Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Bisnis Franchise Dengan Tepat

Tips Memilih Bisnis Franchise Dengan Tepat


Tips Memilih Bisnis Franchise Dengan Tepat - Saat akan memulai bisnis di bidang franchise,tidak sedikit para calon pebisnis terutama pebisnis pemula yang bingung memilih bisnis franchise yang tepat.Hal ini dikarenakan banyak peluang bisnis dengan sistem franchise, terutama bisnis makanan dan minuman yang menguntungkan. 

Pilihan bisnis yang tepat akan membuat bisnis Anda berjalan dengan baik dan cepat berkembang.Bisnis Franchise merupakan salah satu bisnis yang sedang booming saat ini.Selain mudah dijalankan tanpa perlu repot menyiapkan nama, merk, rasa dan peralatan, bisnis ini juga biasanya membutuhkan modal yang tidak terlalu besar dan menguntungkan. 

Bagi pemula yang bingung jenis bisnis apa yang cocok, bisnis franchise bisa menjadi pertimbangan.Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips memilih bisnis franchise yang tepat agar sukses bagi anda yang berminat membuka usaha dengan sistem franchise. 

Pengertian Bisnis Waralaba

Bisnis Franchise adalah bisnis dengan konsep yang melibatkan beberapa pihak seperti franchisor dan franchisee yang membuat perjanjian kerjasama. Bisnis Sistem Waralaba, yang awalnya berkembang di Amerika, atau di masyarakat kita mengenalnya sebagai bisnis Waralaba.

Pemberi waralaba bertindak sebagai pemberi waralaba yang bertanggung jawab atas barang atau peralatan yang dibutuhkan oleh penerima waralaba, termasuk bahan baku. Secara umum ada beberapa kewajiban yang harus dipenuhi oleh franchisor kepada franchisee yaitu,

  • Siapkan peralatan operasi bisnis

  • Mempersiapkan kinerja manajemen yang baik

  • Memastikan kelangsungan bisnis 

  • Menyediakan distribusi bahan baku jangka panjang serta kelengkapan bisnis hingga ke detail terkecil

Dengan terpenuhinya keempat kewajiban tersebut maka franchisee dapat menjalankan usahanya sesuai dengan ketentuan yang telah dibuat. Sedangkan franchisee adalah franchisee yang memiliki tanggung jawab untuk menjaga citra dan kualitas produk dari franchisor. 

Franchisee memiliki dua kewajiban finansial kepada franchisor, yaitu franchisee fee dan royalty fee. Franchisee fee adalah imbalan atas pemberian hak oleh franchisor. Biaya franchisor bisa satu kali di awal pembelian franchise. 

Sedangkan royalty fee adalah sejumlah uang atau kompensasi yang dibayarkan secara berkala dan merupakan persentase dari omzet penjualan. Nilai keduanya tergantung pada jenis waralaba. Sedangkan menurut Asosiasi Waralaba Indonesia, pengertian waralaba adalah suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada konsumen akhir.

Dimana pemilik merek (franchisor) memberikan hak kepada orang perseorangan atau perusahaan (franchisee) untuk melakukan usaha dengan merek, nama, sistem, prosedur, dan metode yang telah berjalan sebelumnya untuk jangka waktu tertentu dan mencakup wilayah tertentu. Bisnis franchise adalah bisnis yang mudah. 

Sebab, Anda (sebagai franchisee) tidak perlu repot menyiapkan merek, nama, rasa atau kualitas produk dan perlengkapan lainnya. Semuanya tersedia dari franchisor. Masalah yang sering muncul dalam bisnis franchise adalah modal usaha. Banyak pengusaha pemula yang mengeluhkan masalah ini. 

Namun seiring berjalannya waktu, saat ini banyak sekali bisnis franchise yang modalnya di bawah 10 juta. Namun, Anda juga harus jeli dalam menentukan bisnis franchise yang akan Anda ambil. Lalu, bagaimana cara memilih bisnis franchise atau waralaba yang murah dan menguntungkan? Berikut kami berikan tips yang bisa Anda lakukan.

Bagaimana Tips Memilih Bisnis Franchise?

Sesuaikan Waralaba Dengan Modal Yang Tepat

Setiap orang pasti memiliki modal yang berbeda-beda, baik itu modal dari simpanan, kredit maupun pinjaman dari bank. Oleh karena itu, jika Anda ingin memulai bisnis, akan lebih baik untuk memilih bisnis yang sesuai dengan modal yang Anda miliki. Jangan terlalu memaksakan diri dengan memilih bisnis yang memiliki modal besar meskipun modalnya terbatas.

