Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Belajar Dengan Tepat

Cara Belajar Dengan Tepat
Nah guys, pasti banyak diantara kalian yang belajar tapi tidak tau metode pembelajaran yang tepat dan efektif itu seperti apa, metode yang benar benar manjur untuk kalian agar cita cita kalian itu tercapai nanti nya dengan cara metode pembelajaran nya yang sangat tepat dan efektif. Ada pun yang tau cara metode pembelajaran yang tepat dan efektif tetapi tidak tau cara nya yang benar benar tepat agar belajar kalian itu berhasil dan menghasilkan sebuah ilmu pengetahuan yang benar benar bermanfaat untuk kalian nanti.
Sebelum saya masuk ke topik pembahasan nya, alangkah baiknya kalian itu tau terlebih dahulu mengenai apa itu belajar, bukan ? Masa kalian main belajar belajar aja tapi tidak tau makna dari kata belajar itu sendiri apaan ? Nah oleh sebab itu saya akan memberikan informasi nya terlebih dahulu apa itu arti dari kata “ belajar “. Nah belajar itu  ialah salah satu cara sebuah aktivitas tentang cara bagaimana orang itu benar benar mendalami perihal salah satu pelajaran yang bersifat ilmu pengetahuan apapun, entah itu pengetahuan tentang masalah alam yang ada dan terjadi di dunia ini, teknologi yang membantu kerja hidup manusia ( teknologi dibuat oleh manusia dengan tujuan membantu kehidupan manusia ), budaya manusia, sekolah yang bersifat memberi ilmu pengetahuan kepada anaknya, politik yang bisa mengubah dunia, sosial ( sosial dalam arti konteks kehidupan bermasyarakat yang ada ), dan maupun yang lainya.
Nah aktivitas belajar ini tuh sangat begitu yang sangat utama karena sebab supaya yang meluaskan beberapa wawasan kita perihal tentang ilmu yang bertempat tinggal di alam ini guys.
Bukan hanya sebagai seorang pelajar sekolah saja nih guys yang sangat diwajibkan agar belajar dan belajar terus terusan, tetapi nih guys seluruh kalangan sebenarnya harus menggunakan waktu nya dalam upaya belajar. Nah guys sesuai kata kata orang jaman dulu, yaitu orang orang lama yang berkata dalam konteks itu, nah dia yaitu orang orang lama mengatakan “ Tidak ada kata terlambat untuk belajar ”.
Bahkan juga nih guys,  dalam agama islam pun Allah dan rasulnya sangat menganjurkan tiap tiap pemeluknya pemeluknya itu harus menuntut pelajaran yang akan berguna sampai orang itu meninggal dunia nanti. Berikut ini adalah sebuah hadits yang akan membahas tentang anjuran memahami sebuah ilmu pengetahuan guys.
طَلَبُا لْعِلْمِفَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ
Artinya : “ Mencari ilmu adalah wajib hukumnya bagi setiap muslim laki-laki maupun muslim perempuan ” ( HR. Ibnu Abdil Barr ).
Nah guys, di dalam mencari salah satu ilmu pengetahuan yang ada, tiap - tiap insan yang ada di dunia ini pastinya akan mempunyai teknik atau teknik yang beberapa orang lainnya yang menggunakan teknik atau cara yang tidak sama dengan orang yang lainnya guys. Karena setiap orang itu berbeda beda, Allah menciptakan manusia itu dengan sifat yang berbeda beda dan dengan kelakuan yang berbeda beda.
Banyak orang lain yang menggunakan cara cara belajar nya baik dalam yang cara belajar nya itu menggunakan teknik atau cara membaca buku pelajaran, ada juga nih guys yang ada juga yang belajar itu dia menggunakan teknik atau cara menulis untuk mengingat apa yang dipelajari nya tadi di sekolah atau pun yang ada di luar sekolah seperti sekolah non formal atau sekolah ini formal, tapi nih guys ada pula juga yang menggunakan cara belajar nya itu dengan mendengarkan apa yang guru nya atau orang yang mempunyai ilmu pengetahuan melebihi ia , ia akan lebih senang mendengar suara tentang apa yang dikatakan oleh guru nya itu yang bersifat ilmu pengetahuan nih guys, dan serta ada juga guys yang menggunakan cara belajar itu hanya dengan cara melihat guru nya itu, dalam arti kata cukup hanya dengan melihat guru nya itu dan dia otomatis akan membuat otak nya itu bisa merekam apa yang barusan guru nya itu lakukan hanya dengan cukup melihat saja.
