Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kiat Untuk Membantu Anda Tetap Awet Muda

Kiat Untuk Membantu Anda Tetap Awet Muda


Banyak dari kita mencari cara untuk tetap awet muda dan meskipun Anda tidak bisa menghentikan jam, Anda dapat melawan tanda-tanda penuaan dan proses penuaan dengan beberapa langkah bijak. 9 tips berikut akan membantu Anda untuk terlihat dan merasa lebih muda lebih lama.


Gunakan Otak Anda


Meskipun otak bukan otot, pepatah lama 'gunakan atau hilangkan' masih berlaku. Pemindaian otak menunjukkan bahwa ketika orang menggunakan otak mereka dengan cara-cara yang tidak biasa, lebih banyak darah mengalir ke berbagai area otak, dan jalur-jalur saraf baru terbentuk. Dalam sebuah penelitian di jurnal Nature pada 2004, anak-anak muda diajari cara menyulap. Setelah tiga bulan, scan MRI menunjukkan pembesaran materi abu-abu di otak mereka - bagian yang bertanggung jawab untuk fungsi mental yang lebih tinggi.

Ketika para peserta dalam penelitian berhenti juggling, otak mereka menyusut lagi, menunjukkan bahwa kita perlu menjaga otak kita tetap aktif untuk menjaga kelincahan dan fungsi mental. Jadi, apakah itu teka-teki silang, Sudoku atau gelar universitas, mencoba memberi otak Anda tantangan setiap hari dan itu akan lebih memungkinkan untuk menjaga kelereng Anda! Juga, penelitian lain yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menunjukkan bahwa partisipasi yang lebih sering dalam kegiatan stimulasi mental dapat menyebabkan pengurangan risiko penyakit Alzheimer.


Bersosialisasi


Menurut penelitian pemerintah AS, isolasi sosial adalah prediktor penurunan fungsi mental pada usia yang lebih tua. Para ahli percaya ini mungkin karena tidak menggunakan berbagai keterampilan komunikasi. Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang menjadi bagian dari kelompok - apakah itu gereja atau klub buku - lebih sehat daripada orang yang sendirian ketika mereka lebih tua, dan bahwa rentang hubungan yang lebih luas (keluarga, teman, pekerjaan, dan sebagainya) yang dimiliki seseorang , semakin sedikit penurunan kognitif yang akan mereka alami seiring bertambahnya usia.

Jadi, selain menangani teka-teki silang pada kesendirian Anda, luangkan waktu dalam hidup Anda untuk kegiatan bersama - dan pastikan Anda menghabiskan waktu dengan berbagai orang sebanyak mungkin.



Berolahraga Lebih Banyak


Banyak dari perubahan yang menekan yang dulu dikaitkan dengan penuaan kronologis - seperti penambahan lemak, kehilangan otot, dan postur yang buruk - sekarang diyakini disebabkan oleh ketidakaktifan lama yang biasa. Sebagai contoh, Studi Longitudinal Fels - yang menyelidiki penuaan, komposisi tubuh dan gaya hidup - menemukan bahwa wanita yang melakukan aktivitas fisik yang kuat seperti berlari, bersepeda atau berenang beberapa kali seminggu memiliki berat 11.8kg (26lb) kurang dari wanita yang tidak banyak bergerak, dan memiliki lebih sedikit lemak tubuh.

Namun, jika Anda lebih mementingkan kesehatan jantung daripada ukuran pakaian, maka melakukan aktivitas yang kurang intens seperti berjalan akan membantu melindungi organ vital Anda. Mempertahankan gaya hidup aktif seperti yang Anda bisa saran yang baik bagi siapa pun yang mencoba untuk menahan tahun.