Waralaba Terbukti Kredibilitas

Kredibilitas atau citra produk dalam bisnis waralaba sangat penting untuk menarik minat konsumen. Jadi, jangan asal-asalan memilih bisnis franchise walaupun modal bisnis untuk bisnis tersebut murah.

Carilah nama yang sudah dikenal masyarakat. Dengan begitu, respon pasar terhadap bisnis Anda cukup baik. Bekerja sama dengan penyedia franchise berpengalaman yang sudah memiliki nama tentunya menjadi salah satu indikator kesuksesan bisnis Anda kedepannya.

Pilih Merek Waralaba Yang Memiliki Manajemen Yang Baik

Tidak dapat dipungkiri bahwa pengelolaan suatu bisnis atau bisnis apapun, termasuk bisnis franchise, tentunya akan menjadi ujung tombak bagaimana bisnis tersebut akan terus berkembang. Pilih merek waralaba yang dapat memberi Anda dukungan manajemen yang baik. Artinya, perusahaan akan membantu mitra bisnisnya untuk maju bersama. Ini penting untuk dilakukan.

Memilih Merek Waralaba Terkenal

Jika Anda diberi pilihan untuk membeli atau bekerja sama dengan pemilik bisnis waralaba, maka pastikan Anda memilih bisnis atau merek waralaba yang terkenal. Nama merek waralaba yang populer akan membantu Anda mengurangi pengeluaran untuk promosi sehingga Anda dapat menghemat banyak uang. Sosialisasi dan promosi suatu produk akan dilakukan oleh pemilik usaha franchise.

Pastikan Lisensi Bisnis Waralaba Legal

Jangan sampai usaha yang Anda kembangkan gulung tikar karena tersangkut kasus hukum. Oleh karena itu, selain produk yang jelas, pastikan izin usaha juga jelas.

Gali Informasi Lengkap dan Kenali Franchisornya

Carilah informasi tentang reputasi bisnis, bagaimana pemilik bisnis memulai bisnis dan berapa banyak cabang yang telah didirikan. Dengan mengetahui beberapa hal tersebut, Anda bisa menentukan apakah bisnis franchise atau waralaba itu bagus dan mampu bertahan atau tidak. Selain itu, dengan mengetahui bagaimana seorang franchisor memulai bisnis, Anda juga dapat menggunakannya sebagai masukan untuk mengembangkan bisnis.

Merek Waralaba Sesuai Passion

Ada banyak nama atau jenis waralaba di pasaran. Namun, bagi Anda, tidak semua merek tersebut bisa menjanjikan masa depan yang cerah. Oleh karena itu, pilihlah merek waralaba yang sesuai dengan passion atau kesukaan Anda. 

Kenapa Kita Harus Memilik Merek Franchise Sesuai Dengan Passion Kita?

Dengan demikian, walaupun ini adalah usaha kecil-kecilan, Anda akan melakukannya dengan senang hati, penuh semangat dan tentunya bekerja dengan maksimal serta hasilnya akan lebih maksimal. Jadi, merek franchise tidak harus mahal, yang penting sesuai dengan passion Anda.

Pilih Lokasi Waralaba yang Tepat dan Strategis

Lokasi yang strategis mampu mendatangkan lebih banyak konsumen. Semakin strategis lokasi, semakin banyak target konsumen. Carilah lokasi di tempat-tempat ramai seperti kampus, pasar, perkantoran, pusat perbelanjaan dan lain sebagainya. Jika konsumen semakin banyak maka penjualan akan meningkat sehingga omzet bisnis ini akan semakin tinggi.

Lihat Segmen Pasar Produk yang Tepat

Anda harus cerdas dalam menentukan segmen pasar untuk jenis produk yang Anda jual. Pastikan produk, konsumen, dan lokasi bisnis waralaba Anda saling mendukung. Misalnya, jika Anda memiliki bisnis waralaba makanan, konsumen yang Anda targetkan adalah segala usia dan tempat yang paling cocok adalah keramaian.

Siap dengan Risiko Waralaba yang ada

Setiap usaha atau bisnis pasti memiliki resiko, mulai dari yang kecil hingga yang besar. Semua ini mengarah pada kegagalan. Namun, Anda harus tetap optimis dan pantang menyerah untuk meraih kesuksesan.

Itulah beberapa tips memilih bisnis franchise yang tepat, terutama bagi pemula. Bagi anda yang berminat menjalankan bisnis franchise semoga tips ini dapat bermanfaat dan membantu anda untuk sukses menjalankan bisnis dengan sistem franchise atau waralaba. Demikian artikel tentang tips memilih bisnis franchise dengan tepat.

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Bisnis Franchise Dengan Tepat"

Iklan Bawah Artikel