Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kegunaan Sebuah Kamera Untuk Pendidikan

Kegunaan Sebuah Kamera Untuk Pendidikan

Kegunaan Sebuah Kamera Untuk Pendidikan

Kegunaan Sebuah Kamera Untuk Pendidikan “ emang ada manfaat nya atau kegunaan nya ya ? Hah aku baru tau lho kalo itu ada manfaat nya bagi pendidikan huhu. Nah guys pertanyaan kalian atau sesuatu yang ada di pikiran kalian bisa teratasi apabila nih kalian membaca artikel ini guys. So, kalian baca sampai habis ya artikel ini.

Nah guys kali ini gua membawakan suatu tema nih guys yang perlu saya bahas di kesempatan kali ini, yaitu mengenai teknologi dan pendidikan. Yup betul itu adalah kamera. Salah satu benda yang hari ini, zaman ini, zaman modern ini yang tidak melepaskan sang murid nya dengan sebuah kamera teknologi. Ataupun yang lain nya.
Sebenarnya banyak lho guys, yang menyatakan atau memberikan informasi seperti apa kegunaan kamera dalam pendidikan itu. Bisa saja menjadi seseorang yang mendokumentasikan sebuah event atau kegiatan yang menarik yang dilakukan oleh pihak sekolah atau sekolah lainnya. Yup dia adalah Fotografer.
Siapa yang tidak kenal atau tahu mengenai nama fotografer? Fotografer ini adalah orang - orang yang membuat gambar dengan cara menangkap cahaya dari subyek gambar dengan kamera yang bagus maupun peralatan fotografi lainnya, dan pada umumnya memikirkan seni dan teknik untuk menghasilkan foto yang lebih bagus serta berusaha mengembangkan ilmunya ( Wikipedia ). Sementara itu nih guys, di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ) disebutkan bahwa fotografer itu diartikan sebagai juru foto, tukang potret, pemotret, atau juru potret. Arti fotografer sendiri yang tercantum di dalam KBBI ini barangkali lebih sejalan dengan pemahaman sederhana kita.
Fotografer mempunyai tugas dan peran yang sangat penting dalam menangkap setiap momen atau peristiwa melalui " jepretan " kameranya, baik dengan menggunakan kamera digital maupun kamera yang tertanam di dalam telepon seluler.  Namun tentu saja kamera digital yang dibuat khusus untuk memotret lebih baik daripada kamera yang tertanam di dalam sebuah telepon seluler, baik secara kualitas maupun fitur nya, terlebih kamera berjenis DSLR ( Digital Single Lens Reflex ).  

Nah guys kali ini saya punya beberapa kelebihan dan kekurangan mengenai Kamera DSLR ( Digital Single Lens Reflex ). Nah jadi kalian simak baik baik ya bagi kalian yang ingin membeli kamera DSLR ini ya guys. Tapi guys sebelum kalian mengetahui kelebihan serta kekurangan dari kamera DSLR ini, alangkah baiknya kalian mengetahui informasi awal mengenai kamera DSLR ini. Yuk guys disimak baik – baik.
Kamera DSLR merupakan salah satu jenis kamera yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat. Cara kerja kamera ini sangat canggih yaitu dapat mengambil gambar secara digital dan selanjutnya disimpan dalam memori. Tidak seperti jaman dulu anda harus menggunakan film di dalam kamera jika ingin mengambil suatu gambar. Jumlah gambar yang bisa diabadikannya juga terbatas tergantung pada jumlah film yang anda beli sehingga tidak bisa asal mengambil. Berbeda dengan jenis kamera ini anda dapat mengambil banyak gambar sepuasnya sesuai kapasitas memori. Kapasitasnya juga banyak tidak seperti isi film pada kodak yang biasanya kurang dari 50 kalau tidak salah pada jaman dahulu itu. Kelebihan lainnya anda bisa langsung melihat gambar hasil tangkapan anda sehingga jika tidak bagus anda juga bisa langsung menghapusnya kembali. Jika kamera yang berisi film anda tidak bisa melakukan hal itu sehingga pada saat mengambil gambar harus benar-benar teliti. Uniknya lagi ada jenis kamera ini juga yang dapat digunakan untuk merekam video dengan durasi panjang atau dikenal dengan kamera film. Kamera ini cocok digunakan pada saat momen terpenting dalam kehidupan seperti pada saat acara pernikahan. Senang rasanya jika dapat menyaksikan secara langsung saat-saat mendebarkan seperti itu. Kebetulan hal itu juga yang saya rasakan pada saat melihat video pernikahan saya bersama suami dan tidak pernah bisa dilupakan. Setiap kemajuan jaman memang sangat membawa manfaat yang baik bagi kehidupan kita asalkan harus tepat menempatkannya. Jangan sampai memanfaatkan kecanggihan teknologi ini untuk berbuat hal yang tidak baik atau merugikan orang lain. Lakukanlah hal yang bermanfaat contohnya memotret pemandangan dengan kamera DSLR kemudian memajangnya. Dengan begitu banyak orang yang akan tertarik dengan gambar anda bahkan bisa juga anda akan dikenal sebagai fotografer yang handal nantinya.
Kelebihan nya nih guys dari kamera DSLR :
  1. DSLR Memiliki Fleksibilitas

Kamera DSLR memiliki beragam pilihan lensa yang bisa ditukar-tukar sesuai kebutuhan. Semuanya mempunyai manfaat dan kondisi yang cocok. Dengan mengetahui pilihan lensa terbaik, maka Anda bisa menghasilkan foto yang sangat baik.
Ketika memotret landscape gunung misalnya, maka Anda bisa memasang lensa ultra wide. Sedangkan untuk memotret objek kecil Anda bisa menggantinya dengan lensa makro. Begitulah fleksibilitas yang disajikan DSLR.
  1. Memiliki Kualitas Gambar Yang Sangat Baik
Dibandingkan dengan kamera digital biasa, maka kamera DSLR menjanjikan hasil gambar yang lebih baik. Meskipun memiliki pixel yang sama, hasil jepretan kamera DSLR selalu lebih bagus daripada kamera digital biasa.

  1. Kinerja Kamera DSLR lebih baik
Dibanding kamera digital biasa, kinerja kamera DSLR tentu lebih baik. Autofokusnya lebih cepat, penundaan rananya lebih pendek serta memiliki kapasitas memori lebih besar. Kamera DSLR juga dibekali berbagai fungsi dan titik tombol yang lengkap. Meskipun bagi sebagian orang tentunya harus belajar dulu bagaimana mengoperasikan tombol-tombol tersebut dengan benar.

  1. Aksesoris dan perangkat nya mudah untuk di upgrade
Kamera DSLR meskipun telah bertahun-tahun tak akan ketinggalan zaman. Soalnya kamera ini mudah di-upgrade dengan aksesoris dan perangkat tambahan terbaru. Sehingga Anda dapat mengganti beberapa perangkat yang sudah mulai ketinggalan ketika versi terbarunya sudah dibuat.
Adapun kekurangan dari penggunaan kamera DSLR, yaitu :
  1. Bentuk yang besar dan merepotkan untuk dibawa kemana – mana
Nah kelemahan atau kekurangan dari kamera DSLR terutama dari bentuk fisiknya yang rata-rata besar dan berat. Hal itu karena DSLR menganut sistem yang menuntut adanya prisma dan cermin. Akhirnya kamera DSLR selalu memiliki bodi lebar dan kening menonjol. Posisi viewfinder dalam kamera DSLR juga harus segaris dengan sensor digital dan sumbu optik. Ini pula yang menyebabkan semua kamera DSLR memiliki bentuk bodi dasar mirip.
Karena komponennya lebih besar, otomatis kamera DSLR juga memiliki bobot lumayan. Bagi para pemula, mungkin justru akan minder jika menenteng kamera berat tapi kurang cekatan memotret.
  1. Mekanisme nya sulit, perlu belajar dengan tekun
Untuk menghasilkan foto yang bagus dengan DSLR ternyata tidak semudah kamera digital biasa yang tinggal cekrek - cekrek. Apalagi untuk menghasilkan foto semulus karya para master fotografi, kamu harus belajar lama.

  1. Harganya Relatif Mahal
Karena komponennya yang rumit maka perakitan kamera DSLR membutuhkan biaya yang besar. Maka tak heran jika harga kamera DSLR pun biasanya mahal. semakin lengkap fiturnya, semakin besar resolusi sensornya, maka harganya akan melambung tinggi.

