Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Hidup Sehat yang Asyik di Lakukan

Tips Hidup Sehat yang Asyik di Lakukan
Hidup Sehat-Ada yang bilang jika ingin mempraktikkan berbagai tips hidup sehat itu sulit dan mahal. Harus membeli buah dan sayuran organik, harus mendaftar di pusat kebugaran (gym) atau mengikuti kelas yoga, harus memasak menggunakan minyak zaitun, dan lain-lain. Benarkah semua ini adalah syarat utama untuk bisa menjalankan gaya hidup sehat?
Semua tips hidup sehat yang disampaikan memang tidak salah, tetapi bukan cara utama untuk mendapatkan kesehatan yang komprehensif. Bahkan, ada banyak cara lain yang bisa Anda lakukan untuk memiliki tubuh yang sehat secara keseluruhan.
Beberapa tips hidup sehat bahkan tidak memerlukan uang karena itu bisa dilakukan di rumah atau di sekitar rumah. Kunci utama kesuksesan dalam menjalani tip hidup sehat adalah konsisten dan disiplin karena hasilnya tidak akan langsung terasa, tetapi dalam jangka panjang.

Agar tubuh selalu sehat, Anda bisa mencoba tips hidup sehat yang menyenangkan untuk dilakukan.

Tingkatkan asupan sayur dan buah

Sayuran dan buah adalah sumber nutrisi alami yang baik untuk kesehatan. Keduanya termasuk makanan yang rendah kalori, tetapi kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Disarankan agar Anda mengonsumsi 5-9 porsi buah dan sayuran setiap hari. Dengan meningkatkan asupan sayuran dan buah-buahan, Anda sekaligus mengurangi asupan makanan olahan yang menyimpan lebih banyak risiko kesehatan.

Tingkatkan asupan sayur nontepung

Sayuran nontepung seperti sayuran hijau, wortel, brokoli, dan kembang kol. Sayuran mengandung tepung termasuk kentang dan jagung. Sayuran bertepung mengandung lebih banyak karbohidrat sehingga memiliki indeks glikemik yang lebih tinggi dan dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Mengisi setengah makan dengan sayuran non-tepung adalah cara sederhana untuk meningkatkan asupan gizi dan menjaga berat badan ideal. Sayuran nontepung memiliki kandungan kalori rendah, tetapi kaya akan nutrisi, serat, dan air.

Kurangi makanan manis

Tidak bisa dipungkiri, konsumsi gula yang berlebihan dapat berdampak negatif bagi kesehatan. Masalahnya, hampir semua makanan yang kita konsumsi mengandung gula, dari beras, buah, kue, hingga es kopi. Mulai sekarang, perhatikan pilihan makanan Anda dan kurangi asupan gula Anda.

Bawa botol minum Anda sendiri

Membawa botol minum Anda sendiri tidak hanya baik untuk mengurangi limbah dan melindungi lingkungan, tetapi juga untuk kesehatan. Dengan membawa botol minum berisi air di mana saja, Anda mengurangi kebiasaan membeli minuman berwarna atau gula.
Para ahli mendorong kita untuk meningkatkan konsumsi air agar tubuh tetap terhidrasi dan tidak kekurangan cairan, dan mengurangi risiko peningkatan kadar gula darah. Kebiasaan membawa botol minum sendiri juga membuat Anda berhemat sehingga berdampak positif pada pengeluaran sehari-hari.

Berolahraga secara teratur

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa berolahraga secara teratur membawa manfaat kesehatan yang luar biasa. Selain membuat tubuh lebih bugar, olahraga juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kepadatan tulang, menjaga berat badan normal, dan mengurangi risiko penyakit.
Anda tidak perlu mengikuti kelas olahraga khusus di pusat kebugaran untuk dapat berolahraga. Anda bisa melakukan latihan sederhana di rumah, jogging atau bersepeda di sekitar rumah.

Aktif saat di dalam ruangan

Bekerja di kantor dari pagi hingga sore bukan alasan untuk tidak aktif. Tidak peduli seberapa sibuk aktivitas Anda di kantor, luangkan waktu untuk berdiri dan berjalan-jalan untuk mempercepat aliran darah dan menyegarkan pikiran.
Duduk di depan komputer selama berjam-jam tanpa istirahat dapat meningkatkan risiko diabetes dan penyakit jantung. Alternatif lain untuk bergerak aktif di kantor adalah menggunakan tangga alih-alih lift.

