Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Ide Bisnis Pertanian Untuk Pemula

Peluang Ide Bisnis Pertanian Untuk Pemula


Peluang Ide Bisnis Pertanian Untuk Pemula - Tidak dapat dipungkiri bahwa Indonesia memiliki julukan negara agraris karena sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai petani. Hal ini juga didukung oleh kondisi iklim dan juga lahan di Indonesia yang sangat cocok untuk sebagian besar jenis tanaman. 

Budaya pertanian di Indonesia juga telah terbentuk dari jaman dahulu dimana teknologi pertanian yang mengandalkan naluri dan juga alat-alat sederhana dapat membuat Bisnis Pertanian di Indonesia bertahan hingga saat ini dan bahkan dapat menunjang kehidupan banyak orang di Indonesia.

Namun dengan perkembangan teknologi di bidang pertanian juga seperti dua pedang dimana di satu sisi dapat memajukan pertanian di Indonesia, namun di sisi lain petani yang tidak mampu mengikuti trend perkembangan teknologi juga akan semakin terpuruk, tertinggal dan tidak bisa berkembang lagi. 

Hal ini juga menjadi catatan penting bagi pertanian di Indonesia yang masih cenderung konvensional dibandingkan dengan negara maju lainnya yang bahkan tidak memiliki kekayaan alam sebesar Indonesia. Upaya yang dapat dilakukan untuk memenuhi pertanian ke depan harus dilakukan oleh berbagai pihak yang saling bekerjasama agar hasil yang dicapai dapat maksimal. 

Upaya dari pemerintah mulai dari pengelolaan lahan pertanian yang tepat dan juga konservasi lahan pertanian harus dilakukan agar nantinya kuantitas lahan pertanian sebagai media pertanian dapat dipertahankan.

Pemberian subsidi serta pengetahuan teknologi baru di bidang pertanian juga harus dilakukan oleh pemerintah bersama dengan kelompok tani agar petani di Indonesia yang sebagian besar masih bertani secara konvensional dapat mengikuti perkembangan zaman dengan banyaknya teknologi pertanian dan rekayasa untuk mengurangi pengeluaran dan mereproduksi hasil pertanian.

Peluang Pertanian Rumah Terbaik untuk Pemula

Langsung saja, berikut 15 peluang bisnis pertanian yang bisa Anda terapkan di rumah mulai hari ini. Cocok untuk anda yang masih pemula dalam memulai bisnis pertanian ini.

Usaha Pertanian Tanaman Hidroponik

Yang pertama adalah bercocok tanam hidroponik. Pasti yang namanya tumbuhan hidroponik sudah tidak asing lagi di telinga Anda, bukan? Tanaman hidroponik merupakan jenis tanaman yang dapat dibudidayakan tanpa menggunakan tanah. 

Sebagai gantinya, Anda dapat menanam tanaman di media lain seperti air dan manajemen tanaman yang menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi tanaman. Oleh karena itu, sistem hidroponik dapat menjadi solusi bagi Anda yang ingin memulai usaha pertanian namun terkendala dengan keterbatasan lahan yang tersedia. Beberapa jenis sayuran hidroponik.

  • bayam

  • sawi hijau (bok choy)

  • Brokoli

  • seledri

  • salada

  • Bawang perai

  • Kacang

  • kubis

  • Mengurangi

  • Sawi hijau

  • Timun

Bisnis Tanaman Hias

Bisnis tanaman hias mulai menjamur di kalangan masyarakat Indonesia. Usaha pertanian dengan membudidayakan tanaman hias banyak dijumpai di perkotaan karena tanaman hias mempunyai nilai estetika tersendiri bagi penikmatnya.

Tak tanggung-tanggung, tanaman hias bisa memberi Anda keuntungan jutaan rupiah secara instan. Seperti tanaman hias Janda Bolong seharga 120 juta rupiah yang sempat viral di penghujung tahun 2020. Alhasil, tak heran jika banyak orang yang tertarik terjun ke dunia budidaya tanaman hias.

Meski membawa manfaat besar, sayangnya Anda harus bersiap-siap mengikuti tren perubahan tanaman hias yang tergolong musiman. Bagi Anda yang berminat menjajal bisnis tanaman hias di tahun 2021, sebaiknya coba tanam tanaman trending seperti Mistletoe Cactus, Fishbone Cactus, dan Calathea Velvet.

Bisnis Alat Pertanian

Lengkapi bisnis tanaman Anda dengan menyediakan alat atau peralatan pertanian! Banyaknya masyarakat yang hobi memelihara tanaman sebagai hobi tentunya meningkatkan kebutuhan dan permintaan akan alat-alat berkebun. Dari kesempatan inilah Anda dapat meraup keuntungan tambahan.

Anda bisa memulainya dengan menjual alat pertanian, atau dengan menyewakan alat pertanian kepada pengusaha pertanian di daerah Anda. Bisnis ini juga cocok untuk anda yang merasa kurang pandai dalam membudidayakan tanaman sendiri.

Menulis Artikel Tentang Ilmu Pertanian

Jangan takut, menulis artikel bisa mendatangkan 1000 profit sekaligus untuk bisnis Anda. Bisnis tanaman secara tidak langsung bisa Anda promosikan dengan rajin memposting artikel website yang berkaitan dengan tips dan trik bertani. 

