Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Tepat Memulai Bisnis Kedai Kopi Bagi Pemula

Cara Tepat Memulai Bisnis Kedai Kopi Bagi Pemula


Cara Tepat Memulai Bisnis Kedai Kopi Bagi Pemula - Sejak jaman dulu hingga sekarang, masyarakat kita sudah dikenal sebagai penikmat kopi yang setia. Cuma bedanya, kalau dulu kopi dinikmati oleh banyak bapak-bapak, sekarang sudah tidak lagi. Pencinta kopi tidak hanya di kalangan pria tapi juga kalangan anak muda.

Saat ini banyak remaja, pelajar, dan pekerja kantoran yang suka nongkrong di Kedai Kopi. Dari budaya minum kopi di masyarakat, hingga muncul istilah kekurangan kopi. Maka tak heran jika saat ini bisnis yang juga dikenal dengan kedai ini mulai menjamur dimana-mana.

Tidak dipungkiri peluang bisnis membuka Kedai kopi memang cukup menjanjikan. Bagaimana? Apakah Anda tertarik membuka Kedai kopi? Jika tertarik, mulailah merencanakan, simak tips, dan cara memulai bisnis Kedai kopi modern.

Modal Bisnis

Hampir sama dengan jenis usaha lainnya, usaha warung kopi yang menjual kopi juga harus memperhatikan aspek modal usaha di dalamnya. Seorang pengusaha yang bergelut di dunia kopi dengan nama bisnis Kiwari Coffe mengungkapkan hanya ada 2 jenis modal yang dibutuhkan dalam bisnis ini. Ibukotanya hanya air panas dan kopi. Modal sederhana ini merupakan modal dasar usaha kopi sederhana.

Konsumen Target

Tidak hanya permodalan, ada juga aspek lain yang harus Anda perhatikan. Aspek tersebut berupa target konsumen yang Anda cari. Dengan mengetahui target pasar yang ada, diharapkan dapat mengetahui produk apa yang akan dijual. 

Dengan memahami konsumen dengan baik, Anda juga dapat memprediksi strategi yang tepat. Misalnya terkait desain toko, harga kopi, dan juga tampilan kemasan produk yang ada.

Mencari pemasok

Tip selanjutnya tentang bisnis ini adalah mencari pemasok. Pemasok yang dipilih harus sesuai dengan target konsumen yang dimiliki. Misalnya target konsumen yang dipilih adalah konsumen dari kalangan menengah ke atas. Jadi supplier kopi yang dipilih juga harus memiliki kualitas bintang meski harga produk yang dijual juga mahal. 

Temukan Ide Konsep Kedai Kopi

Setelah Anda menentukan dengan jelas target pasar Anda, maka Anda harus mulai mencari ide-ide segar untuk merancang konsep Kedai kopi kekinian. Inspirasi bisa Anda temukan dari berbagai media, seperti di internet dan media sosial. Selama Anda tidak menjiplak ide tersebut.

Namun, menurut garis besar ide bisnis Anda, ada baiknya untuk melibatkan beberapa anak muda kreatif yang Anda kenal. Secara umum ide yang mereka miliki selalu fresh dan sesuai dengan trend saat ini. Merupakan langkah cerdas untuk dapat menemukan ide konsep bisnis yang inovatif.

Karena bagaimanapun juga, Kedai kopi yang ada saat ini bukan hanya sebagai tempat minum kopi tetapi juga sering dijadikan sebagai tempat nongkrong. Bahkan tak jarang, Kedai kopi digunakan sebagai tempat pertemuan beberapa organisasi dan tempat diskusi mahasiswa. Makanya, itulah mengapa Anda harus menemukan konsep yang tepat.

Ciptakan Konsep Produk yang Unik dan Berinovasi

Selain konsep Kedai, konsep produk kopi juga harus diperhatikan secara serius. Percuma mendesain toko sebaik dan senyaman mungkin jika kualitas produk masih jauh di bawah standar. Selain desain toko, produk kopi juga akan menjadi hal utama yang diminati konsumen.

Untuk itu, tetap maksimalkan cita rasa dari setiap produk kopi yang Anda jual. jaga konsistensi berbagai jenis kopi yang Anda jual. Misalnya kopi seduh, cappucino, espresso, dan jenis kopi lainnya, menjaga cita rasa masing-masing jenis kopi.

Tentukan Lokasi Strategis Sesuai Target Pasar

Yang cocok dengan trend coffe shop saat ini adalah lokasi yang selalu ramai dikunjungi anak muda. Karena sifat Kedai kopi selalu dijadikan sebagai tempat nongkrong. Nah, lokasi yang cocok untuk kamu pilih adalah lokasi yang dekat dengan kampus, sekolah, dan tempat umum lainnya. 

Dimana Saja yang Menjadi Lokasi Strategis untuk Kedai Kopi?

Pilih lokasi yang biasanya ramai dengan anak muda, seperti di dekat taman atau alun-alun dan pusat kota. Anda juga bisa memilih lokasi di pinggir jalan yang biasanya ramai dikunjungi orang. Berikut lokasi strategis yang bisa Anda jadikan referensi coffe shop.

  • Dekat Kampus

Mahasiswa sangat membutuhkan tempat nongkrong karena tidak mungkin bisa menghilangkan kejenuhan aktivitas perkuliahan di ruang kost yang sempit tanpa melakukan apapun.

