Dirgahayu Republik Indonesia

Dirgahayu Republik Indonesia
Yang ke-74, dan akan segera ke 75 tahun Indonesia akan merdeka. Sebuah usia yang cukup matang untuk suatu negara dan bangsa untuk memulai sebuah usaha dan perjuangan demi membangun bangsa yang mengayomi rakyatnya serta bangsa yang bisa dibanggakan oleh rakyatnya. Negeri ini memang sudah merdeka sejak berpuluh puluh tahun yang lalu. Namun apa yang terjadi di negeri ini  bukan malah membangun kemerdekaan yang sesungguhnya. Namun justru negeri ini menjadi sebuah negeri yang tidak dipercaya oleh rakyatnya dan tidak memberikan rasa aman untuk seluruh penduduknya. Negeri ini memang sudah tidak karu-karuan. Kebobrokan ada dimana-mana, korupsi merajalela, kejahatan semakin menjadi-jadi, dan yang tidak kalah pentingnya adalah rasa nasionalisme yang semakin berkurang . Sehingga seakan akan menganggap bahwa negeri ini itu sudah tiada dan kita sebagai masyarakat berbudaya dan berpendidikan tidak perlu lagi mengukir rasa nasionalisme kita dalam suatu karya untuk bangsa ini. Negeri ini memang negeri yang menempati posisi 15 besar dunia. Dari mulai jumlah penduduknya yang semakin tahun semakin meningkat. Dan yang paling hebat adalah suatu kenyataan bahwa GDP (Gross Domestic Product) penduduk
Indonesia menempati posisi 15 besar dunia. Sedangkan jumlah masyarakat miskin di negeri ini hampir mendekati 18% dari total penduduk. Dan ditambah lagi sebuah kenyataan pahit bahwa negeri ini menempati peringkat 5 dari sekitar 176 negeri paling korup di seluruh dunia.
Negeri ini juga merupakan negeri yang unik dan selalu mengedepankan KKN alias Korupsi Kolusi dan Nepotisme dalam setiap agenda politik dan juga pemilihan anggota dewan maupun presiden sekalipun. Kasus KKN di negeri ini sudah berjuta juta, namun banyak sekali keabu-abuan di setiap kasusnya. Sehingga rakyat harus menerima fakta bahwa negeri ini pandai menangkap pelaku KKN namun iba untuk memberikan hukuman yang berat kepada mereka dengan alasan sila ke-2 Pancasila (Kemanusiaan yang adil dan beradab). Negeri ini juga merupakan negeri yang hebat. Memiliki Pancasila sebagai dasar negara namun tidak pernah mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari hari. Ketuhanan di sila pertama hanya sebagai pelengkap di KTP hingga akhirnya banyak terjadi kasus pertikaian antar umat beragama. Kemanusiaan di sila kedua hanya untuk membuktikan bahwa negeri ini dipenuhi oleh manusia, namun dalam kesehariannya selalu mencela dan membantai orang lain tanpa belas kasihan. Persatuan di sila ketiga hanya digunakan sebagai simbol bahwa kita bersatu jika kita memiliki kepentingan yang sama, atau hanya bersatu ketika ada kampanye politik, atau ketika ada uang gratisan dari pemerintah. Kerakyatan di sila keempat hanya untuk menuliskan bahwa negeri ini sayang dengan rakyatnya, yakni sayang untuk mengeluarkan uang banyak demi kesejahteraan rakyatnya. Dan Keadilan di sila kelima hanya sebagai pelengkap bahwa si kaya harus tetap kaya dan si miskin harus tetap miskin, ini merupakan proyek keadilan dan juga sinkronisasi hitam putih yang ada di negeri ini. Negeri kita ini memang sangat superior. Banyak orang pandai dan juga banyak orang yang cerdas.
Namun tidak satu pun dari mereka menggunakan kecerdasannya untuk membangun negeri ini. Melainkan mereka hanya ingin membangun kenikmatan hidupnya sendiri tanpa melihat orang lain di sekitarnya yang sedang membutuhkan uluran tangan mereka.
Banyak orang berceloteh di luar sana untuk mengungkapkan kekesalan mereka pada negeri ini. Mereka menyalahkan negara dan pemerintah atas bobroknya sistem dan juga kondisi negeri ini. Namun pada kenyataannya mereka hanya diam dan tidak mau berusaha untuk membantu membangun negeri ini agar menjadi lebih baik. Mari kita bersama sama, membangun bangsa dan negeri ini dengan semangat, keringat, harta, benda, nyawa, dan semua yang kita miliki. Karena mempertahankan kemerdekaan dan mengisinya dengan kemerdekaan yang sesungguhnya itu justru lebih berat apabila dibandingkan dengan merebut kemerdekaan. Jadi mari kita memegang teguh Pancasila dan mengamalkannya dalam mengisi kemerdekaan ini untuk menatap masa depan Indonesia yang lebih baik.
Aku hidup dari keluarga kampung yang sederhana, jauh dari hingar bingar perkotaan yang penuh dengan gedung-gedung tinggi pencakar langit, dulu waktu belum seperti ini cahaya saja masih pakai minyak tanah dengan sumbu atau dengan kain yang sudah tidak terpakai, aku asli dari Jawa tapi Bapak Ibu blasteran Sunda Jawa, kebetulan kami menetapnya di Jawa, walaupun keluarga banyak yang di daerah Sunda tapi aku bahagia di daerah Jawa, tidak ada yang berbeda semua bagi aku sama, karena satu negara yaitu Indonesia.
Ada beberapa alasan kenapa kita harus yakin dan semangat harus menjadi bagian dari sebuah negara yang kaya akan budaya dan bahasanya. Jadi pastikan kalian baca artikel ini sampai habis ya.
  1. Bahasa kita tidak hanya 1 melainkan bermacam-macam bahasa, dari Jawa, Sunda, Madura, Padang, dan masih banyak yang lainnya, tapi disitulah letak indahnya bahasa kita tak seperti negara yang lain.
  2. Negara kita negara agraris, apa pun yang kita tanam pasti tumbuh dan berkembang, banyak kekayaan alam yang kita miliki yang tidak negara lain miliki, contohnya Papua dan Kalimantan.
  3. Negara kita adalah negara maritim atau kelautan, banyak kekayaan alam yang bersumber dari laut yang dapat kita nikmati sendiri dan bisa kita ekspor ke luar negeri untuk kemaslahatan negara kita sendiri (Indonesia).
  4. Budaya yang melimpah ruah, ada batik, angklung, tari-tarian daerah yang bermacam-macam, dan yang pasti negara tetangga tak memilikinya.
Nah itulah guys, beberapa alasan kenapa kita harus menjunjung tinggi dalam menghargai dan menghormati negara Indonesia ini, dan kita dalam bangsa Indonesia ini.
Zaman sekarang banyak sekali pemuda-pemudi Indonesia yang semakin hari semakin kecewa dengan negerinya sendiri. Beberapa di antaranya karena masalah korupsi di pemerintahan, kemiskinan, nilai rupiah yang semakin menurun, kejahatan, kemacetan, dan lain-lain. Mereka seperti lupa bahwa Indonesia memiliki sejuta macam hal yang bisa membuat mereka jatuh cinta. Seperti yang saya tulis diatas ini.
Nah sekarang ada beberapa keunikan yang kalian jumpai di negara ini, yaitu negara Indonesia. Jadi, pastikan kalian membaca artikel ini sampai habis ya.
  1. Kerukunan Agama
Indonesia adalah salah satu  negara yang memiliki kerukunan antar umat beragama paling baik di dunia. Jarang sekali ditemukan di dunia hari libur nasional untuk hari besar setiap agama dan dihadiri oleh presiden dan wakilnya. Selain itu jika ada permasalahan atau penyimpangan dalam agama, masyarakat Indonesia akan secepat mungkin untuk menyelesaikannya. Contohnya, ajaran Lia Eden yang langsung ditangani oleh kepolisian.
  1. Makanan
Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas daerah masing-masing. Makanan Indonesia biasanya terdiri dari nasi, lauk sayur dan sambal yang menjadi ciri khas makanan sehari-hari.  Bahannya yang sederhana dan mudah didapat tidak menurunkan level kelezatan rasa makanan tersebut. Seperti rendang yang menjadi nomor 1  dan nasi goreng di peringkat ke-2 makanan terlezat versi CNN di dunia pada tahun 2011.
  1. Keramahan
Salah satu yang paling melekat bagi wisatawan yang datang ke Indonesia adalah keramahan masyarakatnya. Wisatawan akan disambut dengan hangat dan ini membuat mereka merasa di lingkungannya sendiri. Keramahan ini bisa ditunjukkan dengan sikap murah senyum, dan jika ada orang asing atau bukan yang menanyakan jalan, maka orang Indonesia akan menjelaskannya dengan senang hati.
  1. Pesona Alam
Indonesia memiliki alam yang sangat indah, seperti gunung, hutan, dan pantai. Contohnya pulau Bali yang menyajikan pemandangan yang sangat indah sehingga menjadi salah satu objek wisata yang sangat di minati para turis. Selain itu, Indonesia juga memiliki beragam jenis fauna dan flora. Hewan dan tumbuhan langka banyak ditemukan di Indonesia, contohnya Komodo, Bunga Raflesia, Bekantan, Harimau Sumatera, Burung Cendrawasih, dan lain-lain.
  1. Budaya
Indonesia terdiri atas lebih dari 700 suku bangsa. Setiap suku memiliki tarian dan lagu khas masing-masing. Hal ini membuat Indonesia semakin berwarna. Meskipun banyak suku, tapi masyarakat Indonesia selalu berusaha untuk menjaga kerukunan antar suku. Sudah banyak pertunjukkan budaya Indonesia di luar negeri yang di sambut positif oleh negara tersebut.
  1. Rasa Nasionalisme
Sebagai orang yang lahir atau tinggal di Indonesia dan untuk menunjukkan rasa terima kasih untuk pahlawan-pahlawan kita dimasa lalu yang telah berjuang untuk memerdekakan kita dari penjajahan, kita mempunyai tanggung jawab untuk ikut memajukan negara Indonesia. Contohnya dengan mencintai atau membeli produk-produk Indonesia. Cintailah hal-hal yang kamu punya sekarang, sebelum kamu kehilangannya. 
Nah kesimpulan nya dari artikel yang satu ini semua ciri khas yang tidak di miliki oleh bangsa lain, menjadikan kita unik, menyenangkan, dan sering kali membuat orang lain bahagia. seperti produsen komoditi pertanian terbesar di dunia, banyak tempat wisata, kelezatan hidangan nusantara, merek-merek Indonesia di kancah dunia, masyarakat yang ramah, anak muda kreatif, dan lain-lain.
Dan semua itu kembali kepada diri kita masing masing, percuma kalau Indonesia mempunyai apa pun dalam arti kata yang saya sudah sebutkan diatas itu, tapi kalau kita tidak menghargai nya, menghormati nya, dan melestarikan nya, itu akan hilang semua yang menjadi identitas bangsa ini.
Semoga bermanfaat.

0 Response to "Dirgahayu Republik Indonesia "

Post a Comment

Silakan berkomentar di kesehatanp1.blogspot.com Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar yang melanggar peraturan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel