Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Belajar Dengan Giat Agar Pintar

semangat belajar



 Aku Akan Belajar Dengan Giat
Bagaimana sih memangnya cara belajar dengan giat itu ? Saya pun belum belajar dengan maksimal juga, dan aku pun tak tau bagaimana cara nya agar aku bisa belajar dengan giat untuk meraih cita cita ku untuk masa depan ku nanti.
selama hari ini masih membentang Jagad, sedari pagi hingga malan habis terlewat, selama, nafas masih dikandung hayat  dengan segenap tenaga untuk, belajar Nak, belajar yang giat belajar segala sesuatu yang dapat memberi manfaat bagi kamu, bagi kita, masyarakat 
untuk belajar sepenuh hati tekad yang kuat kapan pun, dimanapun kaki mendarat  agar tiada sesalan nanti di akhir hayat.
tapi Nak, jangan lupa rehat agar badanmu tetap terjaga dan sehat jangan lupa ibadat untuk tuhan harapan kembali, hari ini masih membentang Jagad, sedari terlewat selama nafas masih dikandung hayat dengan segenap tenaga untuk belajar belajarlah Nak, belajar yang giat singkirkan semua kemalasan yang menjerat yang merayu hati enggan 
terkadangkah untuk mendapatkan semua tujuan yang ditentukan.
Hari Senin yang begitu cerah. Anak-anak telah selesai mengikuti upacara bendera, langsung menuju ke kelas masing-masing untuk mengikuti mata pelajaran selanjutnya. Kelas 3 SD Cordova hari ini ada jadwal pelajaran matematika, bahasa Indonesia,dan PKn.
Mata pelajaran pada jam pertama adalah matematika. Ibu guru tidak memberikan materi baru hari ini, tetapi latihan mengerjakan soal. Setelah ibu guru membagikan kertas latihan, suasana kelas sangat hening. Tampak nya anak-anak sedang antusias mengerjakan latihan soal yang diberikan oleh guru. Semangatnya tetap ada meskipun sebelumnya telah melaksanakan upacara bendera. "Anak-anak, jika ada yang belum mengerti atau belum paham boleh bertanya kepada Ibu Guru. Jangan malu ya, karena malu bertanya sesat di jalan," kata ibu guru dengan ramah. "Iya, Ibu Guru!" dengan serempak anak-anak pun menjawab.
"Jangan lupa ya, kalian selalu belajar. Terutama untuk soal cerita. Karena sewaktu-waktu Ibu bisa mengadakan ulangan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu," lanjut Ibu Guru. "Baik, Bu!" anak-anak pun tetap menjawab dengan serempak.
Hari ini kegiatan belajar mengajar di sekolah berjalan dengan lancar. Dan setelah berdoa selesai pelajaran, anak-anak pun segera pulang menuju rumah masing-masing. Calya, Brina dan Intan pulang bersama dengan berjalan kaki karena jarak rumah mereka yang tidak jauh dari sekolah.
"Selesai makan siang nanti, kita main yuk! Aku punya boneka baru, dibelikan Ayahku kemarin sore," pinta Calya kepada kedua temannya, Brina dan Intan. "Asyik, aku mau!" ucap Brina dengan penuh kegembiraan. "Intan bagaimana, kamu mau ikut?" tanya Calya kepada Intan.
"Aku tidak ikut saja. Mau belajar di rumah, karena tadi Ibu Guru berpesan untuk belajar soal cerita. Berjaga-jaga saja, jika besok ada ulangan harian tanpa pemberitahuan," kata Intan dengan polosnya.
Sesampainya di rumah, Intan langsung ganti pakaian. Kemudian makan siang, sholat dan beristirahat untuk tidur siang supaya malam harinya bisa belajar dengan tenang dan lebih konsentrasi. Jika belajar, Intan sudah mandiri dan biasanya Intan akan bertanya kepada kakaknya jika ada materi yang belum paham. Sedangkan Calya dan Brina bermain boneka hingga menjelang maghrib. Mereka tidak sempat tidur siang, sehingga malam harinya sudah kelelahan dan tidak semangat belajar. Mereka tidur lebih cepat. Keesokan harinya, mereka bertiga saling menghampiri untuk berangkat sekolah bersama. Sesekali sambil bercanda di jalan dan sesekali menceritakan tentang permainan boneka kemarin. 
Sesampainya di sekolah, ternyata Ibu Guru mengadakan ulangan harian secara dadakan. Intan bisa dengan lancar mengerjakan soal ulangan harian yang diberikan oleh Ibu Guru. Sedangkan Calya dan Brina merasa kesulitan, sehingga mendapatkan nilai kurang dan harus ikut remidial di hari berikutnya.
Lain halnya dengan Intan, yang mendapatkan nilai bagus karena sudah paham dengan materi pelajaran. “Intan, besok aku belajar sama kamu ya!" kau pelajari "Kita belajar kelompok bertiga ya, supaya kita juga paham dengan materi pelajaran seperti Intan!" lanjut Brina. "Boleh! Dan kita bermain jika hari libur saja ya. Belajar terus juga tidak bagus, tapi bermain terus juga tidak bagus! Bagusnya jika keduanya dilakukan secara seimbang," kata Intan kepada kedua temannya.
