Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Penting Mengurangi Tekanan Darah

Tips Penting Mengurangi Tekanan Darah


Tips Penting Mengurangi Tekanan Darah - Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah suatu kondisi di mana Tekanan Darah naik di luar batas 140/90. Kadang-kadang gejala hipertensi juga tidak dapat diprediksi dan tidak menyebabkan gejala apa pun. Ini harus menjadi perhatian penting bagi semua orang. 

Hipertensi jika tidak ditangani dengan cepat akan berdampak negatif pada kesehatan, seperti menyebabkan serangan jantung dan stroke. Jumlah kasus hipertensi berasal dari stres karena tekanan kerja yang berlebihan, persaingan, diet yang berantakan dan tidak sehat, dan gaya hidup yang tidak seimbang. 

Sementara tekanan pekerjaan dan persaingan tidak dapat dikontrol karena semuanya di luar kendali. Tapi jangan takut, kita bisa mencegahnya dan mengendalikannya melalui gaya hidup dan kebiasaan makan, lalu pola tidur seimbang. Saat mulai menyeimbangkannya, gejala hipertensi tidak akan muncul.

Penyebab Tekanan Darah Tinggi

Untuk mencegah hipertensi, tentu akan lebih baik jika Anda mengetahui penyebab tekanan darah tinggi terlebih dahulu. Berdasarkan penyebabnya, tekanan darah tinggi dibagi menjadi dua, yaitu hipertensi primer dan hipertensi sekunder.

Hipertensi primer

Kebanyakan orang mengalami tekanan darah tinggi tanpa mengetahui penyebabnya. Kondisi ini disebut sebagai hipertensi primer yang biasanya berkembang secara bertahap selama bertahun-tahun.

Hipertensi sekunder

Dalam hipertensi sekunder, tekanan darah tinggi muncul tiba-tiba dan biasanya lebih buruk daripada hipertensi primer. Penyebab darah tinggi sekunder biasanya:

  • Masalah tiroid

  • Sleep apnea.

  • Masalah ginjal

  • tumor di kelenjar adrenal

  • Cacat bawaan dalam pembuluh darah

  • Penggunaan obat-obatan tertentu (misalnya flu dan obat batuk)

  • Penggunaan obat-obatan terlarang (misalnya kokain)

Faktor risiko hipertensi

Penyebab tekanan darah tinggi tidak diketahui dengan tepat, tetapi ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, yaitu:

  • Obesitas atau memiliki berat di atas normal (kelebihan berat badan)

  • Merokok

  • Konsumsi alkohol, kopi, atau minuman lain yang mengandung kafein

  • Konsumsi terlalu banyak garam

  • Kurang mengonsumsi buah dan sayuran

  • Jangan cukup istirahat

  • 65 tahun ke atas

  • Memiliki kerabat yang mengalami tekanan darah tinggi

  • Memiliki keturunan Afrika atau Karibia

  • Tidak cukup untuk berolahraga

  • Jangan mengkonsumsi potasium yang cukup

  • Memiliki tingkat stres yang tinggi

Lihat cara mencegah serta mengurangi tekanan darah tinggi dengan mengubah gaya hidup berikut.

Jaga berat badan

Salah satu cara untuk mengurangi tekanan darah tinggi adalah mempertahankan bobot menjadi ideal, artinya Anda harus memiliki berat badan sesuai dengan tinggi badan Anda.

Mempertahankan berat badan yang sehat untuk jenis tubuh Anda dapat membantu menjaga tekanan darah Anda. Oleh karena itu, membuang kelebihan berat badan sangat penting sebagai keberhasilan cara mengurangi tekanan darah tinggi

Makan makanan sehat

Sebagai bagian dari cara mengurangi tekanan darah tinggi, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan produk susu rendah lemak, dan kolesterol. Meskipun mengubah kebiasaan makan bukanlah hal yang mudah dilakukan, tetapi Anda dapat mencoba menerapkan diet sehat sebagai berikut.

Bagaimana Cara Menerapkan Diet Sehat?

Tulis buku harian makanan. Tujuannya adalah untuk memantau apa dan berapa banyak makanan yang telah Anda makan. Pertimbangkan untuk meningkatkan potasium dengan konsumsi buah dan sayuran. 

Kalium dapat mengurangi efek natrium pada tekanan darah. Jadilah pembeli pintar, yaitu dengan membaca label nutrisi makanan, Anda berbelanja, dan tetap dalam rencana makan makanan sehat bahkan ketika Anda makan di luar.

Olahraga

Berolahraga secara teratur, setidaknya 30 menit per hari seminggu, bisa menjadi tekanan darah yang lambat perlahan tapi pasti. Mengapa harus dilakukan secara teratur? Alasannya adalah bahwa jika Anda berhenti berolahraga, tekanan darah Anda akan meningkat lagi. 

Jika Anda mengalami pra-hipertensi, olahraga dapat membantu Anda menghambat hipertensi. Atau, jika Anda memiliki hipertensi, olahraga akan membantu tekanan darah Anda pada tingkat yang aman.

Bentuk olahraga yang mungkin Anda coba menurunkan tekanan darah adalah jalan, jogging, bersepeda, berenang, atau bahkan menari. American College of Sports Medicine (ACSM) mengatakan bahwa latihan sederhana seperti berjalan atau melakukan pekerjaan rumah dapat mengurangi tekanan darah. 

ACSM merekomendasikan setengah jam minimum aktivitas fisik moderat lima hari seminggu. Dengan menggabungkan latihan kardiovaskular (seperti berlari atau berenang) dalam rutinitas Anda, itu dapat meningkatkan sirkulasi, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan meningkatkan efisiensi jantung. Kombinasi akan mengurangi tekanan darah Anda.

Hindari kemasan dan makanan olahan

Baru-baru ini yang telah mengurangi kadar kemasan dan makanan olahan natrium, karena banyak kasus kematian akibat tekanan darah tinggi terjadi karena asupan natrium yang berlebihan melalui kemasan makanan. Jadi untuk menjaga hipertensi masih dikendalikan, penting bagi Anda untuk mengurangi atau menghentikan memakan makanan dalam kemasan.

Konsumsi makanan rendah lemak

Pilih makanan yang sehat dan rendah lemak. Daging hewan, unggas, dan kuning telur harus dikurangi. Kami menyarankan Anda makan daging tanpa Gajih, ayam tanpa kulit, dan ikan. Lemak harus dilepas sebelum digoreng. Tingkatkan sayuran hijau dan buah-buahan yang kaya serat.

Konsumsi obat-obatan sesuai dengan aturan dokter

Ketika Anda mengonsumsi obat anti hipertensi, Anda harus meminumnya setiap hari pada saat yang sama dengan dosis yang sama sesuai dengan saran dokter. Ketika menderita efek samping, Anda harus memberi tahu dokter.

Hindari stress

Tidak dapat dipungkiri, stres dapat menyebabkan berbagai penyakit termasuk hipertensi. Sebaiknya hindari stres sehingga tidak memicu peningkatan tekanan darah. Jika Anda merasa tegang atau kesal, cobalah melakukan olahraga ringan seperti berjalan, berlari, atau bersepeda. Selain itu, selesaikan masalah yang dihadapi dan selalu berpikir positif.

Apa Manfaat Kurangi Konsumsi Garam?

Untuk mengurangi tekanan darah (hipertensi), Anda harus mengurangi konsumsi garam menjadi kurang dari sekitar satu sendok teh garam per hari dapat membuat perbedaan besar dalam tekanan darah Anda.

Berhenti merokok

Rupanya, setiap rokok yang Anda konsumsi dapat berkontribusi pada peningkatan tekanan darah. Karena itu, berhenti merokok akan membantu Anda mengurangi tekanan darah.

Kegiatan di luar ruangan

Tingkat vitamin D yang rendah dalam tubuh ternyata memainkan peran dalam meningkatkan tekanan darah. Selain itu, menurut sebuah penelitian, diketahui bahwa memakan suplemen vitamin D tidak membantu meningkatkan tekanan darah. 

Untuk itu, salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan kegiatan di luar ruangan sehingga kulit Anda terkena sinar matahari. Ketika kulit terpapar sinar matahari, reaksi kimia akan menyebabkan pembuluh darah melebar dan tekanan darah jatuh.

Periksa tekanan darah Anda secara teratur

Memeriksa tekanan darah Anda secara rutin dapat menjadi cara untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Monitor tekanan darah secara teratur dapat membantu Anda melakukan upaya pencegahan sehingga tidak ada peningkatan tekanan darah atau bahkan hipertensi.

Menjalani hidup secara normal dan sehat

Menerapkan gaya hidup yang sehat dan seimbang adalah penting bagi kesehatan jiwa tubuh. Luangkan waktu untuk bersantai dan berinteraksi dengan teman dan keluarga setelah hari kerja yang sibuk akan mengurangi stres dan efek tidak langsung mengurangi risiko penyakit. Demikian artikel tentang tips penting mengurangi tekanan darah semoga dapat bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Tips Penting Mengurangi Tekanan Darah"

Iklan Bawah Artikel