Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Obat dan Pemulihan untuk Diare

Obat dan Pemulihan untuk Diare


Obat dan Pemulihan Untuk Diare


Kita mungkin saja sewaktu-waktu terkena diare. Diare adalah penyakit yang umum terjadi, jadi tidak perlu khawatir karena umumnya hanya berlangsung beberapa hari saja. Namun penting untuk mengetahui obat yang digunakan untuk mengobati dan

mencegahnya. Obat diare ada dua jenis, satu adalah obat yang dijual bebas, yang kedua adalah obat diare yang menggunakan resep dokter.

Obat yang dijual bebas adalah obat yang dapat dibeli tanpa resep dokter.Obat diare yang dijual bebas yang membantu mengatasi diare, disebut obat anti diare. Obat anti diare ini disebut loperamide dan bismuth subsalisilat.Obat yang kedua digunakan untuk mengatasi mual dan muntah dan juga sakit perut.

Bagaimana obat diare ini bekerja dalam tubuh?


Loperamide mengurangi kegiatan usus dan hasilnya infeksi akan tetap tinggal di dalam tubuh sehingga air akan diserap oleh kotoran. Bismuth salisilat berbeda fungsinya   yakni mengurangi pembentukan virus dan bakteri di lambung dan usus.

Efek samping obat diare


Orang yang sedang sakit atau manula dapat mengalami berbagai efek samping yang ditimbulkan dengan meminum obat ini, walaupun hal ini jarang terjadi. Jika ada efek samping dirasakan, sebaiknya langsung hubungi dokter.

Efek samping seperti nyeri di ulu hati, mual, pusing dan susah buang air besar dapat disebabkan oleh loperamide.

Bismuth subsalisilat memiliki efek samping sebagai berikut: sulit buang air besar, telinga berdengung, kotoran dan lidah menjadi kehitaman.

Sebelum menggunakan obat anti diare, sebaiknya berkonsultasilah dahulu  dengan dokter Anda, sebab ada obat anti diare yang hanya akan menambah masalah tubuh Anda daripada meringankan gejalanya. Karena infeksi yang terjadi disebabkan oleh parasit dan bakteri, obat anti diare saja kadang tidak cukup maka dokter juga dapat memberikan resep antibiotik. Jika Anda menderita IBS, dokter akan memberikan obat lain yang disebut antispasmodic.

Jangan pernah memberi obat anti diare kepada anak-anak usia dibawah 7 tahun, kecuali sudah diresepkan oleh dokter anak. Konsultasikan ke dokter jika ingin memberikan obat anti diare pada anak-anak. Bagi orang dewasa yang sedang demam atau alergi obat, sebaiknya tidak diberi loperamide, karena dapat membuat menimbulkan komplikasi penyakit lain.

Posting Komentar untuk "Obat dan Pemulihan untuk Diare"

Iklan Bawah Artikel