Makanlah Ikan Berminyak


Ikan berminyak seperti salmon, mackerel, herring dan tuna adalah sumber terbaik asam lemak esensial omega-3, yang telah ditemukan untuk melindungi terhadap penyakit kardiovaskular (terutama dalam kombinasi dengan statin), diabetes tipe II dan rheumatoid arthritis. Selain itu, Omega-3 diyakini membantu kulit tetap elastis dan terhidrasi, yang berarti keriput lebih kecil kemungkinannya muncul - dan itulah sebabnya salmon adalah basis dari Rencana Perricone anti-penuaan yang terkenal. Tetapi manfaat dari omega-3 tidak hanya sedalam kulit!

Penelitian oleh Rush University di Chicago pada 2005 menemukan bahwa makan ikan berminyak dapat memperlambat penurunan mental yang terkait dengan penuaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makan ikan berminyak setidaknya sekali seminggu dapat memperlambat laju penurunan kognitif sebesar 10 hingga 13 persen per tahun.


Tingkatkan Asupan Antioksidan Anda


Seiring bertambahnya usia, tingkat kadar radikal bebas berbahaya meningkat, sementara produksi antioksidan tubuh - senyawa yang dapat 'membersihkan' radikal bebas - menurun. Menurut penelitian di Pusat Penelitian Nutrisi Manusia tentang Penuaan di Universitas Tufts di Boston, makanan kaya antioksidan dapat memperlambat proses penuaan di tubuh dan otak. Para peneliti menemukan bahwa makanan seperti blueberry dan bayam dapat meningkatkan kekuatan antioksidan darah manusia hingga 10 hingga 25 persen - jadi cobalah makan lebih banyak dari ini.

Vitamin antioksidan, C, dan E berperan besar dalam melindungi tubuh terhadap radikal bebas, jadi usahakan tidak hanya untuk mendapatkan makanan lima hari, tetapi juga memastikan bahwa Anda mengonsumsi berbagai macam buah dan sayuran, terutama yang dengan warna yang kuat. Vitamin A khususnya membantu menjaga kulit agar kuat dan sehat, yang kita dapatkan dalam makanan kita dari makanan yang kaya akan beta-karoten. Wortel adalah pilihan yang jelas - tetapi ubi jalar, swedia, labu dan melon juga merupakan sumber yang baik.



Makan sedikit


Anda mungkin tidak akan terlalu senang mendengar ini, tetapi penelitian terbaru menemukan bahwa mengurangi asupan kalori memiliki efek luar biasa pada risiko penyakit dan kondisi yang terkait dengan penuaan - termasuk diabetes, penyumbatan pembuluh darah, serangan jantung dan stroke - dan juga dapat memperpanjang hidup Anda! Penelitian di Fakultas Kedokteran Universitas Washington di St. Louis menempatkan 25 sukarelawan berusia 41 hingga 65 tahun dengan asupan harian antara 1.400 dan 2.000 kalori selama lebih dari enam tahun. Fungsi jantung, tekanan darah, dan penanda inflamasi dibandingkan dengan 25 subjek kontrol, yang memiliki asupan kalori antara 2000 hingga 3000 kalori - yang merupakan ciri khas diet Barat normal.

Elastisitas otot jantung, tekanan darah, dan penanda inflamasi (termasuk yang berhubungan dengan kanker) semuanya secara signifikan lebih sehat pada kelompok rendah kalori. Tapi jangan berpikir Anda bisa pergi dengan minuman pengganti makanan, karena makanan, meskipun rendah kalori, sangat bergizi - kaya akan minyak zaitun, sayuran, biji-bijian, ikan dan buah.



Percaya pada dirimu sendiri


Selain aktif secara fisik, mental, dan sosial, orang yang mencapai usia lanjut memiliki tingkat tinggi dari apa yang disebut 'self efficacy'. Self efficacy adalah perpaduan antara kepercayaan diri dan kepercayaan diri, dan penelitian menunjukkan bahwa itu adalah ciri pembeda utama dalam centenarian. Para peneliti melaporkan bahwa semakin centenarian menjadi, semakin mereka membuat keputusan berdasarkan apa yang mereka yakini bertentangan dengan apa yang orang lain harapkan. Mereka menempatkan tanggung jawab untuk kesehatan mereka dengan diri mereka sendiri dan bukan dokter mereka. Orang dengan self efficacy tinggi cenderung melihat masalah sebagai tantangan yang harus dipenuhi, kemunduran sebagai alasan untuk menggandakan upaya dan kegagalan mereka sebagai pengalaman belajar untuk waktu berikutnya.