  • Kantor Dekat dan Industri

Fasilitas dan kebersihan coffe shop juga harus diperhatikan karena mayoritas yang berkunjung adalah mereka yang biasanya tinggal di gedung dengan kamar ber-AC. Begitu pula dengan Kedai kopi di sekitar kawasan industri atau pabrik yang juga memiliki prospek bagus.

  • Pinggir jalan

Karena tidak jarang Kedai kopi berlokasi di gang atau desa yang tentunya tidak terlalu menjanjikan. Bagi yang ingin Kedai kopinya laris manis, maka lokasi pinggir jalan adalah pilihan yang bijak.

  • Dekat Pusat Perbelanjaan

Selanjutnya, siapkan Kedai kopi di sekitar pusat perbelanjaan. Terkadang setelah keluar dari mall atau pasar, mereka akan mencari Kedai kopi yang bisa diakses hanya dengan berjalan kaki dari area pertokoan untuk menghilangkan rasa penat dan dahaga setelah berkeliling mall atau pasar.

  • Perempatan

Membuka Kedai di persimpangan memungkinkan Kedai kopi kita lebih terlihat oleh pengunjung. Toko kami akan terlihat dari berbagai sudut dan arah karena berada di persimpangan. Itu adalah titik tersendiri dimana setiap pengemudi yang berhenti karena lampu merah tersebut akan melihat Kedai kopi kita.

Desain Interior yang Instagramable

Seperti yang kita ketahui, saat ini banyak orang, terutama anak muda, dan remaja, tidak hanya bertujuan untuk minum kopi, tetapi juga untuk memenuhi kepuasan selfie.

Di era digital seperti sekarang ini, kualitas konten di media sosial menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi. Jadi ini pasti trend yang banyak dicari, begitu juga hunting foto yang instagramable. Nah, desain interior coffee shop yang instagramable akan mendorong perkembangan bisnis yang Anda geluti.

Sajikan Ragam Varian Menu

Saat Anda memutuskan untuk membangun bisnis Kedai kopi, bersiaplah untuk menyajikan berbagai varian menu. Semakin banyak varian kopi yang Anda jual, semakin menarik konsumen. Karena selera masyarakat sangat beragam dan berbeda.

Seperti umumnya, Kedai kopi selalu identik dengan berbagai jenis minuman kopi. Tetapi itu tidak berarti Anda tidak boleh menambahkan ke menu Anda selain kopi. Terkadang, orang lebih suka minum kopi dengan camilan. Ada banyak jenis jajanan yang cocok dengan kopi, tinggal pilih saja.

Apa Manfaat Menunjukkan Ciri Khas Rasa di Menu Kedai Kopi Anda?

Tunjukkan Rasa dan Penampilan yang Khas

Terlepas dari berbagai varian menu yang Anda sajikan, Anda harus bisa menciptakan cita rasa yang khas dari menu-menu tersebut. Kebanyakan orang akan tertarik ketika mencicipi kopi dan menemukan rasa yang sangat khas dan berbeda dari kopi lainnya.

Selain rasa yang khas, Anda harus bisa menciptakan tampilan yang unik dari menu-menunya. Misalnya, Anda menambahkan topping yang sedikit berbeda dari biasanya. Tidak masalah jika rasa yang disajikan masih enak bahkan melebihi Kedai kopi lainnya.

Pilih Pemasok yang Tepat

Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi kualitas dan keuntungan bisnis Kedai kopi adalah dalam pemilihan supplier. Cobalah untuk memilih pemasok yang tepat. Jangan hanya mengutamakan harga murah, tapi jangan mempertimbangkan kualitas bahan yang akan Anda gunakan.

Sebelum Anda memilih pemasok untuk memasok bahan, Anda harus mencari informasi lebih lanjut dan melakukan survei tentang banyak pemasok. Anda bisa melakukan survei di internet, mencari tahu bagaimana review dari pelanggan mereka. Atau Anda bisa bertanya pada kenalan Anda yang juga berbisnis di bidang yang sama.

Promosikan Online dan Offline

Kunci terbesar yang menentukan perilaku suatu produk tergantung pada bagaimana Anda mempromosikannya. Sedangkan promosi yang efektif untuk mempromosikan bisnis Kedai kopi adalah promosi secara online. Anda dapat menggunakan media sosial dan blog / website untuk mempromosikan Kedai kopi Anda.

Lalu, coba ajak food vloggers dan food blogger untuk mencicipi menu coffee shop kamu. Sebagai imbalannya, mereka mempromosikan Kedai kopi Anda dalam konten mereka. Cara promosi ini cukup efektif saat ini, terutama untuk bisnis kuliner.

Selain promosi online, apakah Anda juga harus gencar melakukan promosi secara offline? Bagaimana cara melakukannya? Untuk tahap awal, Anda bisa membagikan sedikit menu Anda secara gratis. Artinya, Anda memberi mereka kesempatan untuk mencicipi menu yang Anda jual. Dengan begitu, mereka akan tertarik dan kemungkinan menjadi pelanggan tetap.

Nah itulah beberapa tips membangun Kedai kopi yang cocok untuk anak muda jaman sekarang. Intinya, membangun bisnis Kedai kopi modern harus selalu diperbarui dengan perkembangan jaman. Jangan takut untuk melakukan berbagai macam inovasi. Dan selalu berikan pelayanan terbaik untuk pelanggan Anda. Demikian artikel tentang cara tepat memulai bisnis kedai kopi bagi pemula.

Posting Komentar untuk "Cara Tepat Memulai Bisnis Kedai Kopi Bagi Pemula"

Iklan Bawah Artikel