Sebagian orang ada yang dikatakan hebat dan ada pula dari mereka yang mengatakan hebat terhadap dirinya sendiri maupun kepada orang lain. Sejatinya, orang hebat tidaklah perlu mengakui kehebatannya dan dijadikan bahan omongan di khalayak ramai. Akan tetapi, orang hebat adalah mereka mampu menanamkan kepercayaan kepada orang lain dengan kehebatan yang dimilikinya kemudian orang lain secara tidak langsung mengakui kehebatannya tanpa harus dipaksa dan dipengaruhi dengan berbagai tingkah yang congkak dan pamer.
Di dunia ini tidak ada orang yang hebat. Hanya tuhanlah yang maha mulia yang memiliki kehebatan yang hakiki. Jika ada orang yang mengaku dirinya termasuk orang yang hebat dia itu sombong dan congkak, dan mesti sifat yang demikian perlu dihindari. Karena apabila tidak, maka kerusakan akan segera datang di dunia ini.
Mengapa ada istilah kuat dan lemah? Memang tuhan menciptakan segala sesuatunya selalu berpasang-pasangan. Hal tersebut sudah menjadi hukum alam yang tidak bisa kita mungkiri. Yang kuat bisanya selalu memeras yang lemah. Tidak ada istilah yang lemah memeras yang kuat karena itu mustahil terjadi. Namun perlu kita tahu pula bahwa orang kuat itu dikatakan kuat apabila berlawanan dengan yang lemah.
Dalam suatu hal yang baru disebutkan bahwa orang yang kuat adalah orang yang mampu menahan amarah atau nafsunya. Memang sulit jika kita ingin menjadi orang kuat yang versi ini. Namun memang sejatinya kuat yang benar-benar kuat adalah mereka yang mampu menahan amarah dan nafsunya. Karena musuh utama manusia di dunia ini adalah nafsu dan amarahnya sendiri. Terkadang manusia kalah ketika menghadapi kehidupan ini ketika tidak mampu mengendalikan amarah dan nafsunya. Sehingga hidupnya tidak karuan dan selalu berada dalam hal yang tidak berguna dan merugikan orang lain
Dalam suatu teori disebutkan bahwa orang hebat di kalangan manusia jika mereka mampu menahan amarah dan nafsunya serta mampu berhadapan dengan orang yang keilmuannya melebihi dari dirinya. Dengan demikian, orang yang hebat bisa dilihat dengan siapa mereka bergaul, dengan siapa mereka beradu pendapat, dan dengan siapa mereka selalu menyelesaikan berbagai persoalan.
Jika mereka selalu bergaul, beradu pendapat, dan menyelesaikan berbagai persoalan dengan yang lemah, maka secara mendasar mereka bukanlah orang yang hebat. Akan tetapi mereka adalah orang-orang yang membodohi orang lain dan dirinya sendiri. Orang yang hebat bisa pula dilihat dari lawannya. Jika lawan kita lemah, maka kita bukanlah orang yang hebat. Maka dari itulah jadilah orang yang benar-benar hebat dalam segala hal. Jangan hanya beradu pendapat dengan orang yang kamu anggap lemah dan pengetahuan serta analisisnya lebih rendah dari dirimu.
Seorang guru tidak bisa dikatakan hebat jika hanya memiliki kuasa dalam kelas terhadap anak didiknya. Dan jangan sampai mengaku hebat jika hanya bisa mengajar dan memberikan pemahaman di dalam kelas. Menganggap dirinya lebih dari segalanya. Melihatlah ke alam sana, ada siapa dan siapa yang akan dihadapi? Di sanalah sejatinya orang hebat. Orang hebat jangan sampai seperti katak yang berada dalam tempurung kelapa yang hanya merasa dirinya yang paling besar di ruangan sempit itu.
Dan bagaimana caranya untuk menjadi orang yang hebat atau yang lebih baik lagi, nah akan saya beberkan semuanya dalam tulisan ini, dan usahakan kalian baca artikel ini sampai habis.
Singkirkan Pikiran Negatif
Bersikap dan berpikir positif sejak harimu dimulai, saat kamu baru saja bangun, dan dilanjutkan dalam hari tersebut, selama seminggu, sebulan dan setahun. Saat pikiran-pikiran negatif merasuki kepala, singkirkan segera. Ini bukanlah hal mudah untuk dilakukan, tetapi jika kamu cukup bertekad, kamu dapat melakukannya.
Puji Dirimu Sendiri
Bukanlah sebuah dosa untuk memberikan pujian terhadap diri sendiri. Bagaimana menjadi orang yang lebih baik? Kamu bisa mulai dengan memuji dirimu sendiri pada pagi hari sebelum rutinitas berlangsung. Entah yang kamu puji adalah rambutmu, penampilanmu, hidungmu, atau pencapaianmu baru-baru ini, sebuah pujian akan membuatmu senang. Pujian dapat menjadi motivasi untuk memperbaiki diri.
Hadapi Ketakutan
Untuk menjadi orang yang lebih baik, kamu perlu menantang diri sendiri. Salah satu caranya adalah dengan menghadapi ketakutanmu. Tinggalkan zona nyaman. Zona nyaman luar biasa karena membuatmu merasa nyaman, tetapi dapat keluar dari zona nyaman itu lebih luar biasa lagi. Jika kamu tak menantang dirimu sendiri, kamu tak akan tumbuh, dan kamu tak akan pernah menjadi semakin baik. Lakukan hal-hal yang selalu kamu takutkan atau yang kamu anggap sulit untuk dilakukan.
 
