Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Tanaman Rumah Dengan Baik Untuk Pemula

merawat tanaman rumah

Belum ada pengalaman untuk merawat tanaman.Tentunya,anda perlu belajar cara merawat tanaman dengan baik.Ketika pas bangun pagi bisa melihat pemandangan indah dari tanaman-tanaman yang ada di sekitar taman rumah,pastinya hal ini semakin membuat hati terasa menyenangkan.Pemandangan alam indah yabg alami daun dan berwarna warni bunga akan membuat hati terasa damai senang dan pikiran tidak stres.karna hidup butuh keindahan alam. 

Agar tanaman hias rumah yang ditanam di pekarangan bisa tumbuh dengan baik,maka dibutuhkan perawatan.cara merawat tanaman yang baik dan benar agar tanaman tidak layu dan mati.Anda harus tau bahwa ga semua tanaman mampu bertahan tumbuh dengan baik jika tidak diberikan perawatan khusus.Jadi anda harus merawat tanaman dengan baik dan benar agar tidak salah rawat. karna setiap tanaman beda beda cara merawatnya. 

Tanaman hias itu beda-beda cara merawatnya
ada beberapa tanaman tertentu ada yang membutuhkan cahaya matahari lebih banyak dibandingkan tanaman lain karna ga semua tanaman itu sama.ada sebagian beberapa jenis tanaman lainnya justru hanya membutuhkan sedikit cahaya matahari. contoh kalau yang sedikit membutuhkan cahaya matahari itu tanaman yang ga gampang layu.Maka dari itu,pahami cara merawat tanaman menjadi modal penting supaya tanaman bisa tumbuh dengan baik dan tidak mati. Berikut adalah cara merawat tanaman di sekitar rumah kita yang mudah dicoba.

Siram Tanaman Secukupnya


Cara Merawat Tanaman Rumahah yang pertama-tama adalah menyiram tanaman 
secara teratur setiap harinya.Setiap tanaman
tentu membutuhkan yang namanya air untuk sebagai kebutuhan tanaman pertumbuhannya agar tumbuh dengan baik.Oleh hal itu,penyiraman perlu dilakukan secara teratur dan rutin setiap harinya .Jika untuk tanaman yang ditanam di sekitar rumah tempat yang ruanganya terbuka
dan terdapat pasokan sinar matahari sepanjang harinya,Maka anda sebaiknya lakukan penyiraman secara rutin pada waktu pagi hari dan sore hari agar tanaman tumbuh dengan baik dan tidak mati. Dengan memberikan air secara rutin dan teratur dan yang cukup,maka akan memberikan persediaan air yang lebih pada tanaman ketika proses penguapan terjadi pada tanaman hias rumah anda. 

Untuk bunga ataupun tanaman hias yang ditanam di pot dan diletakkan pada tempat yang teduh seperti teras di samping rumah yang tertutup genteng,maka kamu tidak perlu melakukan proses penyiraman setiap hari.Anda cukup melakukan penyemprotan tanaman hias pada seluruh bagian permukaan daun agar terlihat lebih subur dan sehat.

Cahaya Matahari


Selain anda menyiram tanaman yang teratur anda juga harus tau hal ini,Tidak semua jenis tanaman bisa tumbuh dengan baik di tempat yang kurang cahaya matahari. Beberapa tanaman tertentu butuh cahaya matahari yang cukup untuk bisa melakukan fotosintesis dengan maksimal.Jadi setiap tanaman itu berbeda-beda jenisnya dan perawatanya juga sedikit berbeda. 

Maka dari itu, tingkat pencahayaan sinar matahari begitu penting bagi semua tumbuhan alam tanaman seperti ini. Kamu harus mengetahui cara merawat tanaman yang baik dan juga menyesuikan tanamanan dengan baik di tempat yang baik. yang disesuaikan dengan kadar kebutuhan terhadap sinar cahaya matahari.