Jika website Anda berada di peringkat 1 dalam SEO Google, maka akan semakin banyak orang yang mengetahui tentang bisnis Anda. Pengunjung situs web baru ini dapat menjadi pembeli potensial pada saat yang bersamaan.

Usaha Budidaya Sayuran Kangkung

Bisnis tanaman kedua yang menjanjikan adalah menanam kangkung di rumah. Banyak orang memilih budidaya kangkung karena proses penanaman sayur kangkung ini bisa berlangsung dengan cepat. Anda hanya membutuhkan waktu maksimal 6 minggu untuk bercocok tanam, selanjutnya tanaman kangkung sudah bisa langsung anda panen.

Bagaimana Cara Memilih Media Tanam Untuk Kangkung?

Pemilihan media tanam kangkung juga mudah. Anda bisa menggunakan air dan larutan nutrisi khusus untuk kangkung sebagai pengganti tanah, sama seperti cara tanam hidroponik. Sebagai langkah awal uji coba, Anda bisa menyediakan baskom sebagai wadah, bibit kangkung, pupuk, zat pengatur tumbuh (ZPT), dan polybag.

Bisnis Bawang Merah dan Bawang Putih

Bawang bombay dan bawang putih adalah bahan utama yang harus selalu tersedia di dapur. Pasalnya, kedua tanaman ini menjadi bahan dasar untuk semua resep masakan.

Bawang merah dan bawang putih ini selalu mengalami kenaikan harga, terutama menjelang hari raya besar. Terlebih lagi, kedua jenis jamu ini tidak bisa disimpan terlalu lama. Alhasil, konsumen akan selalu membeli bawang merah tersebut.

Bisnis Cabai Merah dan Cabe rawit

Kepopuleran bisnis makanan pedas di kalangan pecinta kuliner Indonesia otomatis menyebabkan konsumsi cabai meningkat drastis. Sebagai sumber rasa pedas alami, cabai akan selalu diburu oleh pecinta makanan pedas.

Bahkan di awal tahun 2021, harga cabai terus meningkat hingga mencapai harga 90 hingga 100 ribu rupiah per kilonya. Sangat menjanjikan, bukan? Tunggu apalagi, yuk kita mulai budidaya tanaman cabai! Untuk menanam cabai bisa menggunakan media tanah atau hidroponik.

Bisnis Tanaman Tomat

Selain cabai, tomat juga termasuk jenis sayuran yang ramai dikonsumsi. Tingkat permintaan tomat belakangan ini semakin meningkat karena semakin banyaknya merek sambal tomat yang beredar di pasaran.

Tomat tidak sulit untuk tumbuh dan dirawat, lho. Cukup hanya dengan kondisi tanah yang basah, barulah tanaman yang satu ini bisa tumbuh dengan baik. Namun kunci utama yang sering digunakan orang dalam menanam tomat adalah mekanisme pemotongannya.

Cara termudah untuk menumbuhkan akar tomat adalah dengan menambahkan air ke wadah untuk media tanam. Tempatkan biji tomat pada suhu hangat selama kurang lebih 2 minggu. Setelah tunas sudah tumbuh, Anda bisa memindahkannya ke media tanam.

Bisnis Jamur Tiram

Usaha tanaman lain yang bisa Anda coba adalah budidaya jamur tiram. Tidak perlu mengeluarkan banyak modal karena budidaya jamur tiram bisa dilakukan dengan memanfaatkan lahan kosong di pekarangan rumah anda. Usaha ini juga menjanjikan keuntungan karena jamur menjadi salah satu makanan favorit masyarakat dengan harga jual sekitar 10 ribu rupiah per kilonya.

Apa Kelebihan Dari Bisnis Budidaya Vanili?

Bisnis Budidaya Vanili

Vanilla terdaftar sebagai penyedap rasa termahal di dunia. Di tahun 2021 harga 100gr dry vanilla bisa mencapai 500 ribu rupiah, dan risikonya bisa mencapai 5 juta rupiah! Bagi Anda yang suka bercocok tanam dan ingin cepat mendapatkan keuntungan besar, tidak ada salahnya mencoba membudidayakan vanili.

Bisnis Tanaman Kunyit

Kunyit merupakan tumbuhan yang akarnya dapat dikonsumsi. Kunyit memiliki warna kuning yang khas dan biasanya digunakan sebagai pewarna alami makanan dan bahan masakan. Selain itu kunyit juga sering diolah oleh masyarakat Indonesia sebagai minuman herbal. Kunyit memiliki nilai jual mulai dari Rp. 15 ribu sampai dengan Rp. 50 ribu di pasaran dan selalu diburu konsumen.

Tanaman Jahe

Jahe sering disebut sebagai teman kunyit karena sama-sama merupakan tanaman herbal yang dimanfaatkan bagian akarnya. Jahe biasanya digunakan sebagai bumbu masakan dan minuman herbal. 

Jahe merupakan salah satu komoditas pertanian yang bermanfaat karena memiliki banyak khasiat bagi penikmatnya, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, meredakan gejala masuk angin, dan memperlancar peredaran darah. 

Jika tertarik, Anda bisa membudidayakan berbagai jenis jahe seperti jahe gajah, jahe merah, dan jahe emprit. Demikian artikel tentang peluang ide bisnis pertanian untuk pemula semoga dapat bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Peluang Ide Bisnis Pertanian Untuk Pemula"

Iklan Bawah Artikel