Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi Memulai Bisnis Laundry Kiloan Dan Target Pasarnya

Strategi Memulai Bisnis Laundry Kiloan Dan Target Pasarnya


Strategi Memulai Bisnis Laundry Kiloan Dan Target Pasarnya - Banyak usaha kecil dan menengah yang bisa dimulai dari rumah,salah satunya usaha laundry kiloan.Oke,Anda lihat ada dua atau tiga bisnis serupa di dekat rumah Anda. Namun,pernahkah Anda melakukan sedikit riset? Lakukan uji pasar dengan mencuci pakaian di laundry terdekat di rumah Anda. 

Hitung berapa hari itu bisa selesai.Percobaan ini dilakukan dengan menggunakan paket biasa alias berapa lama waktu yang dibutuhkan pakaian untuk selesai mencuci dan menyetrika?Jika pakaian Anda baru selesai setelah dua,tiga hari atau lebih banyak memakan waktu,berarti kapasitas kebutuhan cucian cukup tinggi. 

Namun jika sebaliknya.Pakaian Anda bisa jadi besok jadi, jadi persaingan Bisnis Laundry ini masih didominasi oleh orang-orang laundry yang membuka usaha lebih awal.Tidak perlu takut memulai bisnis laundry karena semakin banyak orang yang tidak sempat mencuci atau menyetrika pakaian.Layanan asisten rumah tangga semakin sulit ditemukan. 

Jika menggunakan jasa tukang cuci yang datang ke rumah pastinya lebih banyak memakan biaya. Coba hitung berapa banyak yang Anda keluarkan untuk deterjen,air,listrik,parfum,dan pelembut kain? Bisa lebih besar dari cucian.Oleh karena itu, banyak orang juga memilih untuk menggunakan jasa laundry daripada jasa laundry karena lebih hemat.

Memulai Bisnis Binatu Kiloan

Setelah mengetahui target pasar yang telah Anda terapkan,maka Anda perlu melakukan riset dan menentukan strategi bisnis laundry Anda.Berikut tips memulai bisnis laundry.


Pahami Seluk Beluk Bisnis Laundry Kiloan

Dalam membuka bisnis laundry,Anda bisa langsung memulainya tanpa berpikir dan merencanakan dengan matang.Namun,hal ini akan meningkatkan kegagalan lebih cepat karena kurangnya persiapan atau kesalahan dalam manajemen bisnis.Untuk itu,cara terbaik untuk memulainya adalah dengan melakukan riset terkait seluk beluk kegiatan laundry terlebih dahulu. 

Anda bisa bertanya kepada orang-orang yang lebih tahu tentang bisnis laundry.Dengan begitu,Anda akan memahami banyak hal, seperti peluang bisnis dalam menjalankan bisnis laundry, penyiapan peralatan,jenis layanan,biaya operasional,hingga bentuk promosi.


Menghitung Kebutuhan Modal

Modal usaha yang Anda butuhkan tidak terbatas pada mesin cuci, setrika, deterjen,dll saja.Ada banyak faktor lain yang sulit dilihat jika tidak memperhatikan detailnya.Beberapa faktor lain yang menentukan besarnya modal dalam menjalankan bisnis ini adalah sewa, gaji karyawan, dll. 

Setelah mendapatkan informasi terkait modal tersebut maka akan memudahkan Anda dalam melakukan pembiayaan usaha.Jika anggaran Anda tidak mencukupi,maka Anda dapat berkolaborasi dengan pihak lain yang dianggap memiliki visi dan misi yang sama.


Menentukan Lokasi

Strategi menentukan lokasi merupakan faktor lain yang akan menentukan sukses tidaknya bisnis laundry Anda.Jika salah memilih lokasi tentu akan membuat bisnis Anda sepi pelanggan,dan akhirnya bangkrut lebih cepat.

Maka dari itu,sebelum Anda memilih lokasi bisnis Anda,Anda dapat memilih target pasar Anda terlebih dahulu melalui penjelasan sebelumnya. Setelah itu,Anda mungkin bisa membuka layanan laundry di dekat tempat tinggal target pasar Anda sehingga lebih mudah dijangkau dan ditemukan.


Mengamati Pesaing

Sebenarnya bisnis laundry bukanlah bisnis baru. untuk itu,ketika Anda memiliki lokasi,maka Anda harus memperhatikan ada tidaknya pesaing di sekitar Anda atau tidak.Absennya kompetitor di lokasi Anda tentunya akan berdampak positif bagi bisnis Anda. 

Namun jika sudah ada kompetitor di daerah tersebut,maka Anda harus menentukan strategi pemasaran yang tepat agar bisa tetap bersaing dengan mereka.Amati bagaimana mereka melayani pelanggannya, mulai dari harga dan strategi pemasaran.


Penetapan Harga

Dengan hadirnya pesaing di sekitar Anda,Anda akan mengetahui harga pasaran untuk satu kilogram cucian.Harga pasar ini akan membantu Anda menentukan strategi penetapan harga untuk bisnis Anda.Beberapa faktor lain yang menentukan harga adalah modal awal,seperti peralatan,biaya sewa,biaya listrik, perawatan peralatan, dll.

