Contoh Perencanaan Usaha Makanan Khas Daerah yang Dimodifikasi

Contoh Perencanaan Usaha Makanan Khas Daerah yang Dimodifikasi

Bukan hanya usaha yang bergelut di bidang kerajinan atau elektronika saja yang memerlukan analisis dan perencanaan, tetapi usaha seperti produk pengolahan makanan khas daerah yang dimodifikasi pun harus tetap memiliki sebuah business plan.

Supaya usaha produksi pengolahan makanan khas daerah anda dapat berjalan dengan baik, anda sebagai seorang wirausaha harus memiliki sebuah business plan. Business plan sendiri tidak semudah yang anda bayangkan, hanya merancang makanan, menentukan resep, lalu langsung jual...

...tidak, tidak se-easy itu.

Perancangan bisnis disini mencakup hal yang lebih luas, dari penentuan nama perusahaan, letak usaha, sumber daya baik manusia maupun alam, pemasaran, dan selanjutnya.

Buat yang belum tau, business plan alias perencanaan bisnis usaha sendiri memiliki makna yaitu suatu dokumen yang menyatakan keyakinan akan kemampuan sebuah bisnis untuk menjual barang atau jasa dengan menghasilkan keuntungan yang memuaskan dan menarik bagi penyandang saran. Dengan kata lain, perencanaan bisnis adalah sebuah "selling document" yang mengungkapkan daya tarik dan harapan sebuah bisnis kepada penyandang dana potensial.

Perencanaan Produk Usaha Pengolahan Makanan Khas Daerah yang Dimodifikasi


Dalam artikel kali ini, kita akan membahas 8 poin penting dalam melakukan perencanaan usaha produksi makanan khas daerah yang dimodifikasi. Apa saja itu? Langsung saja berikut poin-poinnya.

1. Pemilihan Jenis Usaha


Hal pertama dan yang paling utama yang anda lakukan sebelum membuat sebuah bisnis pengolahan makanan khas daerah yang dimodifikasi adalah menentukan jenis usahanya. Sesuai dengan namanya, makanan khas daerah yang dimodifikasi, berarti anda perlu mencari sebuah makanan khas daerah Indonesia yang bisa dimodifikasi.

Contohnya beragam, ada ayam geprek mozarella, nasi uduk yang dicampur dengan makaroni, es krim rasa martabak, es krim goreng, timlo yang dicampur dengan daging lain, dan masih banyak lagi. Anda bisa memvariasikannya sendiri.

Semua tergantung anda, anda yang memilih makanan apa yang ingin anda buat, asalkan tidak bertentangan dengan tujuan awal, yaitu harus makanan khas daerah, dan anda harus memodifikasinya sedemikian rupa baik dari segi rupa, warna, hingga rasa tanpa menghilangkan kekhasan dari makanan daerah tersebut. Sebagai contoh, kali ini kita akan mengambil makanan khas daerah ayam geprek mozarella.

2. Nama Usaha


Selanjutnya, silakan tentukan nama usaha yang akan anda miliki. Ingat, branding adalah hal yang paling utama setelah produk. Jadi, usahakan nama usaha anda memiliki bobot branding dari diri anda sehingga memudahkan usaha pengolahan makanan khas daerah anda nantinya dikenal oleh masyarakat luas.

Misalnya: "AGEMOWO", alias Ayam GEprek MOzarella jarWO.

3. Lokasi Usaha


Sekarang, tentukan lokasi usaha anda. Lokasi sendiri bisa beragam, entah anda menyewa tempat, berjualan di rumah teman, berjualan di mall, atau berjualan di depan rumah sendiri.

Tapi ingat, penentuan lokasi usaha tidak semata-mata hanya karena tempat tersebut nyaman anda tempati. Pertimbangkan juga apakah lokasi tersebut dapat dijangkau dengan mudah oleh para calon konsumen, mudah diingat, dengan dengan lokasi pembelian bahan baku, adanya lahan parkir, dan lain sebagainya.

4. Perizinan Usaha


Izin usaha merupakan suatu bentuk perizinan untuk melakukan sebuah usaha dari pihak yang berwenang oleh seorang pengusaha atau wirausahawan. Supaya kegiatan usaha anda dapat berjalan dengan lancar, anda disarankan untuk mengurus dan memiliki izin usaha dari instansi pemerintah yang sesuai dengan bidangnya.

Contohnya meliputi SIUP, SITU, NPWP, NRP, dan AMDAL.

5. Sumber Daya Manusia


Apakah usaha anda memerlukan banyak pekerja? Bila iya, pertimbangkan lagi hal ini, karena sumber daya manusia adalah faktor yang paling penting dalam suatu pembuatan sebuah usaha makanan khas daerah yang dimodifikasi.

Manusia lah yang memasak, menyediakan makanan, membersihkan, mengatur keuangan, hingga yang memasarkan produk anda nantinya. Dengan kata lain, SDM merupakan salah satu kunci yang menentukan perkembangan perusahaan.

6. Aspek Produksi


Nah kita sudah sampai pada tahap produksi. Dalam pembuatan makanan ayam geprek mozarella, kira kira apa saja bahan dan peralatan yang anda butuhkan?
  • Ayam (tentunya)
  • Wajan
  • Minyak
  • Keju mozarella
  • Sutil
  • Kompor
  • Cabai
  • dan masih banyak lagi...
Silakan buat daftar dari bahan-bahan dan peralatan yang anda butuhkan untuk melakukan kegiatan produksi, meliputi bahan baku, bahan tambahan, peralatan produksi, bahan kemasan, hingga proses pembuatannya.

7. Aspek Keuangan


Nah ini dia salah satu aspek terpenting selain dari sumber daya manusia, yaitu modal alias keuangan.

Pada umumnya, seorang wirausahawan memulai bisnisnya dengan modal yang minim. Hal ini tidak apa-apa, selama modal tersebut cukup untuk membeli beberapa alat dan bahan penting dalam proses produksi. Yang terpenting adalah anda memiliki semangat dan kejujuran dalam berusaha. Modal awal itulah yang harus anda miliki sejak awal memulai usaha hingga kedepannya.

8. Aspek Pemasaran


Yang terakhir, yaitu aspek pemasaran (market). Semua usaha yang anda lakukan dalam menjalankan bisnis usaha makanan khas daerah yang dimodifikasi akan sia-sia bila permintaan pada produk tersebut kurang atau bahkan dibawah rata-rata. Cari tempat, suasana, dan target konsumen anda, apakah anak muda atau orang tua, keluarga atau single, laki-laki atau perempuan, bahkan penyuka pedas atau bukan.

Bila makanan yang anda buat adalah makanan pedas sedangkan di daerah anda merupakan orang-orang yang tidak menyukai makanan pedas, maka hampir bisa dipastikan angka penjualan dari produk usaha anda tidak akan maksimal.

Bila sudah melaksanakan perencanaan usaha makanan khas daerah yang dimodifikasi diatas, sekarang lanjutkan usaha anda ke tahap pelaksanaan produksi. Tetap semangat dan pantang menyerah, serta jangan lupakan kejujuran. Jangan mudah untuk menyerah, karena seorang wirausahawan sukses tidak pernah mengenal kata putus asa.

0 Response to "Contoh Perencanaan Usaha Makanan Khas Daerah yang Dimodifikasi"

Post a Comment

Silakan berkomentar di kesehatanp1.blogspot.com Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar yang melanggar peraturan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel