Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Peluang Bisnis Di Bulan Ramadhan

Beberapa Peluang Bisnis Di Bulan Ramadhan


Beberapa Peluang Bisnis Di Bulan Ramadhan - Variasi peluang bisnis dan bisnis yang paling menguntungkan di bulan Ramadhan adalah dengan memanfaatkan momen di mana seluruh umat Islam aktif melaksanakan sholat dan merayakan hari raya.

Bukan hanya sebagai bulan yang penuh berkah, adapun beberapa jenis peluang bisnis baru yang bisa dijalankan untuk menambah penghasilan.Karena ini merupakan jenis Peluang Bisnis musiman yang juga bersifat sementara yaitu hanya akan trending dan booming pada bulan Ramadhan hingga menjelang lebaran.

Beberapa Peluang Bisnis Paling Laris Di Bulan Ramadhan

Siap dan pasti melakukan bisnis sampingan di bulan puasa,berikut beberapa referensi jenis bisnis yang bisa kamu pilih,dan tentunya keuntungan yang cukup menggiurkan.

Jual Masakan Berbuka Puasa Yang Laris Manis

Tentunya yang satu ini menjadi tradisi yang tidak akan pernah terlewatkan saat memasuki bulan puasa.Dimanapun tempatnya,jika mayoritas penduduknya beragama Islam maka peluang usaha berjualan takjil atau makanan berbuka puasa akan tetap diserbu pembeli. 

Anda tidak perlu memiliki warung atau warung, bahkan bisa menjajakan piring takjil di pinggir jalan atau di teras rumah Anda.Dengan modal sedikit sudah bisa bikin masakan takjil murah asalkan laris,jelas manfaatnya menunggu di depan mata.

Menjual Kue Kering Untuk Hidangan Liburan

Masyarakat muslim pada umumnya sudah terbiasa menyiapkan berbagai kebutuhan hari raya seperti jajanan atau kue-kue jauh sebelum lebaran tiba.Karena menyediakan hidangan merupakan tradisi yang tidak bisa ditinggalkan.

Tidak heran jika selama bulan Ramadhan permintaan konsumen akan jajanan lebaran Cukub sangat besar.Dengan ini bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan bagi anda yang bisa berkreasi membuat kue kering untuk liburan.

Katering Sahur dan Buka Puasa

Selain takjil,kamu yang hobi masak bisa bikin catering sahur dan buka puasa.Anda harus pintar menata menu yang menarik dan bergizi.Buatlah paket menu yang menawarkan kebutuhan nutrisi lengkap mulai dari karbohidrat,sayur,protein hingga buah. 

Anda bisa memberikan harga yang lebih murah jika pembeli berlangganan makanan catering dan berbuka puasa di waktu yang sama selama bulan Ramadhan.Selain perorangan,Anda juga bisa menawarkan menu buka puasa bersama seperti nasi kotak,nasi liwet,tumpeng beserta layanan antar ke tempat tujuan.

Jangan hanya menjual,Anda harus memperhatikan rasa dan kebersihan makanan serta pelayanan agar pelanggan senang membeli makanan Anda.Anda juga bisa menjual menu dengan target pasar tertentu seperti menu vegetarian,menu low carbo,dan lain-lain.

Jual Kurma

Menurut sunnah,kurma adalah makanan berbuka puasa.Salah satu bisnis Ramadhan yang cukup menjanjikan adalah berjualan kurma.Ada banyak jenis kurma yang beredar di pasaran,dari yang paling murah hingga yang ratusan ribu. 

Anda bisa memilih sesuai dengan target market anda,apakah target market anda bersedia membeli kurma dengan harga tinggi?Atau sekedar harga yang murah?Anda bisa mencari agen kurma dan menjadi reseller untuk bisnis Anda dan menjualnya secara online sehingga bisa dijangkau lebih luas oleh calon pelanggan.

Jual Perlengkapan Ibadah

Seluruh umat Islam di dunia akan menjalankan ibadahnya dengan sangat aktif saat memasuki bulan suci Ramadhan.Hal ini juga mempengaruhi minat mereka untuk membeli perlengkapan ibadah baru sebagai kebutuhan pribadi atau untuk disumbangkan kepada mereka yang lebih membutuhkan.

Apa Saja Perlengkapan Ibadah yang Wajib Dijual?

Perlengkapan keagamaan seperti mukena,sarung, topi,sajadah,dan lain-lain akan cukup banyak diminati selama bulan puasa dan ini tentunya menjadi area bisnis yang patut untuk dilirik saat berpuasa.

Menjual Pakaian Muslim

Adat istiadat dan tradisi lain menjelang Idul Fitri adalah masyarakat selalu menginginkan baju baru dan perlengkapan ibadah baru.Ini juga merupakan kesempatan yang tepat untuk memulai bisnis penjualan pakaian muslim dan kebutuhan sholat lainnya.Baju muslim cukup banyak dicari di masa menjelang lebaran. 

Memulai bisnis ini bisa dibilang membutuhkan modal yang tidak sedikit.Namun Anda tidak perlu khawatir karena masih banyak sistem penjualan yang bisa dilakukan tanpa modal dan dengan resiko yang minim.Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan dropship system atau sistem bayar yang laku.

Jika Anda bisa melobi toko grosir atau supplier baju muslim di kota Anda.Memiliki akun media sosial,inilah kesempatan Anda untuk bisa mendapatkan uang dari Facebook,Instagram,dan lain sebagainya melalui bisnis dropshipping busana muslim.

Kreasi Dengan Membuat Parsel

Bingkisan merupakan barang yang sudah tidak asing lagi dan cukup umum ditemukan menjelang Idul Fitri.Tradisi masyarakat adalah menjadikan parsel sebagai hadiah atau bingkisan pada hari raya Idul Fitri yang dikirimkan kepada teman, kerabat,atau keluarga.

Memiliki ide kreatif dan memiliki bakat seni yang tinggi dalam mendekorasi parsel,maka momen ini bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis yang sangat menguntungkan di bulan Ramadhan. Modal yang dibutuhkan bervariasi tergantung dari paket atau isi dari parsel itu sendiri. 

Tetapi Anda juga dapat menjalankan bisnis khusus untuk membuat atau merakit parsel.Sedangkan jika mampu berkreasi sendiri tentunya ini bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan karena jelas manfaatnya sangat besar. 

Namun untuk menjaga kualitas dan kepercayaan konsumen,sebaiknya tetap membuat parsel dengan produk yang berkualitas dan tidak membenarkan cara mencari untung dengan menjual produk kadaluarsa.

Laundry

Bagi masyarakat yang terbiasa menggunakan asisten rumah tangga pasti akan sedikit kewalahan saat lebaran karena anggota rumah tangganya sudah pulang.Anda bisa membuka usaha laundry dengan harga bersaing di sekitar area rumah Anda.Tawarkan harga member atau promo menarik lainnya untuk pelanggan langganan Anda. 

Untuk usaha laundry memang membutuhkan modal yang tidak sedikit,yaitu membutuhkan mesin cuci dengan alat pengering,setrika,dan timbangan barang(pakaian).Mengutamakan kualitas dan kebersihan laundry untuk memberikan kepuasan bagi customer.

Menjual Kembang Api

Jenis usaha musiman ini juga menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan di bulan Ramadhan.Menyalakan kembang api sudah menjadi tradisi masyarakat tidak hanya di malam tahun baru,tahun baru imlek,atau hari kemerdekaan. 

Apa Keuntungan Dari Menjual Kembang Api?

Apalagi saat bulan puasa,saat bulan hingga hari raya,orang bermain kembang api hampir tidak pernah berhenti.Meski terkadang tampak seperti ladang kecil,modal untuk menjual kembang api bisa dikatakan sangat besar. 

Namun,keuntungan vendor kembang api biasanya mencapai 2 kali lipat dari harga grosir.Memulai bisnis Anda meski masih kecil,tak ada salahnya mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang.Jangan sampai niatnya mencari untung menjadi rugi karena tidak memperhitungkan risiko finansial. 

Jangan lupa kencangkan ibadah dan usahamu selama Ramadhan agar bisnis yang kamu jalankan bisa membawa berkah.Demikian artikel tentang beberapa peluang bisnis di bulan ramadhan semoga dapat bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Beberapa Peluang Bisnis Di Bulan Ramadhan"

Iklan Bawah Artikel