Apa Manfaat Dari Penetapan Harga Dalam Bisnis Laundry?

Setelah Anda berhasil menghitung semua faktor harga, selanjutnya Anda bisa membandingkannya dengan harga pasar.Jika harga tersebut mampu memberikan keuntungan bagi bisnis Anda, maka Anda bisa bersaing dengan harga tersebut.Atau Anda juga bisa menagih harga yang lebih tinggi dengan tambahan pelayanan yang baik.


Tetapkan Standar Layanan yang Memuaskan

Dalam memenangkan persaingan di bisnis laundry,memasang harga murah bukan satu-satunya cara yang efektif.Cara lain yang bisa dicoba adalah dengan meningkatkan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan meski harganya lebih mahal. 

Seorang pegawai customer service juga harus belajar tentang bagaimana melayani pengaduan dan menyelesaikan masalah dengan baik. Anda juga memerlukan prosedur untuk mencegah masalah,seperti mengganti pakaian,merusak pakaian,dan kehilangannya. 

Agar pelanggan lebih percaya,berikan jaminan atas kesalahan yang mungkin ada dalam bisnis Anda,seperti mengganti kerugian dengan kompensasi uang atau laundry gratis.


Tentukan Strategi Pemasaran Bisnis Laundry

Menentukan strategi pemasaran sangat penting agar bisnis Anda dapat diketahui oleh pelanggan. Strategi pemasaran awal yang bisa Anda coba lakukan adalah dengan mendistribusikan brosur untuk menarik pelanggan dengan cepat. 

Selain itu,Anda juga dapat menggunakan strategi pemasaran online yang menyasar masyarakat di sekitar Anda.Salah satunya adalah dengan menggunakan layanan dari Google Bisnisku yang mampu menampilkan bisnis Anda di Google Map.


Mengelola Keuangan

Ketika bisnis Anda berjalan dengan sukses,maka keuangan menjadi penting untuk setiap aktivitas operasional bisnis Anda. Untuk itu,Anda perlu mengatur keuangan bisnis Anda agar dapat memantau ke mana aliran dana dalam bisnis Anda mengalir. 

Melakukan pengelolaan uang yang tepat akan menghasilkan keuntungan yang lebih tertarget, sehingga Anda dapat lebih mengembangkan perusahaan Anda,seperti membuka cabang baru atau mengganti peralatan mesin cuci yang lebih besar.

Namun, jika Anda kesulitan mengelola keuangan sendiri,maka Anda dapat memanfaatkan software akuntansi Accurate Online.Dengan Accurate Online, Anda dapat mengelola biaya produk, mengontrol inventaris,dan memantau laporan keuangan bisnis Anda dengan mudah dan real-time.


Dimana Saja Target Pasar Bisnis Laundry?

Meski tidak bisa merangkul semuanya, masing-masing target pasar berpotensi untuk dijajaki karena membutuhkan laundry.Berikut ini merupakan target pasar laundry yang bisa Anda jadikan referensi agar Anda bisa menentukan pelayanannya.


Mahasiswa

Saat ini banyak pelajar yang berasal dari luar daerah dan berdomisili di kota-kota besar.Banyak dari mereka yang berasal dari kalangan menengah ke atas yang belum pernah mencuci pakaian sebelumnya.Selain itu,sebagian besar mahasiswa ini juga lebih memilih untuk menyewa kost atau kontrakan selama menempuh pendidikan.


Pekerja Kantor

Saat ini banyak juga pekerja kantoran yang berusaha hidup mandiri.Mereka juga menyadari bahwa waktu yang mereka miliki tidak sama dengan masa lalu.Mereka harus berangkat pagi-pagi sekali dan pulang pada malam hari setiap hari.

Sehingga mereka tidak punya banyak waktu untuk mengurus pakaian kotor mereka.Selain itu, kesibukan sehari-hari para pekerja kantoran juga membuat mereka terlalu lelah untuk mengurus pakaian kotor.Karena itulah mereka membutuhkan jasa laundry untuk menjaga pakaian kotor mereka.


Pasangan Yang Sudah Menikah

Setiap pasangan suami istri tentunya memiliki aktivitas dan tanggung jawab yang jelas berbeda dengan pekerja kantoran atau pelajar.Pasangan suami-istri ini biasanya memiliki kesibukan yang sama,terutama bagi pasangan easy yang sama-sama bekerja.

Tentu saja mereka punya aktivitas sendiri-sendiri,tidak termasuk memasak,membersihkan rumah, hingga mengasuh anak.Saat akhir pekan tiba,mereka akan lebih memilih bersantai bersama keluarga.Dari ketiga poin tersebut dapat disimpulkan bahwa bisnis laundry kiloan akan selalu memiliki marketplace tersendiri. 

Akan selalu ada mahasiswa,pekerja kantoran,dan pasangan yang baru menikah setiap tahunnya.Hal inilah yang membuat bisnis laundry bertahan cukup lama.Demikian strategi memulai bisnis laundry kiloan dan target pasarnya semoga bermanfaat.



Posting Komentar untuk "Strategi Memulai Bisnis Laundry Kiloan Dan Target Pasarnya"

Iklan Bawah Artikel