Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berikut 20 Manfaat Pisang untuk Kesehatan Tubuh Ala Doktersehat

Manfaat pisang


Pisang mampu dengan mudah diserap tubuh dan mengembalikan energi puncak mereka.

Secara umum, kandungan gizi yang terdapat dalam setiap buah pisang matang adalah sebagai berikut:


  • Kalori 99 kalori
  • Protein 1,2 gram
  • Lemak 0,2 gram
  • Karbohidrat 25,8 miligram (mg)
  • Serat 0,7 gram
  • Kalsium 8 mg
  • Fosfor 28 mg
  • Besi 0,5 mg
  • Vitamin A 44 RE
  • Vitamin B 0,08 mg
  • Vitamin C 3 mg dan air 72 gram.
  • Kandungan buah pisang sangat banyak, terdiri dari mineral, vitamin, karbohidrat, serat, protein, lemak, dan lain-lain, sehingga apabila hanya mengonsumsi buah pisang saja, gizinya sudah tercukupi secara minimal.
Nah, berikut 20 khasiat pisang yang perlu Anda ketahui untuk memaksimalkan manfaat pisang.

1. Sumber energi


Buah pisang dengan mudah dapat dicerna, gula yang terdapat di dalam pisang diubah menjadi sumber tenaga secara cepat, dan itu bagus dalam pembentukan tubuh, untuk kerja otot, dan sangat bagus untuk menghilangkan rasa lelah.

2. Baik ibu hamil


Pisang juga disarankan untuk dikonsumsi para wanita hamil karena mengandung asam folat, yang mudah diserap janin melalui rahim. Namun, jangan terlalu berlebihan, sebab satu buah pisang mengandung sekitar 85-100 kalori.

3. Mengatasi anemia


Sebanyak dua buah pisang yang dimakan oleh pasien anemia setiap hari sudah cukup, karena mengandung Fe (zat besi) tinggi.

4. Mengatasi penyakit usus dan perut


Pisang yang dicampur susu cair (atau dimasukkan dalam segelas susu cair) dapat dihidangkan sebagai obat dalam kasus penyakit usus. Juga dapat direkomendasikan untuk pasien sakit perut dan cholik untuk menetralkan keasaman lambung.
Sebuah pisang dihidangkan sebagai pertahanan terhadap inflamasi karena Vitamin C dapat secara cepat diproses. Ia mentransformasikan bacillus berbahaya menjadi bacillus yang bersahabat. Dengan demikian, keduanya akan tertolong.
Pisang utuh ataupun krim pisang (seperti untuk makanan bayi), dapat dikonsumsi oleh pasien yang menderita diare.

5. Manfaat bagi penderita lever


Khasiat pisang baik untuk penderita penyakit lever, baiknya mengonsumsi pisang dua buah ditambah satu sendok madu, akan menambah nafsu makan dan memperkuat tubuh.

6. Menyembuhkan luka bakar


Daun pisang dapat digunakan untuk pengobatan kulit yang terbakar dengan cara dioles, campuran abu daun pisang ditambah minyak kelapa mempunyai pengaruh mendinginkan kulit.


7. Manfaat bagi diabetes


Bagi masyarakat Gorontalo (Sulawesi Utara), jenis pisang goroho yakni pisang khas daerah setempat, merupakan makanan tambahan atau makanan pokok bagi orang yang menderita penyakit gula atau diabetes melitus, terutama buah pisang goroho yang belum matang, kemudian dikukus dan dicampur dengan kelapa parut muda.


8. Mempercantik kulit


Bubur pisang dicampur dengan sedikit susu dan madu, dioleskan pada wajah setiap hari secara teratur selama 30-40 menit. Basuh dengan air hangat kemudian bilas dengan air dingin atau es, diulang selama 15 hari, akan menghasilkan pengaruh yang menakjubkan pada kulit.


9. Mengontrol berat badan


Pisang juga mempunyai peranan dalam penurunan berat badan seperti juga untuk menaikkan berat badan. Telah terbukti pada seseorang kehilangan berat badan dengan melakukan diet empat buah pisang dan empat gelas susu non-lemak atau susu cair per hari sedikitnya tiga hari dalam seminggu, jumlah kalori hanya 1250 dan menu tersebut cukup menyehatkan.
Selain itu, diet tersebut membuat kulit wajah tidak berminyak dan bersih. Pada sisi yang lain, mengonsumsi satu gelas banana milk-shake dicampur madu, buah-buahan, kacang, dan mangga sesudah makan, akan menaikkan berat badan.

10. Mengatasi depresi


Mafaat pisang membantu mengatasi depresi karena kadar tryptophan yang tinggi, diubah menjadi serotonin – neurotransmitter otak suasana bahagia.


11. Mencegah kram otot


Lindungi diri dari kram otot selama latihan dan kram kaki di malam hari dengan makan pisang.

12. Memperkuat tulang


Hitung kehilangan kalsium saat buang air kecil dan membangun tulang yang kuat dengan suplementasi dengan pisang.

13. Mengatasi mood


Tingkatkan suasana hati Anda dan kurangi gejala PMS dengan makan pisang, yang mengatur gula darah dan menghasilkan relaksasi penghilang stres.

14. Menurunkan hipertensi


Tinggi kalium dan rendah garam, pisang secara resmi diakui oleh FDA mampu menurunkan tekanan darah dan melindungi terhadap serangan jantung dan stroke.
Manfaat pisang untuk pencernaan:


15. Membuang racun


Kaya akan pektin, pisang membantu pencernaan dan dengan lembut mengelupas racun dan logam berat dari tubuh.

16. Prebiotik


Pisang bertindak sebagai prebiotik, merangsang pertumbuhan bakteri ramah di usus. Mereka juga memproduksi enzim pencernaan untuk membantu menyerap nutrisi.

17. Mengatasi sembelit


Sembelit? Serat yang tinggi dalam pisang dapat membantu menormalkan motilitas usus.


18. Meredakan sakit maag


Pisang adalah satu-satunya buah mentah yang dapat dikonsumsi tanpa distres untuk meredakan sakit maag dengan melapisi selaput lambung terhadap asam korosif.

19. Mencegah kanker ginjal


Makan pisang akan membantu mencegah kanker ginjal, melindungi mata terhadap degenerasi makula dan membangun tulang yang kuat dengan meningkatkan penyerapan kalsium.

20. Pemulihan setelah berhenti merokok


Anda berhenti merokok? Pisang mengandung kadar vitamin B yang tinggi serta kalium dan magnesium untuk mempercepat pemulihan dari efek merokok.
Itu dia para pembaca, 20 manfaat buah pisang 
Semoga bermanfaat ya.

Posting Komentar untuk "Berikut 20 Manfaat Pisang untuk Kesehatan Tubuh Ala Doktersehat"

Iklan Bawah Artikel