Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Tips Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami


Tips Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami - Setelah sembuh, jerawat seringkali meninggalkan bekas yang tentunya bisa mengganggu penampilan.Bekas jerawat adalah masalah serius bagi banyak orang. 

Karena selain mengganggu, memiliki bekas jerawat di wajah juga bisa mengurangi rasa percaya diri. Menghilangkan bekas jerawat tidak harus hanya pergi ke klinik kecantikan,tidak ada salahnya mencoba cara menghilangkan Bekas Jerawat secara alami di rumah. 

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan kulit salah satunya dapat membantu menghilangkan bekas jerawat. Minyak zaitun mengandung vitamin E dan antioksidan tingkat tinggi yang sangat baik untuk memperbaiki sel kulit,mencerahkan dan menghilangkan flek hitam di wajah, termasuk bekas jerawat.

Oleskan minyak zaitun dalam jumlah yang cukup ke seluruh wajah Anda menggunakan tangan Anda. Pijat bekas jerawat selama beberapa menit. Diamkan selama kurang lebih 20 menit atau semalaman, lalu bilas wajah dengan air hingga bersih. 

Jeruk Nipis

Cara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan jeruk nipis.

  • Potong jeruk nipis segar menjadi 2 bagian.

  • Peras airnya dalam mangkuk.

  • Bersihkan wajah, lalu oleskan jus lemon ke seluruh wajah, terutama di area bekas jerawat.

  • Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit agar meresap,lalu bilas wajah dengan air hangat hingga bersih.

  • Lakukan perawatan ini secara rutin hingga bekas jerawat benar-benar memudar.

Lemon Untuk Mengobati Jerawat

Kebanyakan obat jerawat yang dijual di pasaran mengandung lemon karena memiliki efek ampuh dalam mengobati jerawat. 

Mengetahui berbagai manfaat tersebut, mengapa tidak mencoba meraciknya sendiri di rumah? Caranya, peras lemon untuk mendapatkan airnya, oleskan ke seluruh wajah dan biarkan selama 10 menit yang lalu. Jangan dibiarkan terlalu lama di kulit karena bisa mengiritasi dan membakar. 

Bagi pemilik kulit gelap disarankan untuk berhati-hati melakukan cara ini. Lemon mempengaruhi sel-sel penghasil melanin yang dapat menyebabkan bintik hitam pada bekas jerawat. 

Sementara itu, pemilik kulit sensitif sebaiknya melakukan tes sensitivitas kulit terlebih dahulu pada garis rahang atau rahang. Jika kulit Anda menjadi merah atau terbakar, campur jus lemon dengan madu atau lidah buaya untuk menyeimbangkan keasaman.

Cuka Sari Apel

Kandungan nutrisi cuka sari apel tidak hanya efektif untuk membersihkan wajah dari jerawat. Namun juga mampu menghilangkan bekasnya bila digunakan secara rutin.

  • Campurkan 2 sendok makan cuka sari apel dengan 1 sendok makan air.

  • Tambahkan sedikit madu, lalu aduk hingga merata.

  • Oleskan campuran tersebut ke seluruh wajah, terutama bekas jerawat.

  • Pastikan wajah Anda bersih sebelum mengaplikasikannya.

  • Diamkan semalaman, keesokan paginya bilas dengan air hingga bersih.

Masker Jagung Muda

Masker jagung mudah terbukti ampuh menghilangkan bekas jerawat yang membandel. Caranya, haluskan jagung muda lalu oleskan ke seluruh wajah hingga merata. 

Biarkan semalaman lalu bilas dengan air bersih keesokan paginya. Tentunya Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal bila cara menghilangkan bekas jerawat dengan masker jagung muda ini dilakukan secara rutin.

Apa Manfaat Dari Lulur Gula?

Pemanis yang satu ini sebenarnya bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat secara alami lho. Gula pasir dapat mengangkat sel kulit mati dan flek hitam bekas jerawat jika digunakan sebagai scrub wajah.

  • Masukkan 1 sendok makan gula pasir madu secukupnya.

  • Tambahkan 5 tetes jus lemon, lalu aduk ketiga bahan tersebut hingga membentuk pasta scrub.

  • Oleskan dan gosok perlahan pada bekas jerawat, lakukan selama beberapa menit dan bilas.

Bengkuang

Bengkuang dipercaya dapat membuat wajah lebih segar, cerah, dan putih. Manfaat tersebut membuat Bengkoang juga efektif sebagai cara menghilangkan bekas jerawat secara alami. Kandungan vitamin C dalam bengkuang dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Bengkuang juga memiliki senyawa beta-karoten dan vitamin A yang berfungsi sebagai antioksidan.

  • Haluskan Bengkoang dengan cara diblender atau ditumbuk.

  • Tempelkan bengkuang secara merata pada wajah seperti menggunakan masker.

  • Diamkan selama 30 menit, lalu bersihkan wajah dengan air hingga bersih.

  • Lakukan secara rutin untuk mendapatkan kulit mulus bebas dari bekas jerawat.

Gunakan Lidah Buaya

Bekas jerawat yang menghitam di dahi dan pipi tentu sangat mengganggu penampilan. Bahkan rasa percaya diri akan berkurang jika dibiarkan terlalu lama. Solusinya, Anda bisa mencoba mengaplikasikan cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dan dahi secara cepat dengan menggunakan lidah buaya. 

Lidah buaya merupakan penghilang bekas jerawat alami yang dapat meredakan gangguan kulit. Lendir pada lidah buaya mampu mendorong produksi melanin di kulit menjadi lebih stabil. Lidah buaya yang dioleskan secara merata pada kulit pada malam hari akan menghilangkan flek hitam bekas jerawat pada kulit wajah.

Tomat

Kandungan vitamin A dan C pada tomat mampu mengencangkan kulit, mencerahkan, dan juga dapat menghilangkan bekas jerawat dengan cepat.

  • Siapkan 1 buah tomat segar.

  • Potong tomat setipis mungkin dan tempelkan pada bekas jerawat.

  • Diamkan selama 30 menit dan bilas.

Apa Manfaat Madu Untuk Kesehatan Wajah?

Selain rasanya yang manis, madu ternyata memiliki banyak manfaat bila digunakan untuk perawatan kulit wajah. Ini termasuk melawan bakteri, memudarkan bekas jerawat, mencerahkan, dan menjaga kelembapan kulit wajah. 

Namun hasil yang efektif bisa didapatkan saat menggunakan madu mentah. Oleskan madu ke seluruh wajah. Biarkan selama sekitar 15 atau 20 menit seolah-olah Anda menggunakan masker. Amalkan masker madu ini 2-3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

Bawang Putih

Tak hanya mampu mengobati jerawat, ternyata bawang putih juga bisa memudarkan bekas jerawat. Senyawa thiacremonone sulfur yang terkandung dalam bawang putih mengandung sifat antibakteri yang dapat menghilangkan bekas jerawat.

  • Haluskan Bawang Putih sesuai selera.

  • Bersihkan wajah terlebih dahulu.

  • Kemudian oleskan bawang putih ke bekas jerawat.

  • Biarkan selama 2-3 menit, lalu bilas wajah Anda dengan air hangat.

Itulah beberapa cara ampuh menghilangkan bekas jerawat secara alami yang bisa Anda coba dan lakukan sendiri di rumah. Pilih dan lakukan salah satu perawatan di atas secara rutin untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Gunakan Mentimun

Cara menghilangkan bopeng akibat jerawat dengan mentimun cukup mudah, iris tipis mentimun secukupnya dan tempelkan pada kulit wajah. Sensasi dingin dari mentimun juga akan menyegarkan kulit.

Sebarkan Irisan Kentang

Kentang juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat secara alami. Kentang mengandung vitamin dan mineral yang dapat menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam di wajah. Kulit yang terluka akibat bekas jerawat juga bisa disembuhkan dengan menggunakan ramuan ini. 

Caranya, iris tipis kentang lalu tempelkan pada bekas jerawat di wajah setelah beberapa menit didiamkan lalu bilas. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya cara ini dilakukan 3 kali dalam seminggu.

Manfaatkan Bawang Merah

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat hanya dalam 1 hari, maka bawang merah adalah jawabannya. Kandungan antimikroba dalam bawang merah berfungsi untuk melawan bakteri penyebab jerawat dan menghilangkan bekas jerawat pada kulit. 

Jadi bawang bombay tidak hanya bisa dijadikan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat tapi juga jerawat yang membandel. Caranya, parut bawang bombay hingga halus lalu oleskan pada jerawat dan bekasnya selama kurang lebih 5 menit, lalu bilas dengan air bersih. Demikian artikel tentang tips ampuh menghilangkan bekas jerawat secara alami semoga dapat bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Tips Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami"

Iklan Bawah Artikel