Albert Bandura, psikolog yang menciptakan konsep self efficacy, menunjukkan bahwa sementara banyak dari kapasitas fisik kita menurun seiring bertambahnya usia - memaksa kita untuk menilai kembali kapasitas kita untuk kegiatan tertentu - keuntungan dalam pengetahuan, keterampilan dan keahlian memberikan kompensasi. "Ketika orang tua diajar untuk menggunakan kemampuan intelektual mereka, peningkatan fungsi mental mereka lebih dari mengimbangi penurunan rata-rata dalam kinerja selama dua dekade," katanya.


Regangkan dan Perkuat


Semua orang tahu tentang osteoporosis - kehilangan kepadatan tulang yang terjadi ketika kerangka kita bertambah tua dan kurang aktif. Tetapi penyakit yang serupa, sarkopenia, memengaruhi otot Anda seiring bertambahnya usia. Antara 30 dan 80, 15 persen massa otot hilang (dan dengan itu terjadi kekuatan dan nada). Tetapi apakah kerugian itu hanya karena kemajuan tahun ini atau penurunan tingkat aktivitas? Dalam sebuah penelitian, yang diterbitkan dalam International Journal of Sports Medicine, 70 tahun yang telah mengangkat beban secara teratur selama lebih dari 10 tahun memiliki otot sebanyak 28 tahun!

Menambahkan beberapa sesi latihan kekuatan ke rezim mingguan Anda adalah langkah bijak jika Anda ingin mempertahankan massa otot Anda. Fleksibilitas juga mulai memburuk seiring bertambahnya usia ketika jaringan ikat mengencang, otot-otot memendek dan sendi menjadi lebih kering ketika cairan sinovial mengering. Meskipun Anda mungkin tidak peduli tentang menyentuh jari-jari kaki Anda, tidak bisa mengangkat tali bra atau membungkuk untuk mengikat tali sepatu Anda dapat segera merusak kebebasan Anda! Mobilisasi dan peregangan yang teratur (dan tidak pernah terlalu dini untuk memulai) dapat membantu mengurangi efek penuaan pada sendi dan otot



Lindungi Kulitmu


Ada dua faktor yang mempengaruhi cara kita menua: faktor intrinsik - yang disebabkan oleh gen yang kita warisi - dan faktor ekstrinsik (eksternal atau lingkungan), seperti paparan sinar matahari dan merokok. Ini adalah area di mana Anda dapat mengambil tindakan. Jika Anda merokok, berhentilah - dan jika Anda tidak mengenakan faktor perlindungan matahari pada kulit Anda, mulailah! Tanpa perlindungan dari sinar matahari, paparan harian dapat menambah hingga menyebabkan perubahan nyata dan kerusakan pada kulit, seperti bintik-bintik, bintik-bintik penuaan, spider veins, dan kerutan halus.


Juga, sebuah penelitian tahun 2002 menunjukkan bahwa kerutan wajah yang belum terlihat dengan mata telanjang dapat dilihat di bawah mikroskop pada perokok semuda 20. Rokok merokok menyebabkan perubahan biokimiawi dalam tubuh kita yang mempercepat penuaan. Seseorang yang merokok 10 batang atau lebih sehari selama minimal 10 tahun secara statistik lebih mungkin untuk mengembangkan kulit yang keriput dan kasar daripada yang bukan perokok.


Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Kiat Untuk Membantu Anda Tetap Awet Muda"

Iklan Bawah Artikel