Z02PfDpnx2HkCEY1vO3bQ7NbKomaBV7tYzdpNk5s

mukhlas

mukhlas.com selalu update Info-info seputar kesehatan, tutorial,bisnis,pendidikan,Blogging,yang bermanfaat untuk semua orang.

Report Abuse

About Me

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Asal SEO

Asal SEO

Cari Blog Ini

Featured

[Featured][recentbylabel]

Archive

Featured

[Featured][recentbylabel]

Asal SEO

Featured

[Featured][recentbylabel2]

Featured

[Featured][recentbylabel2]

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mengenali Jenis Fobia

Jenis jenis fobia

Mengenali Jenis Fobia 

Topik kali ini adalah soal fobia.
Adakah diantara sobat semua yang punya fobia terhadap sesuatu?
Fobia nggak punya duit misalnya?
Fobia tanggal tua gitu?
Ha... ha... Itu mah fobianya semua karyawan

Fobia sendiri adalah suatu ketakutan berlebih terhadap objek tertentu atau fenomena tertentu. Fobia bisa timbul karena perubahan fungsi otak, lingkungan dan trauma di masa lalu seseorang.
Sebagai contoh, saya takut banget sama yang namanya ulat.

Suatu hari di tempat saya sedang musimnya ulat jati. Dan yang bikin sebel sampai nangis gemeteran adalah ulat-ulat tersebut kalau pagi pasti pada gelayutan di udara. Bayangkan itu... Dan dari rumah saya ke tempat kerja 50 persen jalannya diapit sama rimbunnya pepohonan jati.
Selama musim ulat jati itu, tiap pagi, saya pasti gemeteran, deg-deg an nggak karuan trus nangis. Ada aja ulat yang ketabrak helm, nyangkut di jaket, celana atau motor. walaupun saya udah mengemudi dengan pelan supaya bisa lihat kalau ada ulat yang lagi ayunan tapi tetep aja...
Nggak bisa.
Bahkan saking takutnya saya, secara refleks pas itu ulat kelihatan di depan mata saya dan kayak mau nempel di tangan, saya langsung lepas tangan kanan saya dari setir... Sepeda oleng dan saya udah jalan ke seberang aja. Untung jalanan masih sepi. Saya nangis sambil berusaha menenangkan diri, bahkan sempet bikin rencana konyol berupa pakai jas hujan selama perjalanan
Untungnya nggak jadi karena apa kata orang ntar, nggak lagi hujan kok pakai jas hujan. Warnanya pink ngejreng pula.

Fobia saya mungkin masih wajar, karena banyak juga orang yang takut sama ulat. Secara ulat itu kan kecil, empuk, kalau jalan gliyat-gliyut...
Dan gatal

Beberapa orang di dunia ini ada yang memiliki fobia yang aneh banget.
Seperti fobia sama nasi, buah-buahan dan hal-hal yang dianggap wajar oleh orang lain

Ada juga orang yang patah hati karena ditinggal mantan rabi, trus nggak mau pacaran lagi.
Kalau itu namanya fobia apa ya...
Itu mah, nggak bisa move on
Pandangan seorang pengidap
Fobia memang berbeda dari orang biasanya. Mereka melihat objek yang ditakuti sebagai sesuatu yang mengerikan sehingga timbul rasa takut berlebih. Jangan menyepelekan orang yang terkena fobia apalagi membully dan malah menakut-nakutinya. Karena hal ini bisa berpengaruh besar lho. Fobia tersebut bisa makin parah dan memicu terjadinya fiksasi.
Yaitu suatu kondisi di mana mental seseorang tidak dapat berkembang pada suatu hal. Singkatnya akan mustahil untuk menyembuhkan suatu fobia kalau sudah sampai tahap fiksasi.

Ada beberapa fobia yang umum terjadi di masyarakat. Yaini.. Eh yaitu...


1. Ophidhiophobia

Takut sama binatang melata yang nggak punya kaki dan suka menjulurkan lidah. Apaan hayo...
Iyups, ular alias snake.

2.Cynophobia

Ketakutan terhadap anjing.  Kebanyakan penderita phobia ini biasanya pernah mengalamai kejadian buruk yang berkaitan dengan anjing seperti digigit anjing atau dikejar anjing

3.Astraphobia

Yaitu ketakutan terhadap guntur dan kilat. Seseorang dengan phobia ini akan berusaha keras untuk menghindar dari pemandangan hujan deras yang disertai guntur dan kilat yang menggeleggar. Mereka akan mencari tempat yang menurutnya aman. Seperti masuk ke dalam lemari atau sembunyi di bawah selimut sampai cuaca buruk berakhir. Dalam kondisi yang parah penderita Astraphobia bisa sampai tidak berani meninggalkan rumah sama sekali karena takut akan ada guntur tiba-tiba. Jika keluar rumah mereka bisa merasa cemas dan takut berlebihan dan memicu gangguan kecemasan lain berupa Agoraphobia.