Berlari atau bersepeda di akhir pekan

Jadikan kegiatan olahraga kegiatan yang menyenangkan daripada merepotkan. Jika Anda kesulitan meluangkan waktu untuk berolahraga di hari kerja, luangkan waktu untuk berolahraga di akhir pekan.
Anda dapat berlari atau bersepeda di taman kota atau di area hari bebas mobil. Bagi sebagian orang, suasana yang ramai dapat meningkatkan antusiasme untuk
berolahraga.

Lakukan olahraga yang Anda sukai

Cari tahu olahraga apa yang paling Anda sukai, lalu buat jadwal untuk melakukannya secara teratur. Anda tidak boleh melakukan olahraga tertentu karena Anda mengikuti tren atau teman.
Misalnya, saat ini tren maraton sedang berjalan, jadi Anda, meskipun tidak terlalu suka berlari, memaksakan diri untuk mengambil bagian dalam acara maraton yang ada. Jika Anda tidak menikmati kegiatan olahraga yang dilakukan, akan sulit untuk terus melakukan kegiatan ini secara teratur.

Tidur yang cukup

Banyak orang meremehkan tidur. Padahal, cukup tidur setiap hari sangat penting untuk menunjang kesehatan. Tidur cukup, selama 7-9 jam di malam hari, sama pentingnya dengan makan makanan bergizi dan berolahraga secara teratur.
Tidur yang cukup juga akan membuat suasana hati lebih positif, memori lebih tajam, memperkuat daya tahan, dan meningkatkan produktivitas. Orang yang kurang tidur cenderung menderita obesitas dan obesitas. Ini dapat meningkatkan risiko diabetes dan penyakit jantung.

Jadilah bijak dalam menggunakan gadget

Setiap hari, kita benar-benar tidak bisa dilepaskan dari gadget. Hampir semua bisnis harian kami dilakukan dengan menggunakan gadget. Ternyata, penggunaan gadget yang berlebihan juga menyimpan efek negatif pada kesehatan, seperti membuat mata kering; kram di jari, pergelangan tangan; nyeri otot dan lengan; dan mempengaruhi kualitas tidur.
Karena itu, penting untuk memiliki aturan khusus untuk menggunakan gadget, seperti tidak menggunakannya sebelum tidur, atau menyisihkan waktu khusus selama beberapa jam untuk melakukan kegiatan yang tidak melibatkan gadget.

Jaga kesehatan mental

Kesibukan sehari-hari yang sibuk dan membuat stres dapat berdampak negatif pada suasana hati dan mental Anda. Karena itu, Anda perlu memiliki strategi khusus untuk menjaga kesehatan mental.
Anda dapat mulai dari hal-hal sederhana seperti menarik napas dalam-dalam, bermeditasi, atau mendengarkan musik favorit Anda, bergaul dengan teman-teman, melakukan perawatan diri di salon, menonton film, berpartisipasi dalam kegiatan kreatif, berlibur, dan sebagainya. Cari tahu kegiatan apa yang paling bisa membuat Anda rileks dan meningkatkan mood, lalu lakukan kegiatan ini secara teratur.

Punya hobi

Hobi adalah kegiatan yang disukai dan membuat seseorang merasa bahagia saat melakukannya. Memiliki hobi dapat membantu Anda mengelola stres dan menjaga kesehatan mental.
Kesehatan mental yang baik dapat mendukung sistem kekebalan tubuh Anda sehingga Anda tidak mudah sakit. Karena itu, pastikan Anda memiliki hobi sehingga kehidupan profesional dan pribadi Anda seimbang, dan menjauhkan Anda dari risiko penyakit.

Berhenti merokok

Setiap rokok mengandung lebih dari 4.000 bahan kimia berbahaya, dan sekitar 60 di antaranya bersifat karsinogenik atau menyebabkan kanker. Selain itu, ada lebih banyak bahaya merokok bagi kesehatan, termasuk meningkatkan risiko penyakit jantung dan kanker paru-paru.
Dikutip dari situs web AloDokter, sekitar 20% kematian akibat penyakit jantung diduga berkaitan langsung dengan merokok. Dampak merokok juga tidak hanya menyerang perokok, tetapi dapat membahayakan orang-orang di sekitarnya, termasuk perokok pasif. Bagi Anda yang merokok, segera cari tips untuk berhenti merokok untuk menghentikan kebiasaan buruk ini sebelum kesehatan Anda terganggu.

Posting Komentar untuk "Tips Hidup Sehat yang Asyik di Lakukan"

Iklan Bawah Artikel