Peran fotografer ini sebenarnya sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang kehidupan untuk mendokumentasikan setiap peristiwa dalam bentuk foto, pun demikian di dalam bidang pendidikan atau di sekolah. Bukan hanya perusahaan – perusahaan besar atau lembaga-lembaga pemerintahan ( termasuk lembaga kepresidenan ) saja  yang sangat membutuhkan seorang fotografer untuk mendokumentasikan setiap peristiwa yang terjadi.
Pun sekolah sangat membutuhkan seorang fotografer untuk mendokumentasikan setiap peristiwa yang terjadi di dalam lingkungan sekolah, baik yang berhubungan dengan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, ektrakurikuler, atau peristiwa-peristiwa lainnya yang berhubungan dengan aktivitas pendidikan.  Peran fotografer di sekolah tentu saja cukup diserahkan kepada  guru, bukan kepada fotografer kawakan yang sudah profesional. Jadi, ada seorang guru yang diberi tugas tambahan atau tanggung jawab untuk menjadi seorang fotografer sekolah.
Mengapa sekolah membutuhkan seorang guru untuk menjadi fotografer sekolah? Seperti  sudah disampaikan di atas bahwa di sekolah banyak kegiatan - kegiatan pendidikan yang dilaksanakan. Untuk mendokumentasikan kegiatan-kegiatan ini agar lebih tertata dengan baik dan terkumpul dalam bentuk data base foto, maka harus ada seorang guru yang fokus untuk melakukannya.  Jika tidak, maka tidak mustahil akan ada banyak momen – momen penting yang tak terdokumentasikan dalam bentuk foto dengan baik.

Dokumentasi dalam bentuk foto ini sebenarnya sangat penting dan bermanfaat bagi sekolah yang berada di manapun. Pertama, foto kegiatan – kegiatan sekolah dapat digunakan sebagai bukti fisik dalam proses penilaian sekolah, akreditasi misalnya. Kedua, foto bisa digunakan sebagai pemanis dan pelengkap informasi dalam media promosi sekolah, di dalam brosur atau website sekolah misalnya. Selain kedua manfaat itu, tentu saja masih banyak manfaat – manfaat lain dari foto kegiatan – kegiatan sekolah ini. 
Namun yang paling penting, tentu saja foto – foto ini dapat menjadi sebuah bukti dan kenang-kenangan bagi sejarah perjalanan sekolah yang bersangkutan dari masa ke masa, yang dapat dilihat dan dinikmati oleh generasi yang akan datang. Bisa dibayangkan jika sekolah tidak memiliki foto-foto tentang perjalanan proses pendidikannya dari masa ke masa. Oleh karena itu, fotografer sekolah sangat dibutuhkan keberadaannya di sekolah dalam merekam setiap momen sejarah perjalanan sekolah tersebut.  
Saya ambil contoh, di istana kepresidenan ada fotografer istana atau fotografer pribadi sang presiden. Sebut saja Abror Rizki yang telah menjadi fotografer pribadi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada masa itu. Selain itu, dalam beberapa kesempatan atau acara di Perum Peruri, saya selalu melihat ada fotografer khusus yang mendokumentasikan atau memotret momen-momen penting pada setiap acara yang dilaksanakan oleh Perum Peruri.
Di sekolah tempat teman saya mengajar, ia tidak mau mau disebutkan nama sekolah dimana dia mengajar, dia adalah seorang guru yang diberi tugas dan tanggung jawab sebagai fotografer sekolah. Tugas ini diberikan khusus oleh Kepala Sekolah setiap tahunnya. Fotografer sekolah ini siap untuk memotret setiap momen atau semua peristiwa penting yang terjadi di sekolah.
Semoga dengan adanya fotografer sekolah ini, momen – mormen penting yang terjadi di sekolah dapat didokumentasikan dengan baik sehingga jejak sejarah sekolah dapat terus ditelusuri dan dinikmati oleh generasi yang akan datang. Oleh karena itu, lebih baiknya atau lebih bagusnya sekolah membentuk sebuah ekskul khusus bagi murid yang ingin ahli menggunakan kamera nya, menurut saya itu keren sih.
Semoga artikel nya bermanfaat, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan.

Posting Komentar untuk "Kegunaan Sebuah Kamera Untuk Pendidikan"

Iklan Bawah Artikel