Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keindahan Wisata Alam di Jawa Tengah

Keindahan Wisata Alam di Jawa Tengah


Keindahan Wisata Alam di Jawa Tengah - Jawa Tengah telah lama dikenal sebagai pusat kebudayaan Jawa. Lebih dari itu,ada juga bangunan kuno yang mengeksplorasi jejak sejarah.Bagi pecinta alam,provinsi ini juga memiliki sejumlah nama dalam daftar tempat wisata alam populer.Setiap kota menawarkan destinasi andalan bagi para pelancong dari seluruh nusantara, bahkan dunia.


Dataran Tinggi Dieng

Secara administratif,Dataran Tinggi Dieng termasuk dalam wilayah Kabupaten Wonosobo.Di sini,Anda akan menemukan banyak sekali Wisata Alam yang akan memukau siapa pun.Salah satunya dengan adanya Telaga Warna yang kondisi warna airnya sering berubah-ubah. 

Kabarnya,perubahan warna tersebut terjadi karena kandungan sulfur yang tinggi di dalamnya.Kompleks Candi Dieng memiliki lahan seluas kurang lebih 1,8 km x 0,8 km.Tempat ini merupakan kompleks candi Hindu Siwa yang konon dibangun pada abad ke-8.

Air terjun Jenggala

Curug Jenggala terletak di Dusun Kalipagu dan letaknya tidak terlalu tinggi,namun memiliki debit air yang cukup deras.Ciri khas dari tempat wisata ini yaitu terdapat 3 aliran air.

Dimana air terjun utamanya berada di tengah dengan aliran paling deras.Curug Jenggala memiliki Selfie Deck dengan papan kayu berbentuk hati dengan background air terjun.Lokasi deck kayu sangat cocok untuk berfoto ria atau untuk selfie.

Gunung Merbabu, Boyolali

Bahkan bagi para pemula Gunung Merbabu menjadi salah satu destinasi favorit para pendaki.Puncak tertingginya berada di ketinggian 3.142 mdpl,yaitu Puncak Kenteng Songo.Pemandangan alam di sini tentunya tidak perlu diragukan lagi. 

Anda bahkan bisa melihat dua Gunung Kembar Sindoro dan Sumbing secara bersamaan.Jika beruntung, Anda juga bisa melihat beberapa hewan liar seperti burung, monyet,dan monyet saat mendaki. 

Selain puncaknya, terdapat sabana yang sangat luas dan indah yang biasanya dijadikan sebagai tempat peristirahatan para pengunjung.Dengan begitu,Anda bisa menikmati suasana pegunungan sembari berfoto di berbagai area sabana.

Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti adalah salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang paling populer.Umbul sidomukti terletak di kawasan ungaran kabupaten semarang. Umbuk Sidomukti mempunyai kolam renang yang asalnya dari air pegunungan dan juga berbagai jenis permainan adrenalin yang pasti harus anda coba. 

Dengan suasana pegunungan dan pemandangan kota Semarang akan menjadi keindahan tempat wisata di Semarang ini.Jika Anda melangkah lebih jauh dari pemandian, Anda akan dapat melihat pemandangan yang lebih indah dan juga sebuah pondok kopi yang memberikan kenikmatan kopi khas Semarang. Bagi Anda pecinta kopi wajib mengunjungi penginapan kopi yang satu ini.

Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog memiliki ketinggian kurang lebih 30 m, dan menggambarkan keindahan pesona alam yang unik. Sejak dulu dipercaya pelangi muncul di air terjun ini setiap pukul sepuluh pagi.Kawasan wisata Curug Jumog memiliki nilai tambah keindahannya yaitu adanya jembatan yang unik selain keindahan curugnya.

Puncak Argopuro Lasem, Rembang

Letak Puncak Argopuro Lasem tidak terlalu tinggi,yakni hanya di ketinggian 806 mdpl.Ada dua jalur pendakian yang bisa Anda tempuh untuk mencapai puncak Argopuro Lasem, yaitu melalui Desa Siwalan Sukun, Desa Sedan atau Ngroto, Pancur.

Memang lumayan lama, tapi semuanya dijamin akan terbayar lunas saat disambut pemandangan alam khas pegunungan.Suasananya yang tenang dengan udara yang sejuk, cocok untuk anda yang ingin melepaskan diri sejenak dari hiruk pikuk kota.

Bagaimana Kondisi Cuaca Air Terjun Kali Pancur?

