Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Fitur Tersembunyi Aplikasi WhatsApp

Beberapa Fitur tersembunyi Aplikasi WhatsApp


WhatsApp adalah aplikasi perpesanan paling favorit di antara orang-orang di dunia,termasuk di dalam negeri. Aplikasi ini pertama kali dirilis pada tahun 2009.Sejak dirilis,hingga kini WhatsApp terus mencuri perhatian publik. 

Di tengah persaingan antar aplikasi lain, Aplikasi WhatsApp tetap unggul menjadi yang pertama.Terbukti pada November tahun ini, WhatsApp mendominasi jumlah unduhan.Sekarang WhatsApp tidak hanya dapat digunakan untuk mengirim pesan, tetapi juga untuk mengirim foto, video, panggilan gratis, audio, panggilan video, promosi bisnis, pembaruan status, dan sebagainya.

Fitur Aplikasi Whatsapp 

Seiring dengan kebutuhan individu, WhatsApp telah menjelma menjadi aplikasi yang membantu pekerjaan profesional. Dari segi penggunaan, WhatsApp tergolong aplikasi yang mudah digunakan oleh siapa saja. banyak kelebihan, ternyata masih ada fitur yang belum dimanfaatkan oleh pengguna. 

Padahal fitur-fitur tersebut dapat berfungsi untuk menunjang kenyamanan Anda dalam melakukan chatting. Karena beberapa fitur tersebut tersembunyi dan tidak banyak yang tahu. Tunggu apa lagi, segera aktifkan fitur tersembunyi WhatsApp ini agar obrolan Anda dengan rekan kerja menjadi lebih seru? Nah, itulah beberapa fitur tersembunyi WhatsApp yang belum banyak diketahui orang.

Pesan Berbintang

Untuk lebih mudah dan cepat menemukan pesan lama yang telah dibenamkan dengan obrolan baru, Anda dapat memanfaatkan fitur pesan berbintang yang memiliki fungsi sama dengan yang disematkan.

Caranya, Anda tinggal menekan dan menahan pesan yang ingin Anda tandai, lalu muncul opsi asterisk di bagian atas layar. Kemudian tekan simbol. Sekarang pesan penting itu dapat Anda temukan dengan cepat di tab Pesan Berbintang di menu utama.

Ubah font menjadi lebih menarik

Selain memberikan emoticon untuk membuat obrolan lebih menarik, Anda juga dapat mengubah font agar lebih menarik dan terlihat berbeda. Fitur ini dapat memberikan penekanan tambahan pada pesan tertulis yang dicetak tebal, miring, dan dicoret. Untuk melakukannya, cukup tambahkan tanda bintang (*) di kedua sisi kata atau frasa untuk aksen tebal, tambahkan garis bawah (_) untuk membuat huruf miring dan tanda tilde (~) untuk mencoret.

Kunci WhatsApp dengan ID Wajah atau ID Sentuh

WhatsApp menyematkan fitur keamanan ganda pada aplikasi chat Anda. Untuk pengguna iOS, Anda dapat mengatur akun WhatsApp Anda untuk meminta otentikasi ID Wajah atau ID Sentuh saat membuka WhatsApp, bahkan saat perangkat tidak terkunci.

Untuk melakukannya, buka Pengaturan, Akun, Privasi, Layar Kunci, Aktifkan ID Wajah atau ID Sentuh. Kemudian pilih durasi waktu (segera, setelah satu menit, setelah 15 menit, atau setelah satu jam). Dengan fitur ini, pengguna WhatsApp di iOS tidak perlu lagi menginstal aplikasi pihak ketiga lainnya untuk mengunci WhatsApp.

Membaca pesan tanpa diketahui oleh pengirim pesan

Status online mungkin tidak nyaman bagi sebagian orang. Karena ada beberapa orang yang tidak ingin diketahui ketika sedang online. Ini juga menyangkut privasi dan kenyamanan Anda saat terhubung. Tak ingin mengecewakan pengguna, WhatsApp punya cara canggih untuk menutupi itu semua. 

Anda dapat membaca pesan tanpa mengetahui seberapa aktif Anda di akun WhatsApp Anda. Buka aplikasi WhatsApp di Android. Pilih menu setting atau setting, titik tiga di pojok atas menu utama. Kemudian pilih menu Privasi. Kemudian tekan atau matikan notifikasi notifikasi, Disable Non-Receipts.

Bagaimana Cara Temukan akun yang paling sering Anda ajak mengobrol?

Apakah Anda tahu siapa atau akun mana yang paling sering Anda ajak mengobrol sejauh ini? Nah, buat kamu yang penasaran dengan siapa saja mereka. Sekarang Anda akan tahu siapa mereka. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengeceknya langsung melalui WhatsApp di Android.

  • Buka akun WhatsApp Anda.