Lakukan Apa Yang Membuatmu Bahagia
Kamu hanya diberikan satu kehidupan. Itulah mengapa kamu harus menikmati kehidupanmu saat kamu masih bisa. Kamu harus menjalani hidup yang bahagia. Kebahagiaan lah yang paling penting. Agar kamu bahagia, kamu harus mulai melakukan hal-hal yang kamu cintai dan membuatmu senang. Luangkan lebih banyak waktu dengan orang-orang yang kamu sayangi.
Bersikap Jujur
Katakanlah seseorang yang penting atau dekat denganmu berbohong kepadamu, bagaimana rasanya? Jika kamu ingin menjadi orang yang lebih baik, kamu sebaiknya selalu bersikap jujur. Beritahu orang apa yang kamu pikirkan dan sampaikan sejelas mungkin. Jujurlah terhadap diri sendiri dan orang lain, walaupun orang lain tidak jujur terhadapmu. Bukanlah urusanmu jika orang lain bersikap tidak jujur. Hidup mereka, pilihan mereka.
Ingatlah Untuk Selalu Bersyukur
Walaupun banyak hal buruk yang kamu alami sepanjang hidupmu, ada lebih banyak hal baik untuk kamu syukuri. Inilah yang biasanya dilakukan oleh kebanyakan orang: mengeluh saat hal buruk terjadi, namun lupa untuk bersyukur saat hal baik terjadi. Sekarang kamu ingin mengubah dirimu menjadi lebih baik, ingatlah untuk selalu bersyukur. Ada banyak orang di luar sana yang kurang beruntung dibandingkan dirimu.
Nah itulah beberapa saran dari saya bagi kalian yang ingin menjadi seseorang yang ingin lebih giat lagi dalam hal belajar dan bagi kalian yang ingin mencapai cita cita kalian.
Semoga bermanfaat.
 

Posting Komentar untuk "Cara Belajar Dengan Giat Agar Pintar"

Iklan Bawah Artikel