Nah guys saya ada beberapa tips ini yang bisa kalian gunakan supaya kalian bisa mendapat gaya belajar yang sesuai dengan kalian dan menggunakan teknik belajar secara benar dan juga baik lagi efektif dan efisien, pasti ada kiat - kiat dan triknya yang bisa kalian gunakan untuk belajar nanti. Nah dibawah ini guys merupakan sistem yang menggunakan cara belajar dengan agar belajar kawan – kawan semua bisa menjadi semakin efisien dan juga semakin bagus dalam gaya hal belajar nya itu ya guys. Oke kita masuk ke tips yang pertama nih ya guys.
  1. Yang pertama dengan cara, berdoa dulu ya yang utama.
Nah guys sebelum kita akan memulai kegiatan belajar mengajar nya, hendaknya kita kawan kawan semua menggunakan dan melakukan sebuah cara yang sangat ampuh yaitu berdoa terlebih dahulu ke Allah SWT sehingga nanti saat kita belajar itu, kita akan diberikan kemudahan oleh Allah SWT saat mempelajari dan dipelajari dan diberikan kelancaran dalam kegiatan belajar dan mengajar agar ilmu yang diberikan guru kita itu masuk dengan cepat ke dalam otak kita dan bertahan lama sampai kita wafat nanti ya guys.
Nah untuk kawan – kawan semua yang tidak akan bisa melakukan atau berbuat apapun jika kalau dikabulkan oleh Allah SWT karena digerakan oleh Allah SWT. Nah guys oleh sebab itu, kita sangat diwajibkan banget guys kalau kalian ingin memulai sesuatu, diwajibkan membaca doa atau berdoa terlebih dahulu sebelum memulai kegiatan belajar mengajar ya kawan – kawan.
  1. Yang kedua dengan cara, memilih waktu belajar mengajar yang tepat atau kata lainnya pas gitu.
Nah guys memilih atau menentukan waktu yang ideal atau pas juga begitu bisa meningkatkan bisa kecakapan belajar kawan kawan sekalian. Jika kalau kawan - kawan belajar pada saat waktu yang tidak mood atau banyak pikiran secara sosial guys, nah bakalan tuh secara otomatis otak kawan kawan sekalian akan mempelajari atau belajar atau menyerap ilmu yang teman-teman pelajari tadi guys.
Nah guys sebenarnya waktu yang ideal yang bisa kalian gunakan atau manfaatkan dengan tujuan untuk belajar ialah kala hari masih pagi hari atau dengan kata lain masih subuh atau bisa dibilang sebelum matahari itu terbit di bagian daerah kawan kawan semua nya, nah ada sebab nya juga tuh guys kenapa dianjurkan belajar di pagi hari, nah alasannya itu adalah karena kondisi raga belajar kalian itu masih dalam keadaan segar bugar guys dan akal  yang dimiliki oleh kita pun masih belum banyak memikirkan sebuah kepentingan rumit yang tidak ada manfaat nya itu.
  1. Nah guys tips yang terakhir adalah, buat suasana belajar kalian itu sangat dan penting nyaman sekali.
Nah guys seperti yang saya bilang diatas berikut nya adalah kalian harus bisa bisa membangun suasana belajar yang sangat tenang sekali, dan dalam arti kata sangat sunyi agar tidak mengganggu pikiran kita guys. Nah pertanyaannya bagaimana membangun suasana yang sangat nyaman seperti yang saya sudah bilang untuk belajar yang sangat efektif dan efisien itu ? Betul guys, nah suasana yang sangat tenang itu  guys adalah merupakan sebuah situasi yang bisa kalian gunakan untuk membuat kalian gunakan untuk bisa fokus dan mudah dalam hal berkonsentrasi.
Contohnya nih guys suasana belajar yang nyaman itu bisa kalian gunakan sebuah tempat belajar wangi dan bersih agar pikiran kita pun tidak akan kacau dan bisa saja di tempat yang tidak dalam suasana yang berisik atau bising, temperatur suhu ruangan yang sangat pas dengan tubuh kita, dan lain sebagainya guys.
Nah itu guys beberapa tips yang saya berikan kepada kalian tentang bagaimana cara belajar yang tepat supaya ilmu yang diberikan oleh guru kalian itu sampai di otak kalian dan tidak mudah cepat lupa, dan apa yang kalian pelajari itu sangat mudah kalian terima di otak kalian.
Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Belajar Dengan Tepat"

Iklan Bawah Artikel