  • Pilih menu setting atau setting di pojok atas.

  • Kemudian pilih Penggunaan Data dan Penyimpanan

  • Kemudian klik menu Penggunaan Penyimpanan.

  • Setelah itu klik Pilih Kontak.

Setel dering notifikasi yang berbeda

Menyetel suara peringatan atau dering yang berbeda untuk setiap pesan masuk dapat memudahkan Anda mengetahui siapa yang mengirim pesan tanpa melihat layar ponsel Anda. Untuk pengguna Android, tap buka group chat atau kontak teman yang diinginkan, pilih custom notification, centang kotak lalu selesaikan pengaturan. Untuk pengguna WhatsApp di iPhone, tap nama kontak saat membuka chat ​​lalu pilih Custom Tone.

Fitur penyimpanan data seluler

WhatsApp dikenal sebagai salah satu aplikasi yang banyak memakan banyak data atau ruang penyimpanan di ponsel. Ada beberapa penyebab salah satunya karena foto dan video dari kontak WhatsApp masuk secara otomatis di ponsel. Buat kamu yang memiliki jadwal padat pasti tidak sempat untuk menghapusnya satu per satu. 

Nah, untuk mengatasi masalah yang satu ini, kamu bisa mengatur kebutuhan data seluler. Cara mudahnya adalah dengan mematikan opsi 'automatic download' di pengaturan WhatsApp. Dengan teknik ini, Anda dapat memilih aturan penggunaan data seluler untuk mengunduh media.

Menyematkan akun dan grup WhatsApp

Bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi, Anda pasti memiliki banyak grup WhatsApp. Namun, dari sekian banyak grup, mungkin ada beberapa yang kurang aktif. Sehingga akan ditutup atau dikubur oleh kelompok yang selalu aktif setiap saat. Namun apa jadinya jika Anda ingin mencari grup yang sudah berada di bawah itu. Pasti ada waktu karena bisa sangat lama.

Nah, cara ini bisa sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin mencari grup dengan mudah. Anda dapat 'menyematkan' grup. Sehingga grup akan berubah menjadi urutan pertama atau teratas. Cara pengaplikasiannya gampang kok, begini caranya.

  • Pilih grup yang ingin Anda pin.

  • Tekan terus.

  • Kemudian pilih tanda atau menu ikon pin.

Siapa yang dapat mengundang ke grup

Mungkin ada beberapa orang yang bernyanyi ketika ingin keluar dari grup setelah diikutsertakan. Di WhatsApp kali ini, pengguna diberikan lebih banyak fitur kontrol pada urusan grup. Fitur baru ini sangat berguna. Alasan kemunculannya karena banyak pengguna yang tidak nyaman atau saat ingin keluar dari grup.

Apa Keunggulan dari Fitur Ini?

Melalui fitur ini, Anda akan memiliki tiga opsi, siapa saja yang dapat Anda sertakan dalam obrolan grup. Semua orang, hanya orang di kontak telepon, dan semua pengguna di kontak kecuali yang diblokir. Berikut cara mudah untuk mengaktifkannya.

  • Unduh WhatsApp di Android.

  • Buka WhatsApp.

  • Buka menu pengaturan, di sudut kanan atas halaman utama.

  • Pilih menu Akun.

  • Kemudian pilih atau klik Privasi.

  • Kemudian Anda dapat mengaturnya di menu Grup.

Fitur berbagi status ke Facebook

Seperti yang Anda ketahui, WhatsApp sekarang menjadi bagian dari Facebook. Maka tak heran jika muncul fitur untuk menghubungkan kedua media sosial ini. Nah, buat kamu yang ingin membagikan status WhatsApp atau WA ke Facebook tidak perlu repot mengetik ulang lagi. Anda hanya perlu melakukan satu ketukan untuk mendapatkan hasilnya. Begini caranya.

Buka status WA di hp kamu. Klik atau pilih Status Saya, lalu pilih Bagikan ke Facebook Story. Kemudian pilih Izinkan atau Buka. Otomatis aplikasi Facebook akan terbuka. Pilih audiens Anda atau siapa yang dapat melihat status terbaru Anda. Setelah itu, pilih atau klik Share Now.

Membaca dan membalas pesan tanpa menyentuh telepon

Sebagian orang mungkin tidak mau atau malas membaca pesan ketika keadaan tidak mendukung, terutama bagi Anda yang bekerja dan selalu berhadapan dengan komputer. Ini akan memakan waktu cukup lama jika Anda ingin membuka kunci ponsel. Nah, cara mudah agar tidak perlu membalas pesan lewat ponsel, cukup buka Aplikasi WhatsApp lewat laptop atau komputer.

Posting Komentar untuk "Beberapa Fitur Tersembunyi Aplikasi WhatsApp"

Iklan Bawah Artikel