4. Agoraphobia

Sudah disebutkan di atas. Orang yang menderita agoraphobia bisa berada di dalam rumah sepanjang waktu karena merasa panik dan cemas saat berada di luar rumah, keluar rumah seperti masuk ke dalam kandang harimau. Mereka akan cenderung mengindari keramaian untuk tetap merasa aman. Kalaupun terpaksa harus keluar mereka akan minta ditemani seseorang

5. Arachnofobia

Penderita fobia ini sepertinya nggak bakalan suka nonton spiderman karena mereka bisa menjerit kalau lihat laba-laba. Tapi kalau laba-lamanya ganteng dan tamfan kayak bang Andrew garfield masak masih takut juga.

6. Acrofobia

Pasti mereka nggak punya cita-cita untuk mendaki gunung atau bisa terbang. Soalnya mereka takut ketinggian. Banyak banget orang yang menderita Acrofobia, mereka bisa panik banget kalau kamu ajak kencan ke menara....

7. Trypanophobia

Ayo ngaku, siapa yang pas SD nagis kejer pas mau disuntik dokter?
Dan sampai sekarang nggak berani ke dokter karena takut di

suntik? Selamat, karena kamu menderita Trypanophobia.

Takut sama jarum suntik.

Biasanya penderita Fobia ini nggak mau ke dokter walaupun lagi perlu perawatan karena sakit. Mereka bakal memilih cara lain seperti minum jamu paling pahit sedunia daripada harus lihat jarum suntik. Jarum suntik is horor for them.

8. Mysophobia

Eh, lu jangan pegang-pegang gua ya, awas lu kalau berani mendekat satu senti aja.
Cuci tangan 10 kali trus sempot desinfektan dulu kalau mau salaman sama gua. Pastiin nggak ada kuman sama sekali.
Itulah gambaran lebay seorang penderita Mysophobia.  Takut berlebih sama kuman dan kotoran. Mereka bisa jadi menghindari kontak fisik dengan orang lain dan punya banyak banget densifektan yang selalu dibawa kemana-mana karena takut ketularan kuman dari orang lain.

9. Aerofobia

Takut terbang alias takut naik pesawat. Penderita Aerofobia ini pasti lebih memilih kapal dari pada pesawat. Mereka merasa cemas akan terjadi kecelakaan jika menaiki pesawat. Namanya fobia pasti penuh pikiran dan suudzon berlebihan

10. Fobia sosial.

Fobia sosial adalah ketakutan pada kehidupam sosial. Mereka akan menghindari berada di keramain karena merasa sangat malu, tidak bisa berbaur dan selalu merada diawasi dan diintimidasi orang lain.
Ini menimbulkan kecemasan, grogi dan ketakutan yang parah.

Itulah 10 fobia yang paling umum diidap manusia.masih banyak banget jenis fobia lain. karena setiap orang punya pengalaman dan ketakutan yang beda
Apakah di antara kalian ada yang menderita fobia di atas?

Jika iya, mungkin kalian bisa mencoba cara-cara di bawah ini untuk mengurangi fobia kalian. Pasti bakalan sulit banget, tapi siapa tahu bisa membantu.

1. Secara perlahan

Lakukan secara pelan. Maksudnya, jika kamu menderita fobia tehadap sesuatu mulailah untuk mendekat secara pelan dengan objek yang kamu takuti. Tidak perlu tergesa-gesa. Misalnya dengan membiasakan diri melihat gambarnya terlebih dahulu, melihat vidionya lalu baru melihatnya secara langsung jika sudah tidak terlalu takut kamu bisa mencoba menyentuhnya.
Seperti lagunya kotak...
Pelan-pelan saja....

2. Cobalah untuk relaks

Kalian juga harus belajar yang namanya teknik relaksasi. Jadi ketika kalian merasa tidak sanggup menghadapi fobia tersebut, jangan paksakan diri. Mundurlah dulu sambil menenangkan diri. Tarik nafas dalam-dalam dan berikaan sugesti positif pada pikiran kalian. Cobalah untuk menghadapi fobiamu kalau sudah merasa tenang kembali.
Intinya mundur alon-alon dulu....

3. Tantang dirimu

Karena terkadang hal negatif itu hanya ada dalam pikiran kita. Ketakutan berlebih juga berasal dari pikiran kita. Untuk mengurangi fobiamu, kamu harus belajar mengendalikan pikiran negatif tersebut tentu saja dengan cara membuktikan bahwa hal yang kamu takuti tidaklah semenakutkan itu. Bisa jadi malah menyenangkan.

Setiap orang pasti punya ketakutan, dan itu hal yang wajar. Tapi terkadang ketakutan menjadi sangat mengganggu dan sulit mengatasinya. Walaupun saya ingin menghilangkan ketakutan sama ulat supaya nggak nangis pas musim ulat nanti, rasanya susah banget. Rasanya saya lebih memilih untuk nggak masuk aja, tapi ntar nggak punya money.
Jadi saya berusaha menghadapinya walau harus tangis-tangisan tiap pagi.

Semoga sukses untuk para orang yang berjuang melawan fobianya... And

See you....
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post (Middle Ads)

Popular