Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Dan Cara Mengatasi Tumit Pecah Pecah

Penyebab Dan Cara Mengatasi Tumit Pecah-Pecah


Penyebab Dan Cara Mengatasi Tumit Pecah-Pecah - Masalah kaki pecah-pecah seringkali membuat tidak nyaman hingga nyeri saat berjalan.Selain itu,munculnya kulit kasar pada kaki cukup mengganggu penampilan. Tumit Pecah-Pecah adalah masalah paling umum bagi wanita. 

Memicu kaki kering dan pecah-pecah akibat hilangnya kelembapan kulit.Jika dibiarkan tanpa perawatan yang tepat,dapat menyebabkan infeksi serius. Sebelum melakukan perawatan kaki lebih lanjut,kenali dulu berbagai penyebab kaki pecah-pecah di bawah ini.

Penyebab Kaki Pecah-Pecah Kaki

Stres Fisik Pada Kaki

Misalnya seperti penggunaan alas kaki atau sepatu yang terlalu ketat dan pengap.Kondisi lembab dan panas di dalam sepatu menyebabkan kadar air pada kulit hilang.

Sehingga lapisan luar kulit menebal dan mudah pecah. Tidak hanya saat kering,kaki pecah-pecah juga disebabkan karena sering terkena air terlalu lama. Jadi, pastikan kaki Anda selalu kering atau gunakan alas kaki.

Faktor Usia

Faktor bertambahnya usia tidak bisa dihindari oleh semua orang.Perubahan hormonal dan metabolisme dalam tubuh akibat penuaan dapat menyebabkan lapisan luar kulit menebal.Termasuk lapisan pelindung kulit di bagian tumit yang menipis sehingga menyebabkan kulit menjadi stres, menebal, dan akhirnya pecah-pecah.

Paparan Bahan Kimia Berbahaya

Penggunaan bahan kimia berbahaya dalam sabun atau produk perawatan kaki dapat menyebabkan kaki Anda kehilangan kelembapan alaminya. Pertama, pastikan bahan dalam sabun atau produk perawatan kaki yang Anda gunakan aman dan cocok untuk kulit kaki Anda.

Cara Mengatasi Kaki Pecah-Pecah

Berikut beberapa cara mudah mengatasi kaki pecah-pecah yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Rendam Kaki di Air Hangat

Luangkan waktu setidaknya seminggu sekali dengan merendam telapak kaki dalam air hangat selama 10 hingga 15 menit. Gosok scrub yang berasal dari campuran garam, lidah buaya, dan minyak kelapa. 

Anda juga bisa menggunakan batu apung atau loofah khusus untuk mengangkat sel kulit mati. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial yang Anda suka untuk menambah kenyamanan dan kesegaran pada kaki.

Kenakan Alas Kaki Yang Tepat

Bisa jadi masalah kaki pecah-pecah yang Anda alami disebabkan oleh pemakaian alas kaki. Alas kaki yang sempit dan terlalu ketat dapat membatasi jangkauan gerak tumit. Pastikan alas kaki memiliki bantalan di belakang kaki, tidak terbuka, dan dapat melindungi saat beraktivitas atau terkena air. 

Untuk perlindungan tambahan, kenakan kaus kaki setelah mengoleskan pelembab. Tujuannya agar gesekan berkurang, keringat terserap, dan kulit kaki tetap lembab.

Gunakan Pelembab Area Tumit Secara Teratur

Gunakan pelembab pada area kaki untuk mencegah tumit kering dan pecah-pecah. Pilih pelembab alami dengan shea butter, asam hialuronat, minyak zaitun, atau minyak kelapa yang terbukti mampu melembabkan, dan menjaga produksi minyak alami kulit di area tumit. 

Pelembab kini tersedia dalam bentuk krim, losion, dan salep. Hindari produk dengan wewangian, retinoid, alkohol, atau asam alfa hidroksi yang dapat memicu kulit kering dan sensitif.

Pisang Dan Alpukat

Alpukat dapat yang membantu mengurangi peradangan pada kulit pecah-pecah karena mengandung vitamin A, E, asam lemak omega, dan nutrisi lain. Sedangkan pisang berfungsi sebagai pelembab kulit. Kombinasi keduanya dapat membantu mengatasi tumit pecah-pecah. 

Bagaimana Cara Memanfaatkan Pisang dan Alpukat untuk Tumit Pecah-Pecah?

  • Hancurkan satu pisang matang dan setengah alpukat. 

  • Aduk hingga rata dan oleskan dengan lembut ke tumit. 

  • Biarkan selama 15 hingga 20 menit lalu basuh kaki dengan air hangat. 