Air Terjun Kali Pancur

Air terjun ini dihiasi bebatuan alam dan juga goa kecil tempat bersarang burung walet dengan ketinggian sekitar 100 meter.Cuaca disini sering berubah dengan cepat, jadi tidak ada salahnya anda membawa payung, seringkali panas dari atas,di tengah perjalanan tiba-tiba turun hujan,dan sebentar saja reda lagi.Untuk menuju lokasi tempat wisata ini belum terdapat angkutan umum, sehingga anda harus membawa kendaraan sendiri.

Bukit Pangonan, Banyumas

Kalian saat berada di kawasan Dieng perlu pergi ke tempat wisata alam di Jawa Tengah yang satu ini. Meskipun khawatir waktu dan tenaga akan terkuras destinasi ini kerap dijadikan alternatif bagi Anda yang ingin menjelajah Gunung Dieng.

Lembah luas yang berada di area puncak menjadi daya tarik Bukit Pangonan. Lembah tersebut terbentuk dari bekas cekungan danau yang telah mengering. Seiring berjalannya waktu,cekungan tersebut ditumbuhi ilalang, membentuk kawasan sabana yang tampak asri dan asri. Untuk itu,jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikannya, ya!

Air Terjun Grojokan Sewu

Grojogan Sewu memiliki udara yang sejuk karena berada di dalam hutan yang masih asri dan alami ditambah dengan banyaknya pepohonan akan membuat suasana menjadi teduh dan sejuk karena memiliki ketinggian sekitar 1000 mdpl.

Karena debit air di air terjun ini cukup besar walaupun sedang musim kemarau namun tetap saja volume air yang mengalir cukup banyak tempat wisata ini memiliki ketinggian sekitar 81 meter yang dinamakan Gerojogan Sewu.

Brown Canyon, Semarang

Untuk menyaksikan kemegahan Grand Canyon  Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke Amerika Serikat. Di perbatasan Kota Semarang dan Kabupaten Demak tepatnya di Desa Rowosari,Tembalang terdapat tempat wisata alam yang akan mengingatkan Anda pada Grand Canyon.Namanya Brown Canyon, bekas kawasan galian bukit yang kini menjadi bukit berbatu terjal.

Kini,bebatuan yang berukuran sangat besar dengan warna merah kecoklatan,menciptakan pemandangan yang menarik untuk dijelajahi.Untuk bisa melihat sendiri keindahan pemandangan di Brown Canyon ini,kamu hanya perlu membayar tiket masuk kurang lebih Rp 5.000. Cukup terjangkau bukan?

Bagaimana Lokasi Wisata Alam Danau Sunyi?

Danau Sunyi, Purwokerto

Wisata alam jawa tengah yang satu ini cocok untuk anda yang tidak suka keramaian. Sesuai dengan namanya,Telaga Sunyi merupakan mata air alami yang lokasinya cukup terpencil sehingga suasananya cenderung tenang. 

Biasanya pengunjung akan menikmati pemandangan alam dengan duduk-duduk di sekitar danau.Sebelum melanjutkan perjalanan ke tempat wisata lainnya Anda sebaiknya menghirup udara sejuk yang akan membuat Anda merasa lebih rileks dan segar.

Wisata Alam Lembah Sindoro Posong Temanggung

Di Posong Temanggung terdapat tempat wisata alam yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi yaitu Lembah Sindoro Posong.Setiap hari,Lembah Sindoro Posong buka mulai pukul 04.00-17.00.Dengan begitu,Anda bisa menikmati matahari terbit di sini jika tertarik. 

Ada baiknya jika Anda datang dengan menggunakan sepeda motor karena akses jalan menuju Lembah Sindoro Posong masih cenderung sempit.Jangan lupa juga siapkan sekitar Rp 4.000 per orang untuk membayar tiket masuknya.

Wisata Pemandian Guci Yang Hits

Air yang mengalir deras di pemandian Guci diyakini masyarakat dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Mulai dari penyakit kulit hingga rematik.Letaknya di kaki Gunung Slamet.Mata air ini mengeluarkan mata air yang hangat disertai dengan pemandangan alam yang menakjubkan khas dataran tinggi.

Namun yang perlu diingat jangan sampai berendam di air terlalu lama.Maksimal,Anda bisa berendam selama 15 menit saja. Pasalnya, jika terlalu lama badan akan menjadi lemas bahkan pingsan.Demikian artikel tentang keindahan wisata alam di jawa tengah.

Posting Komentar untuk "Keindahan Wisata Alam di Jawa Tengah"

Iklan Bawah Artikel