Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membedakan Es Batu dari Air Matang atau Air Mentah

Sebuah minuman pasti akan terasa lebih segar jika ditambah dengan es batu. Tetapi kadang-kadang kita jumpai es batu yang dijual diwarung bisa saja terbuat dari air yang tidak matang alias mentah apalagi yang biasanya es batu yang dijual dengan ukuran balok besar. Sebenarnya es batu seperti itu bukan diperuntukan untuk dikonsumsi, tetapi es batu yang seperti itu biasanya untuk mengawetkan bahan makanan seperti ikan agar tetap segar dan tidak cepat busuk. Tatapi demi keuntungan lebih, beberapa oknum membeli es batu balok ini dan dijual lagi sebagai bahan tambahan untuk minuman.

Lalu apa bahayanya mengkonsumsi es batu yang terbuat dari air mentah? Dan bagaimana cara membedakannya?


Sebenarnya mudah saja, Gambar diatas adalah contoh gambar perbedaan es batu yang dibuat dari air matang dan yang mentah. Sebelah kiri adalah es batu dengan air mentah dan yang kanan dibuat dari air matang.

Inilah cara untuk membedakan es batu menurut BPOM,

1.            Es batu yang dibuat dari air mentah berwarna putih karena masih mengandung banyak gas.

2.            Es batu yang dari air matang terlihat bening karena saat perebusan gas didalam teruap. Es seperti ini disebut Es Kristal.

3.            Hindari membeli es batu yang bentuknya es balok. Sekali lagi, es ini bukan untuk dikonsumsi karena biasanya air yang digunakan langsung berasal dari sungai.

Bahaya jika mengkonsumsi es batu air mentah


Es batu yang berasal dari air yang tidak dimasak jika dikonsumsi bisa menyebabkan gangguan percernaan. Gejala yang bisa terjadi diantaranya muntah, diare, demam dan nyeri perut. Hal ini bisa terjadi karena air yang tidak dimasak masih mengandung bakteri yang tidak baik dalam air mentah tersebut. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meminum air yang terkena kontaminasi bisa meningkatkan resiko terkena penyakit kolera, disentri, tifus, dan polio.

Air yang digunakan untuk dijadikan es batu haruslah memenuhi Nilai Standar Sanitasi. Nilai sanitasi yang baik pada makanan dan minuman adalah ketika tidak ada Bakteri E. Coli pada makanan maupun minuman tersebut. Kenapa Bakteri E. Coli? Karena Bakteri E. Coli adalah bakteri yang keluar bersama tinja yang bisa menjadi sumber infeksi makanan dan minuman.

Salah satu microorganisme lain yang biasa digunakan sebagai indikator untuk menentukan suatu sumber air telah terkontaminasi oleh patogen atau tidak adalah bakteri koliform. Berdasarkan penelitian bakteri koliform dapat menyebabkan kanker melalui zat etonin yang dihasilkannya.
Sekalipun mengalami proses pembekuan, bakteri yang terdapat dalam air mentah tidak akan mati begitu saja. Oleh karena itu es batu yang terbuat dari air mentah bisa jadi berbahaya.

Ada baiknya untuk lebih teliti saat membeli es batu. Jika ada kekhawatiran, kita bisa membuatnya sendiri atau pastikan warung yang kita beli es batunya menggunakan air yang dimasak.
Semoga bermanfaat,

Posting Komentar untuk "Cara Membedakan Es Batu dari Air Matang atau Air Mentah"

Iklan Bawah Artikel