  • Lakukan ini setiap hari.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah penyembuh ajaib yang secara alami dapat melembabkan, menghaluskan, dan mengangkat kulit mati di telapak kaki. Oleskan minyak zaitun di malam hari pada tumit atau kaki yang pecah-pecah, pijat dengan lembut lalu bungkus dengan kaus kaki katun. Anda akan merasakan perbedaan pada kulit Anda di pagi hari. Lakukan setiap malam untuk hasil yang maksimal.

Havermut

Oatmeal memiliki sifat anti-inflamasi dan melembabkan kulit. Campurkan 1 sendok makan bubuk oatmeal dengan 4-5 tetes minyak zaitun. Oleskan pasta ini ke kaki, terutama di atas tumit dan area yang pecah-pecah. Biarkan selama sekitar setengah jam. Bilas dengan air dingin dan keringkan. Lakukan ini setiap dua hari.

Lemon Dan Garam

Lemon kaya akan vitamin C yang dapat meremajakan kulit, sedangkan garam berfungsi untuk mencegah infeksi pada luka. Iris lemon lalu taburkan garam di atasnya, lalu gosokkan pada kulit yang pecah-pecah. 

Cuka Sari Apel

Asam ringan yang ada dalam cuka sari apel bertindak sebagai exfoliator kimia untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Cuka sari apel membantu melembutkan kulit kering. Isi baskom dengan air secukupnya untuk merendam kaki. Rendam kaki dalam air selama kurang lebih 15 menit dan gosok untuk mengangkat sel kulit mati dari kaki. Lakukan cara ini setiap hari.

Minyak Kelapa

Selain bermanfaat untuk memasak makanan di dapur, minyak kelapa juga bermanfaat untuk kecantikan dan kulit karena memiliki manfaat anti bakteri dan anti jamur. Bahkan, minyak kelapa murni juga merupakan salah satu pelembab yang paling direkomendasikan untuk kulit. 

Pertama, pijat tumit kaki dengan minyak kelapa sebelum tidur. Ada baiknya memakai kaus kaki untuk menjaga kelembapan. Jangan lupa untuk mencucinya hingga bersih di pagi hari dan lakukan secara rutin.

Apa Manfaat Madu Untuk Pengobatan Kaki Pecah-Pecah?

Madu

Madu memiliki banyak manfaat tidak hanya untuk kesehatan tetapi juga ampuh dalam menjaga kecantikan kulit. Madu kaya akan vitamin, mineral, antioksidan, dan antiseptik alami yang dapat digunakan sebagai pelembab wajah dan tubuh. 

Caranya adalah dengan merendam kaki dalam campuran air hangat dan madu selama 20 menit. Gosok atau gosok lembut kulit tumit yang kasar untuk mengobati kaki pecah-pecah. Lakukan secara rutin agar kulit kaki lebih cepat halus.

Minyak Pohon Teh

Minyak Pohon Teh membantu mengurangi peradangan. 

  • Campurkan 5-6 tetes minyak pohon teh dengan 1 sendok makan minyak kelapa atau zaitun. 

  • Oleskan pada kaki yang pecah-pecah.

  • Tutupi kaki dengan kaus kaki dan biarkan semalaman. 

  • Lakukan ini setiap malam sebelum tidur.

Tepung Beras

Tepung beras dapat membantu pengelupasan, mencerahkan, dan meremineralisasi kulit. Ini membuat tumit lebih halus dan lembut. Campurkan dua hingga tiga sendok makan tepung beras atau beras giling dengan 1 sendok teh madu dan 3-4 tetes cuka sari apel encer. 

Aduk hingga membentuk pasta kental. Rendam kaki dalam air hangat selama 10 menit dan gosok perlahan dengan pasta tepung beras untuk mengangkat sel kulit mati dari kaki. Gunakan scrub ini 2 kali seminggu.

Lidah Buaya

Khasiat gel lidah buaya atau aloe vera gel dalam dunia kecantikan sudah tidak diragukan lagi, bahkan gel lidah buaya juga ampuh untuk merawat kulit kaki yang kering dan pecah-pecah. Caranya bersihkan kaki dengan air hangat, lalu oleskan gel lidah buaya pada kaki secara merata. 

Bungkus kaki Anda dengan kaus kaki dan biarkan gel lidah buaya ini bekerja dengan baik saat Anda tidur. Lakukan setiap malam selama lima hari berturut-turut dan Anda akan melihat perbedaan pada kaki Anda. Demikian artikel tentang penyebab dan cara mengatasi tumit pecah-pecah semoga dapat bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Penyebab Dan Cara Mengatasi Tumit Pecah Pecah"

Iklan Bawah Artikel