Semua tumbuhan itu sangat membutuhkan air dan juga cahaya matahari,cuma perbedaanya hanya membutuhkan air yang banyak atau tidak, membutuhkan cahaya yang banyak atau tidak.Jika tanaman yang membutuhkan air dan cahaya yang sedikit maka anda tidak perlu berlebihan untuk itu.

Pupuk Yang Baik


Pemupukan merupakan bagian yang sangat penting cara merawat tanaman rumah.Yang penting dalam membantu penjagaan kesuburan dalam tanah rumah. Dengan demikian, tanaman hias rumah dan bunga bisa tumbuh dengan baik dan subur dan tidak mudah layu.Anda harus melakukan pemupukan tanaman yang baik secara rutin dan yang sangat teratur.

Cara merawat tanaman hias rumah yang baik dan benar agar tumbuh berkembang adalah anda harus menambahkan pupuk pada saat pupuk sudah mulai hilang karena larut bersama air  
yang selama anda sirami tiap hari dan terserap oleh akar-akar tanaman karena proses penyiraman. Pemilihan pupuk juga merupakan faktor yang harus kamu perhatikan jangan sampai andah salah memilih pupuk yang tidak sesui dengan tanaman yang anda rawat atau yang anda miliki. Pilihlah pupuk alami seperti pupuk kompos yang sangat dibutuhkan pada masa pertumbuhan tanaman tanaman hias rumah. 

Maka dari hal itu, jangan lupa untuk menambahkan pupuk alami ke dalam tanah tanaman anda. Namun, kamu juga bisa memberikan pupuk kimia atau pupuk buatan sesuai dengan kebutuhan tanaman yang pas untuk tanaman anda.Untuk jenis pupuk buatan, kamu harus memperhatikan komposisi pupuk
yang tepat dan baik, karena setiap tanaman memiliki kebutuhan pupuk yang berbeda pula.

Pemangkasan Tanaman


Rawat tanaman hias rumah bukan hanya di siram,terkena matahari dan juga di pupuk tapi anda harus juga melakukan perawatan kusus tanaman.Anda harus rawat tanaman dengan cara pemangkasan tanaman,Pemangkasan merupakan cara merawat tanaman agar selalu tampak rapi dan indah dipandang oleh mata. Proses ini perlu dilakukan saat daun-daun yang berada pada bagian batang paling bawah sudah mulai layu 
dan mengering anda harus perhatikan hal itu. Pemangkasan juga perlu dilakukan untuk merapikan cabang-cabang yang tidak diperlukan dan tumbuh tidak beraturan yang di pandang 
tidak rapih maka dari hal itu anda harus pangkas tanaman hias anda agar terlihat rapih. 

Kalau anda tidak peduli dengan pemangkasan terhadap tanaman
hias rumahan yang anda 
miliki dan batang yang tidak beraturan daun daun brantakan, maka daun-daun
itu akan menumpuk pada bagian dasar pot dan dalam waktu yang lama akan mengganggu ruang gerak bunga 
yang akan tumbuh subur.
Dengan demikian, pertumbuhan tanaman menjadi tidak maksimal.Selain itu juga pemangkasan perlu dilakukan agar dapat menghindari adanya hama dan juga hewan-hewan yang dapat merusak bagian tumbuhan tersebut. agar tanaman tidak buat rumah sarang hama dan hewan-hewan 
yang membahayakan bagi tanaman tersebut.

Buatlah tanaman hias rumahan anda sehat dan enak di pandang agar suasana rumah anda terlihat indah dan bagus.lakukan pemangkasan di setiap daun-daun tanaman hias sudah mulai tidak rapih dan tidak enak di pandang oleh mata.Kalau tanaman sehat tumbuh subur dan juga rapih udarapun sejuk dan bila bangun pagi liat suasana di sekitar terlihat indah karna adanya tanaman yang sangat bagus.

Posting Komentar untuk "Cara Merawat Tanaman Rumah Dengan Baik Untuk Pemula"

Iklan Bawah Artikel