teman

Seiring bertambahnya usia, teman menjadi hal penting dalam hidup mereka. Jadi teman bisa sangat berpengaruh dalam kehidupan siswa Anda. Konflik tidak dapat dihindari dan seringkali mengarah pada sesuatu yang mengintimidasi. Seringkali masalah tersebut juga menurunkan motivasi belajar siswa. Jika tidak ditangani dengan baik, hal ini akan sangat mempengaruhi prestasi akademik siswa atau anak Anda.

Lingkungan

Faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar siswa adalah kondisi lingkungan belajar. Termasuk lingkungan sekolah dan tempat tinggalnya. Apakah lingkungan mampu memberikan energi positif menjadi salah satu cara untuk meningkatkan motivasi siswa. Tentunya lingkungan yang positif akan membuat hubungan sosial menjadi baik. Sehingga siswa akan merasa nyaman dalam lingkungan tersebut karena merasa terdukung untuk belajar.

Demikian ulasan artikel yang kami buat tentang Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Untuk Berprestasi"

Iklan Bawah Artikel