Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Tepat Memulai Bisnis Online

Langkah Tepat Memulai Bisnis Online


Langkah Tepat Memulai Bisnis Online - Aspek unik dalam memulai bisnis online adalah menentukan apakah itu hanya dapat beroperasi secara online. Sesuatu seperti bisnis SAAS atau bisnis pembelajaran online kemungkinan tidak memerlukan infrastruktur fisik apa pun untuk beroperasi. Tetapi bisnis eCommerce, di sisi lain, membutuhkan pengiriman. 

Distribusi fisik dan memiliki potensi untuk lokasi fisik Bisnis Online. Hal ini hanyalah elemen yang perlu Anda pertimbangkan, terutama jika Anda beroperasi dari rumah.

Validasi ide bisnis Anda

Setelah Anda memutuskan bahwa Anda harus memulai bisnis dan memiliki ide dalam pikiran, Anda perlu memvalidasinya. Proses ini bisa sesederhana mengobrol dengan calon pelanggan, mengajukan pertanyaan tentang kebutuhan mereka, dan apakah mereka akan mempertimbangkan solusi Anda.

Lihat ulasan pelanggan

Salah satu metode sederhana untuk mengukur minat pelanggan saat ini adalah dengan melihat ulasan kompetitif. Lihat bagaimana orang menanggapi, apa yang mereka suka dan tidak suka, dan periksa keseluruhan volume umpan balik. Kemudian hal ini dapat memberi Anda gambaran tentang ukuran pasar aktif.

Siapkan halaman arahan

Tanpa menyiapkan situs web lengkap, Anda dapat menjalankan laman landas pratinjau sederhana untuk menggoda bisnis, produk, atau layanan Anda. Berikan ikhtisar singkat tentang fitur, harga, jendela rilis, dll. Sertakan permintaan pendaftaran langganan email untuk mulai membuat milis. 

Kemudian sesederhana menjalankan beberapa media sosial atau iklan penelusuran yang menargetkan calon pelanggan Anda untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda.

Survei calon pelanggan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, salah satu cara termudah untuk memvalidasi bisnis Anda adalah berbicara dengan pelanggan. Tetapi jika Anda tidak dapat berinteraksi dengan mereka secara langsung, opsi lain adalah melakukan survei online. Mirip dengan mengarahkan lalu lintas ke situs web pratinjau. Anda cukup menjalankan beberapa iklan digital yang mempromosikan survei Anda. 

Bagaimana Langkah Tepat Memulai Bisnis Online?


Hanya untuk mengumpulkan tanggapan. Jika Anda sudah menyiapkan halaman arahan dan mulai mengumpulkan daftar email, Anda bahkan dapat mengirimkan survei Anda kepada mereka yang sudah menunjukkan tingkat minat. 

Hal ini bahkan mungkin lebih penting, karena Anda dapat mengajukan pertanyaan yang lebih spesifik dengan peluang lebih besar untuk menerima umpan balik yang sebenarnya.


Mulailah rencana bisnis Anda

Setelah Anda menentukan minat potensial dalam bisnis Anda, inilah saatnya untuk mulai mengembangkan rencana bisnis Anda . Untungnya, saat Anda telah melalui proses mendefinisikan dan memvalidasi ide Anda, Anda sebenarnya telah menyusun potongan awal dari rencana bisnis Anda. 

Tetapi sekarang Anda perlu menempatkannya dalam format yang dapat Anda gunakan untuk mengejar pendanaan, memperkirakan keuangan, dan secara teratur meninjau kembali seiring pertumbuhan bisnis Anda.

Perencanaan Lean

Mulailah dengan Rencana Bisnis Lean, sesuatu yang dapat Anda lakukan dalam 30 menit, bukan enam minggu. Rencana Lean lebih cepat dan lebih mudah untuk menulis dan menyaring rencana Anda ke hal-hal penting. Berikut adalah template Perencanaan Lean gratis yang dapat membantu Anda memulai.

Lakukan analisis pasar

Anda telah melakukan analisis pasar melalui eksplorasi ide bisnis Anda. Tetapi melakukan eksplorasi pasar menyeluruh di samping analisis SWOT diperlukan untuk memastikan pasar produk Anda dan mengidentifikasi pesaing Anda. 

Hal ini juga dapat membantu Anda menentukan model harga, metode distribusi, dan potensi keunggulan kompetitif lainnya yang dapat Anda manfaatkan saat Anda memasuki pasar.

Pertimbangkan pendanaan dan metrik kesuksesan

Luangkan waktu untuk mengidentifikasi biaya awal Anda dan pikirkan bagaimana Anda berencana mendanai bisnis Anda. Bahkan jika bisnis online Anda hanya akan menjadi pertunjukan sampingan, untuk saat ini, bantulah diri Anda sendiri dan pikirkan metrik bisnis dan penjualan yang harus Anda lacak. Sehingga Anda tahu apakah Anda sedang menuju ke arah yang benar.

Tinjau metrik tersebut secara teratur, bandingkan apa yang Anda perkirakan dengan penjualan Anda yang sebenarnya. Anda dapat melakukan ini dengan satu set spreadsheet, tetapi dasbor bisnis dapat membantu Anda tetap memantau keuangan Anda. 

Jika Anda menggunakan sistem, Anda bahkan dapat secara otomatis menarik informasi keuangan sehingga Anda tidak perlu menambahkannya secara manual.

Siapkan situs web Anda

Hanya dengan rencana bisnis di tangan, Anda sekarang dapat menyiapkan dan menjalankan situs web Anda. Tapi ini tidak akan menjadi proses yang sederhana seperti menyiapkan halaman arahan pratinjau. Ada sejumlah keputusan yang harus dibuat terkait hosting, platform, dan desain untuk secara efektif mewakili bisnis Anda untuk bisa lebih maju. 

Situs web Anda, terutama untuk Bisnis Online, adalah representasi terbesar dari bisnis kami dan perlu mencerminkan produk, layanan, dan misi Anda secara akurat. Inilah yang perlu Anda pertimbangkan saat menyiapkan situs web perusahaan Anda.

Posting Komentar untuk "Langkah Tepat Memulai Bisnis Online"

Iklan Bawah Artikel